Begini Aturan Memberikan Susu Formula Untuk Bayi Baru Lahir

Ilustrasi bayi minum susu Foto: canva

Memberikan susu formula untuk bayi tentunya bukan suatu hal yang tepat. Namun, untuk beberapa kasus tertentu  memberikan susu formula untuk bayi ini bisa dilakukan. 

Tentunya jika bunda ingin memberikan susu formula untuk bayi yang baru lahir, wajib tahu aturan untuk pemberiannya.

Untuk bayi baru lahir, seharusnya hanya bisa mendapatkan ASI saja. Namun, dengan beberapa kondisi bunda yang tidak memungkinkan untuk memberi ASI pada sang buah hati, salah satu opsinya adalah memberikan susu formula untuk bayi.

Sedangkan memberi susu formula untuk bayi yang baru lahir merupakan suatu hal yang perlu bunda ketahui aturan pemberiannya, agar tidak terjadi efek yang buruk pada sang buah hati.

Apa aja aturan tersebut?  begini aturan pemberian susu formula untuk bayi baru lahir:

Aturan pemberian susu formula untuk bayi baru lahir

memberikan susu formula untuk bayi
Ilustrasi memberikan susu formula untuk bayi Foto: canva

Tentunya bunda sendiri sudah mencari tahu, bahwa susu formula memiliki berapa jenis yang terjual di pasaran.

Sebagai seorang ibu, bunda tidak boleh salah pilih. Karena susu formula yang ingin bunda berikan pada sang buah hati harus sesuai dengan kebutuhan bayi yang baru lahir.

Simak berikut ini aturan pemberian susu formula untuk bayi baru lahir yang wajib bunda dan pasangan ketahui:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan  bayi

Untuk aturan pemberian susu formula untuk bayi yang baru lahir pertama adalah harus sesuai dengan kebutuhan sang bayi.

Bunda harus tahu, susu sudah diproduksi dengan sangat baik karena mereka mendekati komposisi atau kandungan nutrisi yang sama pada ASI.

Sebelum memutuskan untuk memberi susu formula kepada bayi yang baru lahir, bunda harus tahu kondisi dan kebutuhan sang buah hati terlebih dahulu.

Karena bayi yang kondisi kesehatan yang tertentu dengan baik prematur atau bayi yang memiliki berat badan lebih rendah mereka membutuhkan susu formula khusus untuk memenuhi nutrisi yang di dalamnya terdapat kandungan protein dan kalori lebih banyak.

2. Jumlah dan frekuensi pemberiannya

memberikan susu formula untuk bayi
Ilustrasi sendok takaran susu bayi Foto: canva

Untuk jumlah dan frekuensi pemberian susu formula pada bayi yang baru lahir juga wajib bunda perhatikan.

Hal itu dikarenakan susu formula sendiri lebih sulit dicerna oleh bayi daripada ASI. Karena pada biasanya sang buah hati cukup diberikan susu formula beberapa kali tidak sesering jika dia minum ASI.

3. Risiko alergi

Aturan pemberian susu formula untuk bayi baru lahir yang ketiga yaitu bunda wajib berhati-hati jika sang buah hati memiliki risiko alergi.

Karena bayi sendiri terkadang bisa mengalami alergi terhadap protein yang terdapat pada susu formula. Bunda bisa mengatasi hal ini dengan memberikan support sedikit demi sedikit kepada sang buah hati yang baru lahir dan lihatlah reaksinya.

4. Botol susu

Aturan keempat mengenai pemberian susu formula untuk bayi yang baru lahir yaitu Bunda wajib memperhatikan botol susu yang akan digunakan.

Ada baiknya bunda memilih botol susu bebas BPA, dan juga bunda memilih ukuran yang sesuai dengan usia bayi bunda.

Karena pemilihan botol susu yang tepat ini bisa menghindari sang buah hati tersedak dan disarankan juga untuk bunda memilih yang berukuran kecil.

Dan bunda wajib juga untuk segera mencuci botol dan dot yang digunakan oleh sang buah hati selesai menyusul, supaya lebih bersih dan higienis dan tidak tertinggalnya susu ada botol dan.

5. Pembuatan dan penyajian susu formula

Dan aturan pemberian susu formula untuk bayi yang baru lahir terakhir ialah memperhatikan cara pembuatan dan penyajian susu formula tersebut.

Sebagai seorang ibu kesehatan sang buah hati merupakan suatu hal yang penting, sehingga cucilah tangan terlebih dahulu sebelum bunda memutuskan untuk membuat atau menyajikan susu formula sang buah hati.

Untuk mempermudah bunda membuat susu formula, bunda bisa mengikuti takaran pengajian menggunakan sendok pengukur yang biasanya sudah tersedia pada susu formula yang bunda beli.

Hal ini menghindari untuk terlalu encer atau terlalu kentalnya susu formula yang akan diberikan kepada sang buah hati yang baru lahir.

Itu tadi bunda aturan pemberian susu formula untuk bayi baru lahir yang wajib bunda ketahui. 

Jika bunda dan pasangan memutuskan untuk memberikan susu formula pada sang buah hati yang baru lahir wajib tahu bahwa susu formula harus segera digunakan dalam waktu 2 jam atau 24 jam jika disimpan pada lemari pendingin.

Jadi, jika susu formula tidak habis diminum oleh sang buah hati segeralah bunda buang dan jangan diberikan lagi pada sang bayi.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan ada baiknya bunda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu jika memutuskan memberikan ke pemula pada sang huah hati.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait