Apakah Ibu Hamil Boleh Potong Rambut? Begini Faktanya

Ilustrasi Ibu Hamil Boleh Potong Rambut (Foto:Canva)

Memotong rambut saat hamil adalah topik yang sering diperdebatkan. Apakah ibu hamil boleh potong rambut? karena beredar mitos yang mengatakan bahwa memotong rambut saat hamil dapat membahayakan janin? Namun, hal ini tidak benar.

Faktanya, memotong rambut saat hamil tidak berbahaya bagi janin. Tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa memotong rambut dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau cacat lahir.

Berikut ini adalah ulasan tentang potong rambut saat hamil yang berdasarkan fakta medis dan hukum Islam.

Fakta Medis Tentang Potong Rambut Saat Hamil

Apakah Ibu Hamil Boleh Potong Rambut
Ilustrasi Ibu Hamil Boleh Potong Rambut (Foto:Canva)

Menurut dunia medis, potong rambut saat hamil adalah hal yang aman dan tidak berbahaya bagi ibu dan janin. Potong rambut saat hamil tidak memengaruhi perkembangan janin di dalam rahim, karena rambut adalah bagian dari tubuh yang mati dan tidak memiliki hubungan dengan organ vital. Potong rambut saat hamil juga tidak mengganggu aliran darah atau oksigen yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Memotong rambut saat hamil justru memiliki beberapa manfaat, seperti:

  • Meningkatkan rasa percaya diri ibu hamil
  • Membuat rambut lebih sehat dan berkilau
  • Mencegah kerusakan rambut akibat gesekan dengan perut yang membesar
  • Mempermudah perawatan rambut

Hukum Islam Tentang Potong Rambut Saat Hamil

Menurut hukum Islam, potong rambut saat hamil adalah hal yang diperbolehkan dan tidak ada larangan khusus yang mengatur hal ini. Potong rambut saat hamil adalah bagian dari merawat diri dan menjaga kebersihan, yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Potong rambut saat hamil juga tidak bertentangan dengan syariat Islam

Namun, jika ibu hamil ingin memotong rambut, sebaiknya lakukan di salon yang terpercaya dan berpengalaman. Hal ini untuk menghindari penggunaan bahan kimia yang berbahaya bagi janin.

Tips Memotong Rambut Saat Hamil

Ilustrasi Apakah Ibu Hamil Boleh Potong Rambut (Foto:Canva)
Ilustrasi Ibu Hamil Boleh Potong Rambut (Foto:Canva)

Berikut adalah beberapa tips untuk memotong rambut saat hamil:

  • Pilih waktu yang tepat. Sebaiknya memotong rambut saat trimester kedua kehamilan. Hal ini karena trimester pertama adalah masa yang paling sensitif untuk janin.
  • Beri tahu penata rambut bahwa Bunda sedang hamil. Penata rambut akan menyesuaikan teknik pemotongan rambut dan produk yang digunakan agar aman bagi janin.
  • Hindari pewarnaan rambut. Pewarna rambut mengandung bahan kimia yang dapat diserap kulit kepala dan masuk ke aliran darah. Hal ini dapat membahayakan janin.
  • Jika ingin mewarnai rambut pilih cat rambut yang aman untuk ibu hamil dan menyusui
  • Hindari melakukan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, seperti smoothing dan keriting.
  • Minum air putih yang cukup sebelum dan sesudah memotong rambut. Hal ini untuk mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan pusing dan kelelahan.

Kesimpulan

Potong rambut saat hamil adalah hal yang boleh dilakukan oleh ibu hamil, baik dari segi medis maupun Islam. Potong rambut saat hamil tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin, melainkan memberikan manfaat bagi kenyamanan dan kecantikan ibu hamil.

Potong rambut saat hamil juga tidak dilarang oleh agama, asalkan tidak mengikuti gaya rambut yang dilarang oleh syariat. Potong rambut saat hamil juga tidak ada hubungannya dengan hal-hal yang bersifat gaib,

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait