Apakah Bayi Prematur Bisa Hidup Normal? Cek Faktanya!

Ilustrasi bayi tidur Foto: canva

Buah hati bunda lahir secara prematur? Simak di sini bunda apakah bayi prematur bisa hidup normal cek faktanya.

Bayi lahir secara prematur merupakan kondisi bayi dalam kandungan yang lahir lebih awal dari perkiraan lahir yang sudah di tentukan. Perkiraan lahir ini adalah sebelum usia kehamilan memasuki minggu ke 37.

Dan kelahiran secara prematur ini di karenakan terbukanya leher rahim atau serviks yang diakibatkan rahim berkontraksi. Hal tersebutlah yang menyebabkan janin bunda memasuki jalan lahir yang berakibat terlahirnya bayi lebih dulu dari perkiraan.

Maka dari itu, apakah bayi prematur bisa hidup normal? Simak di sini bunda fakta apakah bayi prematur bisa hidup normal atau tidak.

Apakah bayi prematur bisa hidup normal?

apakah bayi prematur bisa hidup normal
Ilustrasi bayi tidru Foto: canva

Karena lahirnya bayi sebelum waktunya ini menyebabkan organ belum terbentuk secara sempurna bunda. Hal itu menyebabkam munculnya sejumlah gangguan kesehatan yang bisa saja memengaruhi peluang hidup bayi yang lahir secara prematur.

Kesulitan bernapas menjadi salah satu masalah kesehatan yang terjadi kepada bayi yang lahir secara prematur. Biasanya ini terjadi karena paru-paru bayi belum berkembang dengan sempurna bunda.

Kemudian bunda pasti penasaran apakah bayi prematur bisa hidup normal?. Cari jawabannya di sini bunda.

Tentu saja bayi yang lahir secara prematur bisa tumbuh dan berkembang secara normal seperti bayi yang lahir dengan cukup bulan bunda.

Namun, bunda dan suami sebagai orang tua wajib selalu rutin membawa bayi melakukan pemeriksaan ke dokter.

Supaya sang buah hati selalu bisa di kontrol dokter tumbuh kembangnya melalui kurva tumbuh kembang. Lakukan paling tidak membawa bayi ke dokter satu bulan sekali.

Namun, jika sang buah hati bunda lahir sebelum 28 minggu, sebaiknya melakukan perawatan langsung dengan dokter di rumah sakit.

Jika memang sudah bisa di bawa pulang ke rumah, bunda dan pasangan wajib selalu mengontrol tumbuh kembangnya bayi setiap bulannya.

Hal yang harus selalu di pantau ini adalah berupa berat badan bayi dan juga panjang badan bayi, lingkar kepala bayi serta juga pemberian imunisasi lengkap sang buah hati.

Walaupun bayi yang lahir secara prematur memiliki peluang hidup yang sangat besar, tetap saja pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati bunda masih terancam terhambat.

Sang buah hati bunda yang lahir secara prematur akan memilki berat badan dan panjang lebih kecil dari bayi normal lainnya. Hal ini lah yang bisa menyebabkan tubuh sang buah hati bunda kekurangan simpanan lemak.

Sedangkan berat badan merupakan salah satu faktor untuk bayi prematur sebagai kelangsungan hidupnya. Karena itu pertambahan berat badan bayi yang lahir secara prematur ini bisa membuat peluang hidupnya lebih besar.

Bunda dan pasangan harus selalu memastikan sang buah hati memperoleh nutrisi yang tentunya sangat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi yang lahir secara prematur.

Hal lainnya juga bunda harus melakukan imunisasi lengkap pada sang buah hati ya. Karena sistem kekebalan tubuh bayi yang lahir secara prematur belum sempurna ketika dilahirkan. Hal ini bisa menyebabkan sang bayi mudah terinfeksi virus dan juga bakteri.

Itu tadi bunda informasi apakah bayi prematur bisa hidup normal? Tentunya bunda, bayi yang lahir secara prematur bisa hidup dengan normal melalui perawatan yang tepat di rumah sakit maupun juga perawatan bunda dan suami yan tepat di rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait