Bunda turun berok ini bisa dialami oleh siapapun tidak terkecuali wanita dan laki-laki. Bahkan, turun berok ini juga bisa dialami oleh bayi sekalipun. Berikut apa itu turun berok lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya.

Turun berok ini menimbulkan rasa yang tidak nyaman, dan mengalami nyeri yang tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bunda.

Oleh sebab itu bunda harus tahu apa itu turun berok, serta ciri-ciri turun berok pada wanita, penyebab turun berok dan cara mengobati turun berok pada wanita. Simak di sini infonya bunda.

Apa Itu Turun Berok

Turun berok menurut medis adalah penyakit hernia. Yang dimana mengalami kondisi organ dalam tubuh menonjol melalui celahpada otot atau jaringan penyangga dalam tubuh.

Jika bunda mengalami turun berok biasanya akan merasakan adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu. Dan benjolan itu ada yang bisa didorong kembali masuk ke dalam tubuh ada juga yang tidak bisa.

Benjolan ini akan semakin terasa ketika bunda berdiri, batuk, tertawa dan lainnya. Sedangkan pada bayi benjolan turun berok akan terlihat ketika sedang menangis.

Turun berok ini muncul dengan disertai rasa sakit, biasanya akan lebih terasa ketika sedang melakukan aktivitas. Seperti, berlari, berjalan bahkan ketika sedang mengangkat beban akan terasa juga.

Ciri-Ciri Turun Berok pada Wanita

turun berok
Ilustrasi wanita sakit perut Foto: canva

Turun berok ini seperti yang sudah di ketahui bisa dialami oleh segala elompok usia dan jenis kelamin. Memang, turun berok secara anatomi sangat berisiko tinggi dialami oleh laki-laki. Tapi, tidak menuntup kemungkinan wanita juga bisa mengalami turun berok.

Oleh sebab itu bunda harus tahu apa saja ciri-ciri turun berok pada wanita. Simak di sini  bunda ciri-ciri turun berok pada wanita:

  1. Benjolan bisa terlihat atau bisa dirasakan
  2. Rasa sakit atau nyeri akan terasa pada area sekitar benjolan
  3. Akan merasakan sensasi terbakar pada sekitar area benjolan
  4. Mengalami rasa berat atau penuh pada sekitar area perut
  5. Rasa sulit untuk menelan

Itu tadi bunda ciri-ciri turun berok pada wanita. Bunda juga bisa baca berikut penyebab turun berok dan cara mengobati turun berok pada wanita.

Penyebab Turun Berok

Setelah bunda tahu apa itu turun berok dan juga sudah tau ciri-ciri turun berok pada wanita, berikut informasi mengenai penyebab terjadinya turun berok ini.

Hernia atau yang di kenal dengan turun berok ini biasnaya akan disebabkan oleh adanya kombinasi ketegangan dan kelemahan otot.

Dan turun berok ini berkembang dengan sangat cepat ataupun juga bisa dengan sangat lambat, hal ini berdasarkan penyebab terjadi turun berok pada bunda.

Untuk secara umum penyebab dari turun berok atau hernia ini adalah di karenakan batuk, usia, kerusakan akibat cedera, hamil, operasi, sembelit dan banyak hal lainnya.

Cara Mengobati Turun Berok Pada Wanita

Untuk bunda yang mengalami turun berok harus tahu cara mengobatinya. Simak di sini bunda cara mengobati turun berok pada wanita.

Beberapa metode pengobatan ini bisa bunda lakukan ketika mengalami turun berok. Salah satunya mengonsumsi obat-obatan untuk turun berok, operasi turun berok seperti operasi terbuka dan laparoskopi, kemudian bunda juga bisa mencoba mengubah pola dan gaya hidup.

Itu tadi bunda cara mengobati turun berok pada wanita, beserta ciri-ciri turun berok pada wanita dan penyebab terjadinya turun berok.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu bunda dan pasangan jika mengalami turun berok. Segeralah konsultasi kepada dokter jika di rasa turun berok ini sudah sangat mengganggu.