Mengapa Gigi Anak Tumbuh Berantakan? Faktor Genetik dan Masalah Kebersihan Bisa Jadi Penyebabnya!

Mengapa gigi anak tumbuh berantakan? Bunda pasti khawatir  ketika melihat pertumbuhan gigi si kecil yang berantakan dan terlihat tidak rapi. Selain akan membuatnya hilang percaya diri, biaya perawatan gigi dengan kondisi khusus juga terbilang mahal. Lantas, bagaimana solusinya?

Jika sudah kadung terjadi, jalan satu-satunya memang harus dilakukan perawatan khusus seperti pemasangan behel dan sejenisnya. Namun jika belum, bunda bisa melakukan pencegahan dengan mengetahui apa penyebab gigi anak tumbuh tidak rapi.

Mengapa Gigi Anak Tumbuh Berantakan? Ini Penyebabnya

Mengapa Gigi Anak Tumbuh Berantakan

Gigi tumpuk dua, gigi jarang atau miring adalah jenis permasalah yang kerap terjadi pada anak-anak karena beberapa faktor berikut ini:

1. Faktor Genetik Jadi Penyebab Kenapa Gigi Anak Tumbuh Berantakan

Alasan pertama mengapa gigi anak tumbuh berantakan adalah karena faktor genetik dari orang tua. Jika Ayah atau bunda punya gen gigi tidak rapi seperti underbite atau overbite, maka 90% anak akan mengalaminya.

2. Kebiasaan Buruk Si Kecil Saat Masih Memiliki Gigi Susu

Selain karena genetik, masalah pada pertumbuhan gigi juga bisa karena kebiasaan buruk si kecil lho bun. Kebiasaan tersebut bisa berupa sering menghisap jempol, melakukan pernafasan lewat mulut, penggunaan dot hingga kesalahan saat pencabutan gigi.

3. Anak Pernah Mengalami Cedera Pada Wajah

Cedera wajah hingga menyebabkan anak kehilangan gigi ternyata juga jadi asaIlah kenapa gigi anak tumbuh tidak rapi. Apalagi kondisi gigi anak masih cukup rentan sehingga jika terjadi benturan maupun cedera dapat merusak struktur dan susunan gigi mereka.

4. Ukuran Rahang Anak yang Terlalu Kecil

Menurut penelitian, bayi dengan rahang kecil ternyata berisiko mengalami pertumbuhan gigi tidak rapi lho bun. Gigi anak dengan rahang kecil biasanya akan tumbuh secara bertumpuk, sunggar atau susunannya tidak rata.

5. Anak Kehilangan Gigi Terlalu Dini

Selain karena cedera, gigi berlubang juga bisa menyebabkan anak kehilangan gigi terlalu dini. Jika tidak segera diatasi, gigi lain akan bergerak ke area gusi yang kosong. Akibatnya, gigi baru akan kehilangan ruang hingga tumbuh tak beraturan.

Bagaimana Cara Memperbaiki Gigi Anak yang Berantakan?

Mengapa Gigi Anak Tumbuh Berantakan

Jika sudah terlanjur tumbuh berantakan, satu-satunya jalan adalah membawa si kecil ke dokter gigi atau ortodontis. Bunda bisa melakukan konsultasi untuk mencari tahu faktor penyebab apakah karena masalah genetik atau karena hal lain.

Jika kasusnya belum menyebabkan komplikasi, biasanya dokter akan melakukan pengobatan dari faktor penyebabnya. Namun, jika kondisinya sudah cukup parah, mungkin akan disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli ortodontis untuk prosedur pemasangan kawat gigi.

Bagaimana bunda, sekarang sudah pahamkan alasan mengapa gigi anak tumbuh berantakan. Yuk, mulia aware dengan kondisi gigi si kecil demi kesehatan dan meningkatkan rasa percaya diri mereka di masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait