Inilah Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Ilustrasi Gigi Anak Foto : Canva

Pertumbuhan gigi anak merupakan proses yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebenarnya pertumbuhan gigi anak terjadi di dalam rahim selama masa kehamilan, Karena itulah biasanya ibu hamil mengalami peningkatan kebutuhan kalsium untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang bayi dalam kandungan

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak

Setiap anak mengalami masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, sebagian muncul pada usia dini, sebagian lagi giginya muncul lebih terlambat dibandingkan dengan anak lainnya, Namun pada umumnya pertumbuhan gigi anak dapat dibagi menjadi tiga tahap utama, yaitu:

1. Tahap pertumbuhan gigi susu (baby teeth):

Pertumbuhan gigi susu dimulai sekitar usia 6 bulan dan terus berlangsung hingga usia 2-3 tahun. Pada tahap ini, anak akan memiliki 20 gigi susu, terdiri dari 8 gigi depan atas, 8 gigi depan bawah, dan 4 gigi graham (molar). Gigi susu merupakan gigi pertama yang muncul pada anak dan merupakan gigi yang akan dicabut dan diganti dengan gigi permanen pada masa remaja.

2. Tahap pertumbuhan gigi campur (mixed dentition)

Pertumbuhan gigi campur terjadi ketika anak mulai memiliki gigi permanen yang muncul bersamaan dengan gigi susu yang masih ada. Tahap ini biasanya terjadi pada usia 6-12 tahun. Pada tahap ini, anak akan memiliki gigi permanen yang terdiri dari 4 gigi seri (incisor), 2 gigi kangguru, dan 4 gigi grahan (molar).

3. Tahap pertumbuhan gigi permanen (permanent teeth)

pertumbuhan gigi anak
Ilustrasi Gigi Anak Foto : Canva

Pertumbuhan gigi permanen terjadi setelah semua gigi susu telah dicabut dan diganti dengan gigi permanen. Tahap ini biasanya terjadi pada usia 12 tahun ke atas. Pada tahap ini, anak akan memiliki 32 gigi permanen, terdiri dari 8 gigi seri (incisor), 4 gigi kangguru, 8 gigi graham (molar), dan 12 gigi premolar.

Untuk menjaga kesehatan gigi anak, Mams harus memberikan perawatan gigi yang tepat, termasuk menyikat gigi secara teratur, memberikan makanan yang sehat, dan menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan.

Gejala Umum dan Tanda Pertumbuhan Gigi Anak

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Pediatrics, ditemukan fakta bahwa si Kecil akan menunjukkan beberapa gejala umum saat giginya akan tumbuh. Berikut di antaranya:

  • Suka menggigit
  • Intensitas jumlah air liurnya meningkat
  • Gusinya gatal
  • Suka menghisap
  • Tidurnya tidak pulas
  • Sering menggaruk telinga
  • Muncul bintik merah di wajahnya
  • Nafsu makan berkurang
  • Demam ringan

Penyebab Gigi Anak Lama Tumbuh

Gigi pertama pada anak-anak biasanya mulai tumbuh sekitar usia 6 bulan sampai 2 tahun, dan akan terus tumbuh hingga anak dewasa. Namun setiap anak mengalami masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi pada anak berikut di antaranya:

1. Nutrisi

Anak yang mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang akan memiliki gigi yang lebih kuat dan sehat. Makanan yang kaya akan protein, vitamin D, dan kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan gigi yang sehat.

2. Genetik

Faktor genetik juga dapat mempengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi anak. Misalnya, anak yang memiliki orang tua dengan gigi yang tumbuh lebih lambat atau lebih cepat dapat mengalami hal yang sama.

3. Kesehatan umum

Anak yang memiliki masalah kesehatan, seperti penyakit yang menyebabkan kekurangan nutrisi atau sistem kekebalan tubuh yang lemah, dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi.

4. Perawatan gigi

Menjaga kebersihan gigi yang baik dan rutin berkunjung ke dokter gigi dapat membantu menjaga kesehatan gigi anak dan mempercepat pertumbuhan gigi.

Nah, Demikian penjelasan mengenai tahapan pertumbuhan gigi pada anak, semoga artikel ini bermanfaat ya mams!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait