7 Jenis Sayuran yang Baik di Konsumsi Saat Program Hamil

Ilustrasi Sayuran Foto : Shutter Stock

Setelah menikah Mami pasti ingin sekali segera mempunyai momongan. Namun salah satu faktor yang menentukan kadang terjadi pada bagaimana tingkat kesuburan Mami dan Papi

Pada dasarnya tidak ada makanan secara spesifik yang bisa membuat mami jadi langsung 100% hamil. Tetapi saat ingin menjalani kehamilan, salah satu syarat bagi mami dan papi adalah menjalani hidup sehat seperti menjauhi asap rokok, jauhi alkohol, berolahraga, dan juga konsumsi makanan yang penuh nutrisi dan sehat.

Saat bicara tentang makanan sehat, makanan yang selalu diingat adalah sayuran. Memang banyak fakta yag mengatakan sayur-sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang berperan untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Mengkonsumsi sayuran sangat penting untuk menurunkan banyak risiko penyakit seperti sembelit dan penyakit berbahaya lainnya. Karena itu, sayuran jadi salah satu indikator sederhana untuk pemenuhan gizi seimbang.

Jenis Sayuran yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

Sayuran
Ilustrasi Sayuran Foto : Shutter Stock

Nah, beberapa sayuran di bawah ini dipercaya bisa meningkatkan kesuburan lho, Mams. Kalau mami sedang dalam program hamil, coba deh Mami bisa konsumsi sayuran ini bareng Papi,

1. Brokoli

Sayur brokoli ini dipercaya baik untuk mami dan papi yang sedang menjalani program hamil karena kaya akan Vitamin C yang bisa membantu proses ovulasi dan pematangan sel telur. Selain itu brokoli juga jadi sumber asam folat, zat besi, dan antioksidan tinggi yang juga sangat baik dikonsumsi bahkan ketika Mami hamil.

2. Tomat

Ternyata tomat juga masuk menjadi salah satu sayuran yang dipercaya bisa meningkatkan kesuburan karena kandungan lycopene yang ada di dalamnya. Lycopene merupakan kandungan yang juga bisa meningkatkan kualitas sperma dan menjaga kelainan bentuk sperma agar tetap normal.

3. Bayam

Bayam memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan asam folat yang sangat baik untuk mencegah terjadinya cacat lahir. Umumnya, sayuran hijau yang mengandung asam folat sangat baik untuk kehamilan dan juga dianjurkan untuk Mami yang sedang menjalankan program hamil.

4.  Kubis atau Kol

Sayur satu ini bisa mengurangi perdarahan hebat pada penderita endometriosis. Endometriosis merupakan salah satu kondisi penyebab seorang perempuan sulit hamil, di mana pertumbuhan jaringan endometrium di luar rahim.

5.  Tauge

Mami mungkin sudah sering mendengar kalau sayur satu ini bisa meningkatkan kesuburan, dan benar adanya lho! Karena tauge sendiri kaya akan Vitamin C, Vitamin D, Zinc, dan banyak mikronutrien lain yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Sayuran ini cukup baik jika dikonsumsi Papi karena ternyata bisa mengurangi kerusakan sperma akibat radikal bebas.

6. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang penuh nutrisi. Sayuran ini rendah kalori, sehingga menjaga berat badan Mams tetap ideal. Seperti yang diketahui, kelebihan berat badan bisa menghambat program hamil. Untuk itu, coba konsumsi asparagus sebagai makanan sehari-hari ya mams

7. Brokoli

Sayuran satu ini juga baik untuk program hamil, baik untuk mami dan papi.
karena brokoli memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga membantu alkalinitas saluran reproduksi dan menjaga kualitas sperma.

selain itu Vitamin C yang terdapat dalam brokoli bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh mampu melawan dan menetralkan radikal bebas.

Untuk menambah nafsu makan saat makan sayur-sayuran, Mami bisa mengkreasikan masakan sendiri agar makan sayuran tersebut jadi lebih lezat dan bergizi. Agar pengalaman makan sayur jadi lebih nikmat

Kesimpulan

Selama menerapkan pola asupan makanan sehat untuk program hamil, Mami dan Papi sebaiknya juga menghindari konsumsi makanan mentah, makanan yang mengandung lemak, serta minuman beralkohol dan berkafein, karena dapat mengganggu kesuburan.

Nah, Berikut artikel dan informasi terkait jenis sayuran yang bisa Mami dan Papi konsumsi saat menjalankan program hami, semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait