7 Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Bayi

Ilustrasi bayi tidur Foto: canva

Bayi pada umumnya memiliki kulit yang sensitif bunda. Berikut 7 cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi yang terjamin aman.

Dikarenakan kulit sensitif yang dimiliki bayi, sering membuatnya rentan memiliki bintik merah atau ruam pada kulit.

Bayi akan lebih sering mengalami bintik merah dan ruam dibandingkan orang dewasa atau anak yang lebih tua darinya.

Jadi sebagai seorang ibu, bunda harus menjaga sang buah hati dengan baik. Dan penyebab bintik merah pada bayi ini cukup beragam bunda.

Untuk penyebab bintik merah pada bayi bisa saja merupakan suatu hal yang tidak mengkhawatirkan seperti biang keringat bunda. Tapi, ada kemungkinan juga menjadi pertanda penyakit yang serius seperti meningitis.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua bunda harus tahu penyebab bintik merah di wajah bayi dan juga cara menghilangkan bintik merah. 

Penyebab Bintik Merah di Wajah Bayi

cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi
Ilustrasi bayi Foto: canva

Penyebab bintik merah pada wajah bayi bermacam-macam bunda. Salah satunya yaitu iritasi. Iritasi ini biasanya disebabkan oleh kulit sensitif bayi yang biasanya terkena air liur, sabun, deterjen dan beberapa hal lainnya.

Selain iritasi penyebab bintik merah pada wajah bayi juga bisa berupa reaksi alergi bunda. Reaksi alergi ini bisa bermacam-macam, bisa berupa gatal-gatal yang mengakibatkan kulit bayi menjadi merah dan berbintik.

Infeksi juga menjadi penyebab bintik merah pada wajah bayi bunda. Infeksi ini biasa muncul di kulit lengan dan kaki yang diakibatkan oleh jamur atau virus. Infeksi ini juga bisa berlangsung dalam beberapa hari hingga bahkan berapa minggu. 

Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Bayi

Sebagai orang tua pasti akan sedih jika sang buah hati memiliki bintik merah di wajahnya. Maka dari itu, bunda harus tahu cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi dengan cara yang aman tentunya.

Rasa khawatir kepada bayi ketika memiliki bintik merah di wajah membuat bunda ingin segera menghilangkannya dengan cara apapun. Namun, bunda tidak boleh sembarang melakukan atau menggunakan sesuatu begitu saja untuk menghilangkan bintik merah di wajah bayi.

Jika bunda memaksa menghilangkan bintik merah pada bayi bisa saja menyebabkan semakin parahnya bintik merah pada wajah sang buah hati bunda. Maka dari itu, cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi menjadi hal yang sangat penting.

Meskipun bintik merah ataupun ruam di wajah buah hati bunda bisa hilang dengan sendirinya, efek gatal yang ditimbulkan bisa membuat bayi merasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, jika buah hati bunda memiliki bintik merah di wajahnya, kepala, ruam pada kulit bayi, harus segera tahu cara menghilangkan hal tersebut. berikut cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi:

  1. Bunda harus merawat kulit sang buah hati dengan cara membiarkannya tetap kering dan selalu bersih.
  2. Selain itu bunda juga bisa mencoba menggunakan krim untuk menghilangkan bintik merah pada wajah sang buah hati. Gunakanlah produk aman ya bunda.
  3. Sebaiknya hindari alergi pemicu ruam bunda. Seperti makanan, produk pembersih kimia, gesekan, panas dan sebagainya.
  4. Kompres dengan air dingin
  5. Gunakan minyak kelapa murni
  6. Oleskan beberapa tetes ASI
  7. Gunakan minyak alpukat

Itu tadi bunda 7 cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi beserta penyebabnya. Sebaiknya bunda dan pasangan juga tetap menjaga kebersihan bayi untuk menghindari terjadinya bintik merah pada bayi.

Jika terjadi efek yang terjadi berlebih dan tak kunjung menghilang bintik merah pada wajah bayi, bunda wajib membawa sang buah hati ke dokter segera. Jangan menunda. lebih cepat lebih baik bunda.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait