Bagaimana cara melebatkan rambut bayi secara alami? Sebenarnya ketebalan rambut itu dipengaruhi oleh faktor genetik.

Sehingga jika orang tua memiliki rambut yang tipis maka jangan was was jika bayinya nanti akan memiliki genetik rambut yang tipis juga.

Rambut bayi biasanya mulai rontok dan hilang sebagian atau seluruh rambutnya. Namun perlu diketahui kalau hilangnya rambut saat umur bayi masih beberapa bulan adalah hal yang wajar dan normal.

Rambut rontok dapat disebabkan oleh hormon serta posisi tidur anak.

Rambut rontok yang terjadi saat bayi tidak ada kaitannya dengan kondisi medis. Lalu bagaimana caranya supaya rambut bayi dapat lebat dan tebal? Berikut ini cara melebatkan rambut bayi dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Melebatkan Rambut Bayi Secara Alami Yang Baik Dan Benar

1. Mengkonsumsi Makanan  Sehat

Makanan Sehat
Makanan Sehat

Melebatkan rambut bayi tidak hanya dari luar saja, namun perlu juga diberi nutrisi dari dalam. Untuk cara menebalkan rambut bayi secara alami, perlu diperhatikan nutrisi yang masuk.

Selalu pastikan anak mengkonsumsi makanan bergizi serta kaya nutrisi, sesuai dengan kebutuhannya.

2. Memotong Rambut Si Kecil Secara Berkala

Memotong Rambut Bayi
Memotong Rambut Bayi

Memotong rambut bayi mampu membantu pertumbuhan rambut. Namun kebanyakan ibu masih banyak yang merasa sayang jika harus memangkas rambut si kecil. Padahal rambut itu juga nantinya akan tumbuh kembali seiring berjalannya waktu.

3. Jangan Terlalu Sering Keramas

Bayi Keramas

Keramas atau mencuci rambut terlalu sering memiliki dampak yang kurang baik untuk rambut bayi. Hal ini mampu menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Perhatikan jadwal keramas pada bayi serta gunakan produk yang sesuai untuk usianya dan pastikan aman untuk kepala anak.

4. Menyisir Lembut Rambut Bayi

Hal sederhana seperti menyisir rambut bayi secara lembut membantu rambut bayi supaya lebat. Ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut pada si kecil.

Bahan Alami Untuk Menebalkan Rambut Bayi

1. Lidah Buaya

Pasti sudah banyak yang tahu kalau lidah buaya memang sering dimanfaatkan untuk dapat menebalkan rambut serta memperhalus kulit. Bunda bisa coba gunakan lidah buaya untuk menebalkan rambut si kecil. Caranya mudah, ambil daging lidah buaya lalu oles pada rambut si kecil.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga mampu menebalkan rambut pada bayi. Cukup oleskan rambut anak dengan minyak zaitun secukupnya. Tidak perlu terlalu banyak, oleskan mulai dari kulit kepala hingga ke ujung rambut si kecil.

3. Minyak Kelapa

Apakah anda tahu kalau minyak kelapa mampu membantu merawat kesehatan rambut. Bahan alami yang satu ini memang sudah sering digunakan. Bahkan tidak hanya membantu menebalkan rambut saja, namun santan kelapa juga membantu mengurangi rambut rontok.

4. Minyak Kemiri

Tentu sudah tahu kalau minyak kemiri sering digunakan untuk cara melebatkan rambut bayi secara alami. Minyak kemiri telah dipercaya turun temurun. Sejak dahulu telah dikenal untuk membantu menghitamkan, menyuburkan serta memperkuat rambut.

5. Daun Seledri

Melebatkan rambut bayi bisa gunakan bahan yang ada di dapur saja loh, seperti daun seledri. Kandungan daun seledri dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut baru pada bayi. Selain itu juga membantu menghitamkan rambut.

6. Konsumsi Zat Besi

Untuk bayi yang sudah mulai MPASI bisa konsumsi zat besi. Zat besi merupakan nutrisi penting yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Membuat rambut si kecil menjadi lebih tebal, sehat dan panjang tentunya.

Demikian cara melebatkan rambut bayi secara alami. Pentingnya lakukan perawatan rambut sedini mungkin. Supaya rambut anak tumbuh sehat, hitam dam lebat. Diantara bahan alami di atas manakah yang akan bunda gunakan untuk melebatkan rambut si kecil?