Waspada! 7 Minuman yang Dapat Menggugurkan Kandungan Saat Hamil Muda

Ilustrasi ibu hamil minum Foto: canva

Bunda yang hamil muda wajib menjaga pola makan dan juga pola minum. Berikut 7 minuman yang dapat menggugurkan kandungan saat hamil muda .

Ketika sedang hamil, bunda wajib menghindari untuk meminum minuman yang bisa memicu keguguran ketika hamil muda.

Jadi, minuman yang diduga bisa menggugurkan kandungan selama kehamilan tentunya dianggap tidak sehat karena pasti mengandung zat-zat yang berbahaya.

Memang benar bunda, mengonsumsi banyak cairan sangat dianjurkan saat sedang hamil. Akan tetapi bunda perlu memilih minuman yang boleh di konsumsi dan mana yang tidak boleh.

Oleh karena itu, menjaga pola minum wajib bunda. Berikut minuman yang dapat menggugurkan kandungan saat hamil muda.

Minuman yang dapat menggugurkan kandungan

Ketika sedang hamil, merupakan sangat sensitif bunda. Karena dari itu asupan minum yang masuk ke dalam tubuh bunda bisa mempengaruhi perkembangan janin dan tentunya juga kesehatan bunda yang sedang hamil.

Dan apalagi bagi bunda yang mempunyai penyakit  penyerta ketika sedang hamil, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh wajib bunda perhatikan.

Jangan hanya memuaskan rasa ngidam, bunda sampai melupakan suatu hal yang paling penting tersebut. Dan tentunya untuk menjaga kesehatan bunda dan calon buah hati, bunda harus tahu 7 minuman yang dapat menggugurkan kandungan saat hamil muda:

1. Soda

Minuman yang dapat menggugurkan kandungan yang pertama yaitu minuman yang mengandung soda. Karena soda sendiri memiliki pemanis buatan yang sangat tinggi dan hal itu wajib bunda hindari ketika sedang hamil.

Jika bunda mengkonsumsi hal ini dalam jumlah yang sangat banyak, bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi dan tentunya menyebabkan kecacatan.

2. Alkohol

Untuk minuman yang dapat menggugurkan kandungan yang kedua yaitu alkohol. Karena dalam kandungan zat-zat di dalamnya diketahui bisa mengakibatkan perkembangan janin dan juga menyebabkan cacat parah.

Alkohol sangat dilarang bunda, walaupun hanya meminum alkohol satu gelas saja dalam sehari tentunya masih bisa menyebabkan kelainan pada sang buah hati.

3. Jamu tradisional

Tentunya tidak semua jamu tradisional dilarang bunda minum ketika sedang hamil. Namun, tetap bunda harus berhati-hati jika ingin meminum jamu tradisional.

Karena, terdapat beberapa bahan yang terdapat pada jamu tradisional bisa mempengaruhi perkembangan janin sampai membuat bunda keguguran. Bahan tersebut diantaranya adalah daun pegangan, ephedra, daun echinacea, ginseng, kunyit asam, dan black cohosh.

4. Susu mentah

minuman yang dapat menggugurkan kandungan
Ilustrasi susu Foto: canva

Susu mentah merupakan salah satu minuman yang dapat menggugurkan kandungan. Jika bunda ingin mengonsumsi susu lebih baik yang sudah di pasteurisasi.

Karena, susu yang bunda beli belum di pasteurisasi tentunya masih ada kemungkinan besar bakteri yang terdapat di dalamnya dan tentunya bisa berbahaya bagi bunda dan janin.

5. Kafein

Minuman yang dapat menggugurkan kandungan yang kelima yaitu kafein. Jika mengkonsumsi hal ini dalam jumlah yang banyak, tentunya tidak baik untuk kesehatan janin bunda.

Dan kelebihan asupan kafein juga bisa menyebabkan bayi lahir secara prematur, lahir mati, berat badan lahir yang rendah, serta terhambatnya pertumbuhan.

6. Teh kombucha

Teh Kombucha sendiri merupakan teh Fermentasi yang berasal dari negeri Cina. Teh ini berisi campuran gula dan juga kultur bakteri serta jamur yang biasa dikenal sebagai Symbiotic Colony of Bacteria and Yeast (SCOBY).

Dan teh ini memang memiliki berbagai macam manfaat kesehatan. Namun, teh Ini mengandung alkohol yang bisa membuat penggunanya menjadi kontraindikasi apalagi selama hamil.

7. Teh camomile

Kita ini juga termasuk minuman yang dapat menggugurkan kandungan. Karena efek samping teh ini dipercaya bisa menimbulkan kontraksi, yang tentunya beresiko tinggi yang bisa menyebabkan keguguran atau bayi yang lahir secara prematur.

Itu tadi bunda hal yang harus bunda waspadai ketika sedang hamil muda. 7 minuman yang dapat menggugurkan kandungan saat sedang hamil muda ini bisa membuat bunda berhati-hati ketika ingin meminum suatu hal yang baru.

Ada sebaiknya bunda mencoba berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk tahu lebih lanjut tentang minuman apa yang harus di hindari ketika hamil.

Hal ini berlaku untuk semua hal. Tidak hanya minuman, terdapat banyak hal yang harus di hindari atau tidak boleh di lakukan ketika sedang hamil. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih. 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait