Jenis Vitamin Penunjang Kesuburan Untuk Program Hamil

Ilustrasi Vitamin Kesuburan Foto : Canva

Mengkonsumsi vitamin untuk kesuburan merupakan salah satu hal penting yang perlu Mams dan pasangan lakukan saat ingin merencanakan atau menjalankan program hamil, Pasalnya Tubuh yang sehat merupakan kunci utama bagi para pasangan yang ingin memiliki momongan.

Tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi dan vitamin untuk menjaga kesehatan selama program hamil. Apa jenis vitamin untuk program hamil serta suplemen penyubur kandungan? Simak penjelasannya di bawah ini!

Jenis vitamin kesuburan untuk program hamil

Ada beragam vitamin serta suplemen untuk kesuburan yang dapat membantu memperbesar peluang agar cepat hamil, vitamin dan mineral bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan bergizi ataupun suplemen berikut diantaranya:

1. Vitamin B

vitamin B
Ilustrasi Vitamin B : Foto Canva

Jenis vitam pertama yang wajib dikonsumsi adalah Vitamin B, Vitamin ini banyak sekali jenisnya yang sangat berpengaruh untuk kesuburan adalah Vitamin B6 dan B9. Vitamin B6 berhubungan dengan kadar homosistein dalam tubuh. Jika Homosistein didalam tubuh terlalu tinggi dapat mempengaruhi ovulasi, Nah gunanya B6 adalah untuk menurunkan kadar homosistein agar peluang hamil semakin tinggi.

Kemudian untuk vitamin B9 jika tubuh kita kekurangannya maka akan mempengaruhi luteal phase pada wanita dan kualitas sel sperma pada laki-laki. Luteal phase adalah ketika fase ovulasi menuju awal menstruasi, luteal phase yang singkat kurang dari 9 atau 10 hari akan menyebabkan menstruasi tidak teratur. Vitamin B9 bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buncis, asparagus, dan brokoli.

2. Vitamin C

vitamin kesuburan
Ilustrasi Vitamin C Foto : Canva

Jenis vitamin berikutnya adalah Vitamin C, Jenis vitamin ini bukan hanya bisa meningkatkan sistem imun maupun menangkal radikal bebas namun juga dapat membantu meningkatkan kesuburan karena kaya akan antioksidan. Jika vitamin C dan vitamin E dikombinasikan akan dapat meningkatkan sel sperma dan mengurangi resiko kerusakan DNA.

Bagi wanita Vitamin C dapat menstabilkan kadar hormon dalam tubuh dan mengurangi resiko terjadinya infeksi yang dapat mengganggu proses ovulasi. Vitamin C bisa didapatkan secara alami dengan mengkonsumsi jeruk, strawberry, tomat, mangga dan sebagainya.

3. Vitamin D

vitamin kesuburan
Ilustrasi Vitamin D

Vitamin jenis ini biasa dikenal dengan sinar matahari, Vitamin D ini bukan hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau kesehatan tulang tetapi juga penting untuk program kehamilan. Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan ovulasi dan juga meningkatkan terjadinya endometriosis.

Nah, inilah Mengapa wanita yang kekurangan vitamin D bisa menyebabkan sulit hamil. Selain dengan berjemur dibawah sinar matahari Vitamin D bisa didapatkan dengan mengkonsumsi susu, ikan salmon tuna, hati sapi ataupun sereal yang sudah diperkaya dengan vitamin D.

4. Vitamin E

Jenis vitamin terakhir adalah Vitamin E, Vitamin ini berperan penting terhadap kualitas dari Sel sperma. Seandainya tubuh kekurangan vitamin E sel sperma akan kurang matang perkembangannya sehingga sulit untuk membuahi sel telur dan menyebabkan sulit untuk mencapai kehamilan. Vitamin E bisa dapatkan dari mengkonsumsi biji-bijian, alpukat, kacang tanah, kacang almond dan sebagainya.

Suplemen kesuburan agar cepat hamil

Bukan hanya vitamin, mengonsumsi suplemen juga dipercaya dapa mempercepat kehamilan dan menyuburkan kandungan. Suplemen ini melengkapi kebutuhan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan asam amino yang tidak cukup terpenuhi hanya dari makanan saja. Berikut adalah beberapa suplemen kesuburan agar cepat hamil yang bisa dikonsumsi

1. Asam Folat

Asam folat adalah salah satu vitamin B kompleks yang digunakan oleh tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Meskipun umumnya direkomendasikan untuk ibu hamil, mengkonsumsi makanan mengandung asam folat juga di anjurkan untuk Mams dan pasangan yang sedang menjalankan program hamil,

Setidaknya, Mams bisa mengkonsumsi asam folat mulai dari satu bulan sebelum Mams dan pasangan menjalankan promil sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi hingga 72%

2. Kalsium

Para ahli gizi merekomendasikan agar wanita yang berusaha untuk hamil memenuhi kebutuhan kalsium harian sekitar 1.000 mg atau lebih. Karena tubuh tidak dapat menghasilkan kalsium, asupan ini harus dipenuhi dari sumber eksternal seperti makanan dan suplemen, Bukan hanya untuk pertumbuhan tulang dan gigi, suplemen penyubur kandungan ini juga diperlukan untuk hati, saraf, dan otot janin yang sehat.

3. Zat Besi

Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya asupan zat besi dapat menyebabkan anovulasi (tidak terjadinya ovulasi) pada wanita dan menurunkan kualitas sel telur, Hal itu sangat berbeda jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki cadangan zat besi yang cukup dalam darahnya

Nah, Itulah beberapa jenis vitamin dan suplemen yang dapat Mams konsumsi untuk meningkatkan kesuburan selama program hamil, Semoga Bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait