5 Tips Menjadi Suami Siaga, Saat Istri Sedang Hamil

Ilustrasi Suami Siaga Foto : Canva

Menjadi suami siaga untuk memberi dukungan penuh kepada istri yang tengah hamil tentu merupakan salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh setiap suami, Dukungan yang diberikan bisa secara fisik, emosional, dan juga material tentunya.

Bisa memberi dukungan sepenuhnya kepada istri artinya, Paps juga tengah berusaha menjadi suami siaga yang dapat diidamkan oleh istri. Memiliki suami yang siaga bisa membuat istri merasa lebih tenang dan siap untuk menghadapi segala tantangan dalam masa kehamilannya.

Apa itu suami siaga

Suami siaga adalah istilah yang memiliki arti suami siap antar jaga. Istilah ini dikeluarkan oleh Kemenkes Republik Indonesia untuk menghimbau para suami untuk selalu memberi dukungan penuh kepada istri yang tengah hamil.

Banyak dukungan lain yang juga harus dilakukan. Salah satunya yaitu pendampingan dengan baik terhadap istri dalam menghadapi masa-masa hamilnya, baik di trimester petama, kedua, ketiga. hingga persalinan

Tips menjadi suami siaga

suami siaga
Ilustrasi Suami Siaga Foto : Canva

Berikut beberapa tips yang bisa Paps lakukan untuk menjadi suami siaga selama istri sedang mengandung ya!

1. Perkaya ilmu tentang kehamilan

Meski yang mengandung adalah istri, namun yang harus menguasai ilmu kehamilannya bukan hanya istri saja. Paps sebagai suami juga perlu mengetahui ilmu-ilmu tentang kehamilan. Paps bisa mencari referensi pada buku atau artikel-artikel di internet. Dengan memahami ilmunya, Paps bisa mengetahui hal apa saja yang dialami oleh sang istri dan bisa memberi bantuan serta pertolongan yang sesuai.

2. Sabar dalam menghadapi istri

Menjadi suatu hal yang lumrah, bahwa setiap wanita hamil umumnya memiliki mood yang mudah berubah-ubah. Kadang ia merasa begitu bahagia dan sedih. Untuk mengatasi kondisi ini Paps harus menyiapkan kesabaran yang lebih banyak dari biasanya.

Perubahan mood yang sering terjadi memang disebabkan karena hormon yang berubah ketika istri sedang hamil. Jadi, pastikan Paps tidak melakukan suatu hal yang dapat membuat mood isitri semakin berantakan, ya. Karena, suasana hati istri juga akan sangat berpengaruh bagi janinnya. Jadi sejatnya kesabaran dan sikap baik yang Paps tunjukkan, bukan hanya untuk istri saja, tetapi juga untuk calon buah hati.

3. Temani istri untuk mempersiapkan perlengkapan melahirkan

Di trimester terakhir atau mendekati hari perkiraan persalinan, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Baik untuk ibu maupun untuk anaknya. Menyiapkan segalanya sendirian dapat membuat istri lelah secara fisik maupun emosional. Jadi, penting bagi Paps untuk membantu istri dalam melakukan persiapan tersebut. Paps bisa melakukan diskusi terlebih dahulu mengenai apa saja yang perlu disiapkan untuk dapat mempermudah proses pengerjaannya.

4. Bantu istri untuk menyelesaikan pekerjaan rumah

Biasanya Ibu hamil lebih mudah lelah. Selain itu, ia juga bisa sering mengalami keluhan mual, pusing, dan lemas. Hal tersebut tentu bukan sesuatu yang mudah. Aktivitas dan ruang geraknya akan lebih terbatas dari biasanya. Padahal, pekerjaan rumah selalu ada di setiap harinya dan selalu mengantre untuk dapat dikerjakan. Jadi, membantu istri untuk mengerjakan tugas-tugas rumah tentu sangat penting untuk Paps lakukan. Selain merasa terbantu secara fisik, istri juga akan merasa tersuport dalam segi emosional karena merasa lebih tenang melihat kondisi rumah yang telah rapi.

5. Sering memberi pujian

Ketika sedang mengandung, biasanya wanita akan mengalami perubahan bentuk tubuh.  Sadar ataupun tidak, perunahan fisik yang terjadi dapat menimbulkan kecemasan tersendiri, Untuk mengurangi dampak buruk akibat kecemasan tersebut.

Paps bisa memberi suport dengan cara sering memuji bahwa ia tetap terlihat cantik walaupun berat badannya semakin bertambah. Meskipun sepele, pujian yang Paps berikan dapat sangat berarti baginya. Istri akan lebih tenang dan merasa percaya diri selama masa kehamilan.

Nah Itu dia, 5 cara yang bisa Paps terapkan untuk bisa menjadi suami siaga selama istri sedang Hamil. Bersemangatlah untuk istri dan calon buah hati tercinta. Semoga bermanfaat ya!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait