Mudah Lelah Saat Hamil? Coba Tips Berikut Ini

Ilustrasi Ibu Hamil Mudah Lelah Foto : Canva

Masa kehamilan bukanlah hal yang mudah bagi setiap ibu hamil, Sejak awal kehamilan, banyak ibu hamil yang merasa lebih lelah dari biasanya. Apalagi bagi bumil yang juga harus bekerja setiap harinya.

Tak jarang bumil akan merasa lebih lelah ketika menjalani aktivitas sehari-hari, Hal ini adalah wajar. Kelelahan yang dialami ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti perubahan hormon dalam tubuh, selain itu juga ada beberapa faktor lain yang menyebabkan ibu hamil mudah lelah berikut penjelasanya!

Penyebab Ibu Hamil Mudah Lelah

Beberapa hal yang dapat menyebabkan ibu hamil mudah lelah, Berikut diantaranya:

1. Perubahan hormon dalam tubuh

Saat kehamilan, tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan hormon yang dapat menyebabkan kelelahan. Hormon progesteron misalnya, dapat menyebabkan ibu hamil merasa lebih lelah dan sulit tidur.

2. Perubahan gaya hidup

Kehamilan juga dapat menyebabkan perubahan gaya hidup ibu hamil, seperti pola makan yang berubah, aktivitas fisik yang berkurang, dan perubahan emosi. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil merasa lebih lelah dan tidak fit.

3. Perubahan berat badan yang cepat

Saat hamil, ibu hamil akan mengalami perubahan berat badan yang cepat. Perubahan berat badan yang terlalu cepat dapat menyebabkan ibu hamil merasa lebih lelah dan kelelahan.

4. Kurang tidur

Ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan dengan waktu tidur biasanya. Jika tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, ibu hamil dapat merasa lebih lelah dan kelelahan.

5. Kurang aktivitas fisik

Ibu hamil juga perlu melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Jika tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup, ibu hamil dapat merasa lebih lelah dan kelelahan.

Tips mengatasi lelah selama kehamilan

Ibu Hamil Mudah Lelah
Ilustrasi Ibu Hamil Mudah Lelah Foto : Canva

Untuk mengatasi kelelahan yang dialami ibu hamil, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, di antaranya:

1. Tidur yang cukup

Ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan dengan waktu tidur biasanya. Pastikan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga yang teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan energi, dan mengurangi stres. Pilih olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik ibu hamil, seperti berjalan atau berenang.

3. Konsumsi makanan yang sehat

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, karbohidrat, dan vitamin, serta makanan yang rendah lemak dan natrium.

4. Minum cukup air putih

Air putih dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

5. Hindari aktivitas yang terlalu berat

Jika memungkinkan, hindari aktivitas yang terlalu berat atau berbahaya selama kehamilan. Gunakan alat bantu atau minta bantuan orang lain jika diperlukan.

6. Konsultasi ke dokter

Konsultasikan kelelahan yang dialami ibu hamil kepada dokter. Jika kelelahan yang dialami ibu hamil terus-menerus dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan saran dan bantuan lebih lanjut. Dokter dapat memberikan obat atau saran lain yang dapat membantu mengatasi kelelahan yang dialami ibu hamil.

Nah, Demikian penjelasan mengenai penyebab ibu hamil mudah lelah dan cara mengatasinya, semoga artikel ini bermanfaat ya mams.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait