Anak-anak sering kali merasa terbebani oleh kewajiban untuk berangkat ke sekolah setiap hari. Karena aktivitas yang padat dan jam belajar yang panjang dapat membuat anak merasa bosan dan tidak ingin pergi ke sekolah.

Penyebab Anak Malas Pergi Sekolah

Selain aktivitas yang padat, Anak yang malas sekolah bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa di antaranya adalah:

1. Masalah di sekolah

Si kecil mungkin merasa tidak nyaman di sekolah, misalnya karena ada masalah dengan teman sekelas atau guru. Jika anak merasa tidak nyaman di sekolah, ia mungkin akan cenderung malas untuk pergi ke sekolah.

2. Masalah di rumah

Anak mungkin merasa tidak mendapat dukungan di rumah, misalnya karena orang tua yang sibuk atau tidak memahami pentingnya pendidikan. Jika anak merasa tidak memiliki dukungan di rumah, ia mungkin akan merasa tidak bersemangat untuk belajar.

3. Masalah kesehatan

Anak mungkin mengalami masalah kesehatan yang membuatnya tidak bisa belajar dengan baik atau merasa tidak sehat. Jika anak merasa sakit atau tidak sehat, ia mungkin akan cenderung malas untuk pergi ke sekolah.

4. Masalah emosional

Anak mungkin merasa tidak percaya diri atau merasa tidak mampu menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Jika anak merasa tidak percaya diri, ia mungkin akan merasa tidak bersemangat untuk belajar.

Cara Agar Anak Semangat Pergi Sekolah

Berikut beberapa cara yang dapat Mams lakukan untuk meningkatkan semangat si kecil dalam belajar dan pergi sekolah

1. Istirahat yang cukup

anak istirahat
Ilustrasi Anak Istirahat Foto : Canva

Untuk menjaga kondisi tubuh anak yang sehat dan mempertahankan mood yang baik, salah satu cara yang dapat Mams lakukan adalah dengan memberikan waktu tidur yang cukup. Anak-anak sebaiknya tidur selama 8 hingga 10 jam per hari untuk menjaga tubuhnya sehat dan fit.

Untuk meningkatkan kesegaran tubuh anak, Mams juga dapat menyarankannya untuk tidur siang setelah pulang sekolah. Walau hanya satu jam, tidur siang dapat membantu mengembalikan kesegaran tubuh anak dan meningkatkan moodnya sehingga ia lebih bersemangat dalam melakukan aktivitasnya.

2. Mengantar Anak Sekolah

Mengantar Anak Sekolah
Ilustrasi Mengantar Anak Sekolah Foto : Canva

Untuk membuat anak merasa dihargai dan diakui, cara yang baik adalah dengan memberikan perhatian pribadi kepadanya. Salah satu cara yang dapat Mams lakukan adalah dengan mengeluarkan waktu untuk mengantar atau menjemput anak di sekolah. Walau terlihat sepele, kehadiran orangtua di gerbang sekolah dapat membuat anak merasa bahagia dan merasa diakui.

Setelah menjemput anak di sekolah, Mams juga dapat mengajaknya jalan-jalan atau makan siang bersama di luar. Aktivitas ini dijamin dapat membuat anak merasa senang dan terhibur. Selain itu, Mams juga dapat menjadikan waktu tersebut sebagai waktu untuk bercakap-cakap dan membangun komunikasi yang baik dengan anak.

3. Buat Bekal Menarik

Bekal Anak Lucu
Ilustrasi Bekal Anak Foto : Canva

Untuk meningkatkan semangat anak saat bersekolah, Mams bisa mencoba menawarkan bekal yang berisi makanan favoritnya. Buat bekal tersebut terlihat menarik dengan menghias dan menata makanan dengan cantik, seperti dengan membuat roti isi berbentuk kepala beruang atau aneka sajian bento yang menggemaskan.

Selain itu, Mams juga dapat menggantikan uang jajan yang biasanya diberikan kepada anak dengan bekal yang lebih sehat dan bergizi. Dengan demikian, Si kecil akan merasa lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah dan menikmati makanan yang Mams sediakan untuknya.

4. Dengarkan Anak Bercerita

Anak Bercerita
Ilustrasi Anak Bercerita Foto : Canva

Untuk menjaga semangat si Kecil saat belajar, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membiarkannya bercerita tentang keluh kesahnya saat beraktivitas di sekolah. Mams dapat memancingnya untuk bercerita dengan menanyakan kejadian apa saja yang terjadi di sekolah hari ini atau pelajaran apa yang terasa sulit.

Setelah si kecil menceritakan masalah yang ia hadapi, bantulah ia menemukan solusi atas masalah tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pelukan hangat dan motivasi agar ia kembali bersemangat pergi ke sekolah. Dengan demikian, Si kecil akan merasa diakui dan dihargai, sehingga ia akan lebih bersemangat dalam belajar dan berangkat sekolah.

5. Beri Dukungan dan Motivasi

Memberi Motivasi Anak
Ilustrasi Memberi Motivasi Anak Foto : Canva

Jika si kecil sudah mulai kehilangan semangat untuk bersekolah, Mams dapat mencoba memberikan motivasi atau gambaran yang menyenangkan tentang aktivitas di sekolah. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti bahwa sekolah bukan hanya tempat belajar, tetapi juga tempat untuk bertemu dengan teman-teman baru dan menjalani aktivitas yang seru.

Ingat ya Mams!, jangan pernah memaksa si kecil untuk kembali bersemangat. Pahami suasana hatinya dan berikan dukungan yang tepat agar ia kembali bersemangat pergi ke sekolah. Memang tidak mudah mengembalikan semangat anak, tetapi jangan menyerah dan terus berusaha dengan kesabaran ekstra untuk membantunya

Nah, Demikian beberapa tips yang bisa Mams coba agar anak semangat bersekolah, Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat ya mams!

Temukan Artikel Lainya di Google News