Terbukti Ampuh! 8 Cara Cepat Menurunkan Panas pada Bayi Tanpa Obat

Ilustrasi Bayi Demam (Foto:Canva)

Panas atau demam pada bayi sering membuat orang tua khawatir dan bingung. Apalagi jika bayi masih berusia di bawah 6 bulan, yang belum bisa diberikan obat penurun panas.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menurunkan panas pada bayi tanpa obat?

Cara Cepat Menurunkan Panas pada Bayi Tanpa Obat

Berikut ini adalah beberapa cara cepat menurunkan panas pada bayi tanpa obat yang bisa Bunda coba di rumah:

1. Mengompres Bayi dengan Air Hangat

Cara Cepat Menurunkan Panas pada Bayi Tanpa Obat
Ilustrasi Mengompres Bayi (Foto:Canva)

Mengompres Bayi dengan Air Hangat merupakan Salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk menurunkan panas pada bayi tanpa obat.

Bunda bisa menggunakan air hangat atau suam-suam kuku untuk merendam handuk kecil atau kain bersih, lalu peras dan letakkan di dahi, leher, ketiak, atau selangkangan bayi.

Ulangi proses ini sampai suhu tubuh bayi turun. Hindari menggunakan air dingin atau alkohol, karena bisa membuat bayi menggigil dan suhu tubuhnya malah naik.

2. Memberikan Asupan ASI yang Cukup

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, terutama saat bayi demam. ASI mengandung zat-zat yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi pada bayi.

Selain itu, ASI juga bisa menjaga kelembapan dan hidrasi tubuh bayi, yang penting untuk mencegah dehidrasi akibat demam. Berikan ASI sesering mungkin kepada bayi, dan pastikan bayi minum dengan baik.

3. Memberikan Makanan Hangat pada Bayi

Jika bayi Bunda sudah mulai makan makanan pendamping ASI (MPASI), Bunda bisa memberikan makanan hangat yang lembut dan mudah dicerna, seperti bubur, sup, atau pisang.

Makanan hangat bisa membantu menenangkan tenggorokan yang sakit akibat demam, serta memberikan energi dan nutrisi bagi tubuh bayi.

Hindari memberikan makanan yang terlalu manis, asin, pedas, atau berminyak, karena bisa memperparah gejala demam.

4. Memandikan Bayi dengan Air Hangat

Memandikan Bayi dengan Air Hangat
Ilustrasi Memandikan Bayi dengan Air Hangat (Foto:Canva)

Memandikan bayi dengan air hangat juga bisa menjadi cara cepat menurunkan panas pada bayi tanpa obat. Air hangat bisa membantu merelaksasi otot-otot yang tegang akibat demam, serta meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Mandikan bayi dengan air hangat selama 10-15 menit, dan usap tubuhnya dengan lembut menggunakan handuk bersih. Jangan memandikan bayi dengan air dingin atau es, karena bisa menyebabkan syok hipotermia.

5. Kenakan Pakaian yang Nyaman pada Bayi

Pakaian yang nyaman adalah pakaian yang longgar, tipis, dan menyerap keringat. Pakaian seperti ini bisa membantu mengeluarkan panas tubuh berlebih dari kulit bayi, serta mencegah iritasi atau ruam akibat demam.

Jangan memakaikan pakaian yang terlalu tebal, ketat, atau berbahan sintetis pada bayi Anda. Jika ingin memberikan selimut, pilihlah selimut yang tipis dan ringan.

6. Menjaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk

Suhu ruangan yang sejuk dan nyaman bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak dan pulih lebih cepat dari demam.

Bunda bisa menggunakan pendingin ruangan (AC) atau kipas angin untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk, tetapi jangan terlalu dingin. Pastikan juga ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik dan bebas dari debu atau asap rokok.

7. Pastikan Bayi Beristirahat dengan Cukup

Istirahat adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat penyembuhan dari demam. Saat bayi istirahat, tubuhnya bisa fokus untuk melawan infeksi dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Biarkan bayi tidur sesuai kebutuhannya, dan jangan memaksakan bayi untuk bermain atau beraktivitas. Anda juga bisa menggendong bayi dengan posisi kanguru, yaitu menempelkan dada bayi ke dada Bunda, untuk memberikan rasa nyaman dan aman pada bayi.

8. Konsultasikan dengan Dokter

Jika cara-cara di atas tidak berhasil menurunkan panas pada bayi, atau jika bayi menunjukkan gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti kejang, lemas, muntah, diare, nafas pendek, atau ruam merah, segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jangan memberikan obat penurun panas tanpa resep dokter, karena bisa berbahaya bagi kesehatan bayi.

Demikianlah beberapa cara cepat menurunkan panas pada bayi tanpa obat yang bisa Bunda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan sehat selalu!

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait