Berapa Lama Bayi Demam Saat Tumbuh Gigi? Ini Penjelasan Dokter!

Apakah bayi tumbuh gigi demam berapa hari/source/source: Teeth talk Girl

Bunda mungkin sering bertanya berapa lama bayi demam saat tumbuh gigi, Pasalnya demam akan membuat bayi merasa terganggu dan tidak nyaman

Tumbuh gigi adalah proses alami yang dialami oleh bayi sejak usia 6 bulan hingga 3 tahun. Namun, proses ini seringkali menimbulkan keluhan pada bayi, seperti gusi bengkak, nyeri, kemerahan, dan demam.

Mengapa Bayi Demam Saat Tumbuh Gigi

Demam tumbuh gigi biasanya terjadi karena adanya peradangan pada gusi akibat tekanan gigi yang menembus permukaan gusi. Demam juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang masuk melalui luka kecil di gusi.

Berapa Lama Demam Biasanya Berlangsung?

Apakah bayi tumbuh gigi demam berapa hari
Apakah bayi tumbuh gigi demam berapa hari/source: The citizen

Secara umum, demam yang terkait dengan tumbuh gigi bersifat sementara. Bunda tidak perlu panik jika bayi mengalami demam selama beberapa hari.

Umumnya, demam ini hanya berlangsung selama fase puncak pertumbuhan gigi dan akan mereda begitu gigi mulai muncul di permukaan gusi.

Penting untuk dicatat bahwa demam saat tumbuh gigi biasanya bersifat ringan dan tidak mencapai suhu yang tinggi.

Jika demam berlangsung lebih dari beberapa hari atau suhu tubuh meningkat secara signifikan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penilaian lebih lanjut.

Gejala Lain yang Mungkin Menyertai Tumbuh Gigi

Bayi juga dapat menunjukkan gejala lain saat tumbuh gigi. Ini termasuk gusi yang bengkak, kemerahan, dan kelembutan.

Bayi mungkin juga lebih rewel, sulit tidur, dan cenderung menggigit atau mengunyah objek untuk meredakan rasa tidak nyaman pada gusi.

Cara Mengobati Demam Pada Bayi Saat Tumbuh Gigi

Apakah bayi tumbuh gigi demam berapa hari
Apakah bayi tumbuh gigi demam berapa hari/source: Pampers

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk membantu Bunda mengatasi demam yang terkait dengan tumbuh gigi, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

  • Berikan Obat Pereda Sakit yang Aman untuk Bayi: Konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan obat apa pun, tetapi beberapa bayi dapat merasa lebih baik setelah diberikan obat pereda sakit yang disetujui oleh dokter.
  • Gunakan Gigitan Dingin: Berikan mainan gigitan yang bisa didinginkan di lemari es. Ini dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman pada gusi bayi.
  • Pelukan dan Kasih Sayang: Kadang-kadang, yang terbaik yang bisa Bunda lakukan adalah memberikan pelukan dan kasih sayang ekstra pada bayi. Ini tidak hanya dapat memberikan kenyamanan fisik tetapi juga kenyamanan emosional.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Meskipun demam saat tumbuh gigi umumnya bersifat normal, ada situasi di mana Bunda sebaiknya mencari bantuan medis.

Jika demam berlangsung lebih dari beberapa hari, disertai dengan gejala yang merisaukan, atau jika bayi menolak untuk makan atau minum, segera hubungi dokter.

Peran Nutrisi dan Perawatan Gigi yang Benar

Terakhir yang cukup penting saat bayi demam karena tumbuh gigi yaitu memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup selama fase pertumbuhan gigi. Makanan yang sesuai usia, seperti makanan halus dan sehat, dapat membantu dalam proses ini.

Selain itu, mulailah merawat gigi bayi sejak dini dengan membersihkan gusi menggunakan kain lembut dan memberikan mainan gigitan yang sesuai usia.

Demam yang mungkin terjadi selama proses ini adalah bagian dari respons tubuh bayi terhadap perubahan pada gusi. Dengan memberikan perawatan dan kasih sayang ekstra, Bunda dapat membantu bayi melewati masa ini dengan lebih nyaman.

Ingatlah, setiap bayi adalah unik, dan tidak semua bayi akan mengalami demam saat tumbuh gigi. Jika Bunda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan lebih lanjut, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hobi Menulis, Berkarya dan Bermanfaat untuk Dunia

Artikel Terkait