Terbaru, Syarat Masuk SD Negeri Tahun Ajaran 2023/2024

Ilustrasi Sedang belajar, Sekolah, Di luar ruangan Foto: Pixabay

Hai bunda, bagaimana perkembangan buah hati yang semakin hari semakin menggemaskan?. Tentunya makin lincar dan pintar bukan? Yuk simak artikel ini bunda untuk tahu syarat masuk sd negeri untuk buah hati kesanyangan bunda.

Tentunya bunda bingung ketika buah hati bunda yang sudah waktunya masuk sekolah dasar dan bunda tidak tahu apa saja syarat untuk hal itu. Terlebih lagi sudah waktunya tahun ajaran baru akan berlangsung bunda, waktunya sudah mepet bunda jangan sampai ketinggalan ya.

Untuk bunda yang ingin anaknya masuk sd dan mendaptarkannya tahun ini, bunda wajib tahu ya apa saja syarat masuk sd negeri 2023/2024. Simak artikel ini sampai akhir untuk tahu syarat masuk sd negeri untuk buah hati kesayangan bunda.

Syarat Masuk SD Negeri 2023/2024

Bunda syarat masuk sd negeri 2023/2024 pada artikel ini telah ditetapkan oleh Permendikbud dalam Nomor 1 Tahun 2023 mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Jadi, bunda jangan khawatir dan takut buah hati bunda tidak bisa mendaftar untuk masuk sd negeri tahun ini.

Dan berdasarkan peraturan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2023 mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah memuat beberapa hal, salah satunya mengenai usia masuk peserta didik, jalur pendaftaran dan juga tahapan pelaksanaan PPDB.

Sudah penasaran belum bunda apa saja syarat masuk sd negeri untuk buah hati kesayangan bunda? berikut informasi yang wajib bunda tahu syarat masuk sd negeri lengkap berikut ini:

1. Usia peserta didik

Buah hati kesayangan bunda yang ingin masuk sd negeri tahun ini dan dimulai dari kelas 1 diutamakan berusia 7 tahun atau paling rendah per 1 Juni tahun berjalan ya bunda.

Dan syarat masuk sd negeri yang pertama ini mengenai usia peserta didik yang diutamakan berusia 7 tahun atau paling rendah per 1 Juni tahun berjalanjuga harus bunda buktikan dengan akta kelahiran buah hati kesayangan atau bisa juga dengan surat keterangan lahir.

2. Pengecualian usia peserta didik

Nah bunda jangan bersedih terlebih dahulu jika usia buah hati bunda tidak memenuhi syarat masuk sd negeri tahun ini. Ada pengecualian nih untuk buah hati kesayagan bunda yang berusia paling rendah 5 tahun 6 bulan per 1 Juli tahun berjalan.

Namun, peserta didik baru yang berusia paling rendah 5 tahun 6 bulan per 1 Juli tahun berjalan diutamakan mempunyai kecerdasan lebih atau peserta didik baru memiliki bakat istimewa dan kesiapan psikis ya bunda.

Dan untuk pengecualian tersebut wajib bunda buktikan dengan rekomendasi profesional atau dewan guru sekolah yang bersangkutan ya bunda.

3. Pengecualian usia peserta didik penyandang disabilitas

Bunda kita sudah sampai dengan syarat masuk sd negeri 2023/2024 yang terakhir, yaitu pengecualian usia peserta didik dengan penyandang disabilitas yang tentunya memiliki kesempatan sama besar dengan anak-anak laiinya bunda.

Pengecualian usia peserta didik dengan penyandang disabilitas ini diselenggarakan oleh sekolah pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus dan berada di daerah 3T yang memiliki arti terdepan, terpencil dan tertinggal.

Nah itu tadi bunda 3 syarat masuk sd negeri 2023/2024 yang wajib bunda tahu. Setelah membaca artikel ini tentu saja tidak ada alasan lagi untuk buah hati kesayangan bunda tidak sekolah ya.

Semua syarat yang tertera sudah sangat dipermudah dan diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2023 mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Semoga dengan artikel ini yang mengenai syarat masuk sd negeri 2023/2024 berguna dan bermanfaat untuk bunda-bunda. Terima kasih bunda sudah membaca artikel ini sampai selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait