Telapak Kaki Sakit Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Telapak Kaki Ibu Hamil Sakit/Foto:Canva

Tidak jarang ibu yang sedang hamil mengalami telapak kaki yang sakit. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi telapak kaki sakit saat hamil.

Telapak kaki sakit saat hamil tentunya membuat bunda tidak nyaman. Maka dari itu sangat perlu bunda tahu cara mengatasi dan penyebab telapak kaki sakit saat hamil ini.

Tentunya seperti yang diketahui bunda, bahwa ketika hamil akan mengalami banyak perubahan. Salah satunya yaitu telapak kaki sakit saat hamil.

Bunda yang mengalami telapak kaki sakit saat hamil akan susah atau kesulitan untuk berjalan, berdiri bahkan juga menekannya terlalu lama akan terasa sakit.

Maka dari itu, bunda harus tahu cara mengatasinya dan apa penyebabnya. Berikut ini penyebab telapak kaki sakit saat hamil beserta cara mengatasinya.

Penyebab Telapak Kaki Sakit Saat Hamil

Telapak Kaki Sakit Saat Hamil
Ilustrasi kaki wanita Foto: canva

Ketika hamil memang akan menyebabkan perubahan fisik yang cukup banyak pada sang ibu. Karena seiring dengan perkembangannya sang buah hati di dalam kandungan semakin banyak juga perubahan yang akan dialami oleh ibu hamil.

Perubahan yang dialami oleh ibu hamil ini merupakan suatu hal yang sangat wajar bunda. Tapi, banyak juga perubahan yang terkadang membuat sang ibu tidak nyaman dan mengalami kesulitan beraktivitas.

Salah satu perubahan yang membuat sang ibu tidak nyaman dan sulit beraktivitas adalah terjadinya telapak kaki yang sakit. Dan rasa sakit pada telapak kaki sang ibu hamil ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Secara umum penyebab telapak kaki sakit saat hamil ini yaitu bisa berupa menambahnya berat badan bunda secara alami yang akan memberikan tekanan pada kaki dan ligamen di dekat lengkungan kaki. Hal inilah yang menyebabkan telapak kaki bunda yang sedang hamil terasa sakit.

Selain itu terdapat juga penyebab yang secara umum telapak kaki sakit saat hamil bisa berupa seperti pusat gravitasi pada tubuh bergeser akibat berat bayi yang semakin tumbuh, kemudian juga gaya berjalan yang lebih lebar karena beban ekstra yang bisa meregangkan otot kaki.

Tidak hanya itu saja penyebab secara umum yang dialami ibu hamil, bisa juga volume darah lebih meningkat yang bisa menyebabkan kram pada telapak kaki, dan juga sepatu yang terlalu ketat atau ukuran yang salah bisa menyebabkan nyeri pada telapak kaki.

Selain penyebab telapak kaki sakit saat hamil secara umum terdapat juga penyebab lainnya. Terdapat juga beberapa kondisi yang menyebabkan telapak kaki sakit saat hamil diantaranya adalah edema dan 0ver-pronation.

Itulah tadi bunda penyebab telapak kaki sakit saat hamil yang wajib diketahui. Semoga dengan ada informasi ini bunda akan lebih bijak lagi mengatasi rasa sakit pada telapak kaki. 

Oleh sebab itu bunda harus tahu cara mengatasi telapak kaki sakit saat hamil. Berikut cara mengatasi telapak kaki sakit saat hamil.

Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit Saat Hamil

Setelah bunda tahu penyebab telapak kaki sakit saat hamil, wajib tahu juga untuk cara mengatasi telapak kaki sakit saat hamil. Berikut ini cara mengatasi telapak kaki sakit saat hamil:

  1. Telapak kaki yang sakit sebaiknya dikompres dengan air hangat
  2. Cobalah bunda beristirahat dengan cukup 7 sampai 9 jam setiap harinya
  3. Hindari juga berdiri lama
  4. Bunda juga wajib menghindari aktivitas fisik berlebihan
  5. Bisa juga dengan cara mengkonsumsi obat  anti nyeri yang tentunya harus aman bagi ibu hamil
  6. Wajib juga untuk membatasi gerakan yang berlebihan pada kaki yang terasa sakit 
  7. Hindari juga untuk  menggunakan sepatu berhak tinggi atau yang terlalu sempit

Itu tadi bunda 7 cara mengatasi telapak kaki sakit saat hamil. Jika rasa sakit yang dialami cukup berat dan mengganggu aktivitas sehari-hari bunda sebaiknya temui dokter agar bisadiperiksa dan memberikan penanganan yang lebih lanjut.

Semoga dengan adanya informasi mengenai penyebab telapak kaki sakit saat hamil beserta cara mengatasinya bisa mermanfaat. Diharapkan juga dengan adanya informasi ini bisa membantu bunda dan sang buah hati. Terima kasih sudah membaca sampai selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait