Tabel Kebutuhan ASI Bayi Berdasarkan Usia yang Perlu Bunda Ketahui

Ilustrasi Ibu Menyusui/Foto:Canva

Bayi baru lahir sangat membutuhkan asupan nutrisi ASI yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sebagai seorang ibu baru, Bunda harus tahu tabel kebutuhan ASI bayi berdasarkan usia, Agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Tabel Kebutuhan ASI Bayi Berdasarkan Usia

Selain bisa dilihat dari ukuran lambung, kebutuhan ASI bayi juga bisa dilihat berdasarkan usianya. Kebutuhan ASI bayi baru lahir bisa berubah hanya dalam hitungan hari saja.

tabel kebutuhan ASI Bayi

Kebutuhan ASI bayi ini terus meningkat hingga usianya mencapai 9 atau 10 bulan, atau ketika si Kecil sudah mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI).  Berikut kebutuhan tabel kebutuhan ASI bayi dilihat dari usianya.

1. Kebutuhan ASI Bayi pada Usia 1 Hari

Bayi yang baru lahir membutuhkan ASI sebanyak 5 hingga 7 ml saja. Pada usia ini, ukuran lambung bayi masih sebesar kelereng. Dengan memberikan kurang lebih satu sendok teh ASI, bayi sudah dapat merasa kenyang. Namun, karena perutnya masih kecil, bayi juga mudah merasa lapar. Oleh karena itu, sebaiknya ibu menyusui bayinya sebanyak 8-12 kali dalam sehari.

2. Kebutuhan ASI Bayi pada Usia 3-5 Hari

Pada usia 3-5 hari, kebutuhan ASI bayi mulai meningkat menjadi 22-27 ml per sesi menyusui. Bayi juga masih membutuhkan ASI setiap dua atau tiga jam sekali. Jika bayi menunjukkan tanda-tanda lapar sebelum jadwal menyusui berikutnya, Bunda tetap perlu memberikan ASI sesuai dengan kebutuhannya.

3. Kebutuhan ASI Bayi pada Usia 10-14 Hari

Saat bayi mencapai usia 10 hari, kebutuhan ASI meningkat sekitar tiga kali lipat, menjadi antara 60 hingga 85 ml setiap sesi menyusui. Karena ukuran lambungnya masih kecil, bayi juga akan sering merasa lapar.

4. Kebutuhan ASI Bayi pada Usia 1-4 Bulan

Sebelum bayi mencapai usia 6 bulan, ASI dari ibu masih menjadi kebutuhan utama bagi bayi. Pada usia 1-4 bulan, perkiraan kebutuhan ASI bayi berkisar antara 120 hingga 180 ml setiap sesi menyusui. Frekuensi menyusui juga sedikit berkurang dibandingkan saat bayi masih baru lahir, yaitu sekitar 3-4 jam sekali.

Sebelum bayi berusia 3 bulan, ketika Bunda mulai kembali bekerja setelah cuti melahirkan, sebaiknya Bunda menyiapkan stok ASI perah untuk diberikan kepada bayi saat Bunda belum pulang.

5. Kebutuhan ASI Bayi pada Usia 5-6 Bulan

Pada usia 5-6 bulan, bayi biasanya sudah mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Pada periode ini, bayi membutuhkan maksimal 240 ml ASI setiap sesi menyusui.

Frekuensi menyusui juga berkurang menjadi sekitar 4-5 jam sekali. Pastikan untuk tidak memberikan ASI kepada bayi menjelang jam makan agar bayi tidak merasa kenyang terlebih dahulu dan menolak makanan.

6. Kebutuhan ASI Bayi pada Usia 7-9 Bulan

Pada usia 7 bulan, kebutuhan ASI bayi semakin menurun. Biasanya, bayi hanya membutuhkan sekitar 600 ml ASI per hari. Pada usia 7-9 bulan, bayi sudah mulai belajar makan makanan padat. Selain memberikan makanan berat, Bunda juga perlu memberikan camilan di antara waktu makan.

7. Kebutuhan ASI Bayi pada Usia 10-12 Bulan

Pada usia 10 bulan, bayi biasanya sudah mulai belajar makan nasi tim. Pada periode ini, kebutuhan ASI bayi semakin berkurang. Jika sebelumnya bayi membutuhkan 600 ml ASI per hari, pada usia 10-12 bulan, bayi hanya membutuhkan 400 ml ASI per hari.

8. Kebutuhan ASI Bayi pada Usia 13-24 Bulan

Pada usia 13 bulan, bayi umumnya mulai mengonsumsi makanan keluarga. Ragam makanannya pun semakin beragam. Selain itu, bayi juga sudah dapat minum susu sapi, seperti susu UHT. Pada usia 13 bulan hingga saatnya menyapih, kebutuhan ASI bayi hanya sekitar 350 hingga 400 ml per hari. Pada usia ini, biasanya bayi hanya menyusu pada malam hari atau sebelum tidur.

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, dan kebutuhan ASI bayi berbeda-beda tergantung pada usianya. Pada beberapa hari pertama setelah kelahiran, bayi membutuhkan jumlah ASI yang relatif sedikit. Namun, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan, kebutuhan ASI akan meningkat.

Pada usia 6 bulan, ASI dapat diperkaya dengan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Dalam setahun pertama kehidupan, kebutuhan ASI bayi secara bertahap akan berkurang seiring dengan pengenalan makanan keluarga.

Nah, Itulah Tabel kebutuhan ASI Bayi berdasarkan usia yang perlu bunda ketahui, Agar asupan nutrisnya tetap terjaga, Semoga bermanfaat

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait