7 Resep MPASI 8 Bulan Penambah Berat Badan Si Kecil

Ilustrasi MPASI Foto: canva

Memiliki bayi kecil yang memiliki usia di atas 6 bulan pasti butuh MPASI. Berikut 7 resep MPASI 8 bulan penambah berat badan untuk sang buah hati.

MPASI atau makanan pendamping ASI bisa membantu bunda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati.

Untuk pemberian ASI sendiri harus bisa yang meningkatkan nafsu makan sang buah hati. Dan untuk bayi berusia 8 bulan sudah bisa menelan dan mengunyah makanan.

Maka dari itu, bunda harus bisa membuat MPASI yang sesuai. Bunda juga bisa cari tahu apa saja menu MPASI 6 bulan pertama, enak dan bergizi. Tapi kali ini akan tersedia 7 resep MPASI 8 bulan penambah berat badan, baca berikut ini.

Resep MPASI 8 bulan penambah berat badan

resep MPASI 8 bulan penambah berat badan
Ilustrasi MPASI Foto: canva

1. Sup Ikan Tilapia

Untuk resep MPASI 8 bulan penambah berat badan yang pertama adalah sup ikan tilapia. Bahan-bahan untuk membuat sup ini adalah 40 gr ikan tilapia (nila) fillet, 1 sdm wortel, 1 kuntum kecil, brokoli, 2 siung bawang putih, haluskan, 1 ruas kecil jahe, haluskan, minyak zaitun dan 200 ml air.

Dan cara membuatnya adalah dengan cara panaskan minyak dan tumis bumbu halus, tambahkan air dan tunggu sampai mendidih, masukan ikan dan sayur, masak hingga matang dan terakhir sajikan dengan bubur nasi

2. Tim Merah Halus Hati Ayam

Resep MPASI 8 bulan penambah berat badan yang kedua adalah tim merah halus hati ayam. Untuk resep-resepnya adalah 50 gram tepung beras merah, 50 gram hati ayam yang sudah dihaluskan, 25 gram bayam merah, rebus dan haluskan, 1 sdt margarin dan siapkan juga 50 ml air.

Kemudian cara membuatnya adalah dengan cara semua bahan di campurkan ke dalam mangkuk tahan panas berikutnya kukus hingga matang dan sajikan selagi hangat ya.

3. Nasi Tim Salmon

Dan resep MPASI 8 bulan penambah berat badan yang ketiga adalah nasi tim salmon. Untuk bahannya adalah nasi, salmon 6 potong kecil, wortel parut, bawang merah, bawang putih daun jeruk dan yang terakhir kaldu jamur.

Cara membuatnya adalah dengan masukkan nasi ke dalam wadah tahan panas, tambahkan air secukupnya, kukus hingga air meresap, panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih, tambahkan salmon dan daun jeruk lalu tumis hingga matang, kemudian beri parutan wortel dan masukkan kaldu jamur secukupnya dan masak hingga matang.

4. Puree Jagung Manis Tahu Telur

Resep MPASI 8 bulan penambah berat badan yang keempat adalah puree jagung manis tahu telur. Untuk bahannya berupa: jagung manis pipil, tahu putih dan juga bawang putih.

Dan cara membuatnya rebus telur sampai matang, kupas dan sisihkan, kukus jagung manis pipil dan tahu, tumis bawang putih dan campurkan jagung manis, tahu, dan telur, dan blender hingga halus, saring, dan sajikan.

5. Bubur Kentang dan Salmon

Bahan-bahan membuatnya berupa 100 gr kentang, kupas dan kukus, 50 gr salmon, 1 ikat bayam, keju parut secukupnya, 1 sdm mentega tawar dan juga 100 ml susu cair.

Cara membuat pertama haluskan kentang kukus kemudian letakkan ke dalam panci, tuang susu cair, masak dengan api kecil hingga mengental, panggang salmon dengan mentega tawar hingga matang, lalu suwir-suwir kecil, tuang kentang ke dalam wadah, taburkan suwiran salmon dan keju parut dan juga bubur kentang salmon siap disantap.

6. Ubi Ayam

Membuat ubi ayam bisa menggunakan bahan-bahan: 1 sdm minyak zaitun, 50 g bawang merah, cincang halus, 300 g ubi, kupas dan potong dadu, 125 ml kaldu ayam dan 100 g fillet dada ayam, potong dadu.

Ubi ayam ini bisa dibuat dengan cara panaskan minyak zaitun pada teflon, tumis bawang merah hingga harum, tuangkan kaldu ayam, masak hingga warnanya berubah kecokelatan kurang lebih sekitar 5 menit, masukan ubi dan ayam, rebus selama 12 hingga 15 menit, setelah dirasa lunak, matikan kompor kemudian terakhir haluskan hingga mencapai tekstur yang sesuai dengan bayi.

7. Nasi Tim Daging Cincang dan Sayuran

Resep MPASI 8 bulan penambah berat badan yang terakhir adalah nasi tim daging cincang dan sayuran. Dengan bahan-bahan 100 gram beras putih, 50 gram daging sapi cincang, 1 ikat sawi sendok, cincang halus, 1 siung bawang putih, cincang halus dan juga 1 sdm mentega tawar.

Cara membuatnya adalah rebus beras putih dengan air hingga lembut dengan api kecil, aduk-aduk agar tidak hangus, tumis daging sapi dengan mentega tawar, bawang cincang, dan sawi cincang, setelah beras mulai lembek, campurkan tumisan daging lalu aduk rata sesuaikan tekstur kemudian tuang dalam wadah, sajikan selagi hangat.

Itu tadi bunda 7 resep MPASI 8 bulan penambah berat badan sang buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat untuk bunda dan sang buah hati. Terima kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait