Berbagai Gangguan Kesehatan Mengintai Si Kecil Dari Botol Susu Bayi Tidak Steril 

Hasto Wardoyo selaku Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberi arahan kepada ibu untuk berhati-hati dalam menggunakan botol susu bayi.

Pasalnya, botol susu yang tidak steril bisa jadi sarang bakteri hingga sebabkan bayi alami diare.

“Banyak orang tua yang pakai botol susu atau susu formula yang akhirnya anaknya terkena gejal diare. Kenapa diare? Bukan karena susunya,  namun karena botolnya tidak steril”.

“Jadi bekas susu yang tersisa di dalam botol menjadi sarang bakteri, kalau botol tidak betul-betul disteril,” tegas Hasto yang ditemui di Jakarta pada Kamis 8-2-2024.

Cegah Virus dan Bakteri Botol Susu Bayi Harus Steril Sebelum digunakan

Botol Susu Bayi Tidak Steril 

Botol susu memang jadi salah satu alternatif untuk memberikan susu ke si kecil yang masih bayi. Selain praktis, botol susu juga bisa jadi stimulan untuk mulut bayi agar merasakan sensasi menyusu seperti saat menyusu ibu.

Namun, sesuai dengan pernyataan kepala BKKBN, botol susu bisa jadi sarang penyakit yang sebabkan anak alami gangguan kesehatan salah satunya diare.

Selain diare, botol susu tak streil juga bisa sebabkan gangguan keracunan, mual dan muntah karena adanya bakteri yang masuk ke mulut bayi.

Bahkan, endapan susu yang tidak segera dibersihkan dan terlalu lama menempel di botol bayi juga bisa sebabkan infeksi virus seperti Hepatitis A dan Rotavirus.

Dimana kedua virus ini dapat menyebabkan infeksi pada bagian hati hingga sebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Oleh karena itu, penting bagi bunda untuk menjaga kebersihan botol susu bayi baik sebelum maupun setelah digunakan.

Prosedur Sterilisasi Botol Susu Bayi

Botol Susu Bayi Tidak Steril 

Meskipun sudah terlihat bersih, namun botol susu bayi juga perlu proses sterilisasi agar dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalamnya. Untuk prosedur sterilisasinya, bunda bisa ikuti langkah di bawah ini:

1. Menggunakan Microwave

Sebelum proses sterilisasi, pastikan microwave yang akan bunda gunakan bersih ya. Setelah itu, isi botol susu dengan setengan air bersih lalu masukkan ke dalam microwave.

Semetara untuk cincin, dot dan aksesori lainnya bisa bunda taruh dalam mangkuk yang berisi air dan usahakan sampai semua terendam.

Setelah itu, atur suhu dan tunggu hingga proses selesai. Keluarkan botol susu dari microwave dan tunggu hingga dingin.

2. Sterilisasi Dengan Rebusan Air

Cara ini juga bisa bunda lakukan untuk menghilangkan kuman dan bakteri pada botol susu bayi secara lebih efektif.

Langkah pertama yang bisa bunda lakukan adalah isi panci dengan air lalu rendam botol dan semua aksesorisnya.

Masak botol dalam api kecil sampai panas namun tidak sampai mendidih 100%. Tunggu hingga dingin dan kering lalu gunakan untuk memberi susu si kecil.

3. Menggunakan Tablet Sterilisasi

Agar lebih praktis, bunda bisa gunakan tablet sterilisasi jika tidak ada micibaw atau air mendidih.

Cara penggunaan produk ini cukup dengan mengisi wadah hingga botol susu susu bayi terendam. Kemudian gunakan tablet sterilisasi sesuai dengan petunjuk dan tunggu hingga proses selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait