Sikat Gigi saat Puasa Batal atau Tidak, Begini Penjelasan Ulama

Ilustrasi Sikat Gigi : Foto : Canva

Puasa adalah salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan Ramadan, umat Muslim berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selama bulan puasa ini, banyak orang bertanya-tanya apakah sikat gigi saat puasa batal atau tidak? Pasalnya, Menyikat gigi saat puasa dapat membantu mengatasi bau mulut saat puasa, Nah, untuk lebih jelasnya, Dalam artikel ini, akan dibahas apakah sikat gigi saat puasa boleh atau tidak.

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

Sikat gigi selama bulan Ramadan memang menjadi perdebatan di kalangan umat Muslim. Ada yang mengatakan bahwa menyikat gigi selama puasa dapat membatalkan ibadah puasa dan ada yang mengatakan sebaliknya. Namun, menurut Mayoritas ulama, menyikat gigi saat berpuasa hukumnya mubah atau diperbolehkan selama tidak di telan atau memasukkan air ke dalam tubuh.

Mereka juga menyarankan agar sebaiknya menggunakan miswak atau sikat gigi kering. Menurut ulama, penggunaan pasta gigi juga dibolehkan selama tidak memasukkannya ke dalam mulut.

Namun, jika seseorang khawatir akan memasukkan air ke dalam tubuh selama menyikat gigi, maka sebaiknya menunda menyikat gigi atau menyesuaikan jadwal untuk menyikat gigi hingga saat berbuka puasa

Waktu yang Tepat Sikat Gigi Saat Puasa

sikat gigi saat puasa batal atau tidak
Ilustrasi Menyikat Gigi Foto : Canva

Meskipun hukumnya diperbolehkan, namun para ulama  menyarankan untuk menyikat gigi pada waktu-waktu tertentu untuk menghindari risiko batalnya puasa.

para ulama juga menyarankan agar sikat gigi saat puasa dilakukan sebelum waktu zuhur tiba. Hal ini disebabkan karena menyikat gigi setelah waktu zuhur dianggap makruh atau tidak dianjurkan karena melanggar keutamaan puasa.

Dalam konteks medis, disarankan untuk menyikat gigi sekitar satu jam setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menyikat gigi sekitar 30 menit setelah berbuka puasa, terutama jika mengonsumsi makanan atau minuman asam.

Menyikat gigi pada waktu-waktu ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mencegah munculnya masalah gigi seperti karang gigi dan bau mulut.

Nah, itulah penjelasan mengenai hukum sikat gigi saat puasa, Semoga bermanfaat.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait