Rincian Biaya Nikah Sederhana di Bawah 20 Juta, Tips Nikah Hemat

Ilustrasi pernikahan Foto: canva

Menikah merupakan impian banyak orang. Namun, terkadang biaya menjadi kendala. Berikut rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta beserta tips nikah hemat.

Rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta menjadi solusi buat kamu yang ingin segera menikah tapi terhalang dana.

Memang menikah sendiri menjadi suatu yang sakral dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Banyak kebutuhan pernikahan yang harus di penuhi, seperti biaya pelaminan, mas kawin, souvenir dan masih banyak lagi.

Terkadang kendala menikah adalah gengsi yang tinggi. Oleh karena itu, turunkanlah gengsi sesuai dengan kemampuan keuangan kamu dan pasangan. Berikut rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta beserta tips nikah hemat.

Rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta

Untuk biaya nikah yang begitu beragam tentunya akan mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Oleh karena itu, kamu wajib tahu rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta yang tentunya sesuai dengan keuangan.

1. Akad hari kerja di KUA

rincian biaya nikah sederhana
Ilustrasi menikah di KUA Foto: canva

Yang pertama dari rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta beserta tips nikah hemat adalah dengan melaksanakan akad di KUA. Melaksanakan akad pada hari kerja di KUA merupakan salah satu tips menghemat budget pernikahan. banyak pasangan yang belum tahu bahwa nikah di KUA pada hari kerja  adalah gratis.

Karena KUA tidak mau biaya untuk akad nikah pada hari kerja yang dilaksanakan pada kantor KUA. hari kerja ini meliputi Senin sampai dengan hari Jumat, sedangkan jika hari libur, tanggal merah KUA mengenakan biaya untuk akad sebesar 600.000.

Biaya nikah di KUA pada hari libur ini tidak termaksud dengan biaya penghulu. Dengan biaya penghulu, biasanya keluarga akan memberikan uang dengan jumlah dana seiklasnya.

2. Resepsi di rumah

Rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta yang kedua adalah melakukan resepsi di rumah saja. Rumah adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengadakan resepsi pernikahan, karena resepsi  yang dilaksanakan di rumah memiliki budget yang lebih murah dibandingkan di gedung.

3. Jumlah tamu

Untuk rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta ketiga adalah jumlah tamu. Dengan mengurangi jumlah tamu juga bisa membatasi jumlah budget kamu. karena dengan terbatasnya jumlah tamu bisa menekan biaya catering, cetak undangan dan juga souvenir.

4. Menunda resepsi

Dan rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta berikutnya adalah menunda resepsi. Jika kamu memilih menikah dengan budget yang sedikit atau di bawah 20 juta, mungkin rincian  biaya nikah sederhana ini bisa dengan cara menunda resepsi terlebih dahulu.

Dikarenakan juga resepsi bukanlah suatu hal yang wajib, melainkan merupakan ucapan syukur dan berbagi kebahagiaan kepada teman keluarga dan sekitarnya.

5. Tunda prewedding

Untuk rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta yang terakhir yaitu bisa menunda prewedding. Prewedding bukanlah suatu hal yang wajib ketika memutuskan untuk menikah. Prewedding sendiri bisa kamu lakukan setelah menikah bahkan ketika kamu sudah mempunyai anak Nantinya.

Itu tadi rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta beserta tips nikah hemat. Diharapkan bagi yang ingin segera menikah untuk bijak untuk memilih dan menentukan pernikahan apa yang diinginkan.

Semoga informasi mengenai rincian biaya nikah sederhana di bawah 20 juta beserta tips nikah hemat ini, bisa membantu kamu dan pasangan menentukan hal terbaik untuk pernikahan.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait