6 Rekomendasi Obat Pelancar BAB Untuk Ibu Menyusui, Aman Tanpa Mengganggu Produksi ASI

Sembelit adalah masalah pencernaan yang sering terjadi pada siapa saja termasuk busui. Agar tidak berkelanjutan, bunda perlu segera mengatasi dengan memilih rekomendasi obat pelancar BAB untuk ibu menyusui.

Namun karena berkaitan dengan ASI dan si kecil, bunda perlu hati-hati dalam memilih obat untuk melancarkan sembelit.

Dan melalui artikel ini, mamikita.com akan memberikan 10 rekomendasi obat pelancar BAB yang bisa bunda temukan di apotek terdekat.

6 Rekomendasi Obat Pelancar Bab Untuk Ibu Menyusui

Agar segera dapat teratasi, berikut rekomendasi obat pelancar BAB untuk ibu menyusui yang bisa bunda coba:

1. BISACODLY

BISACODLY

Bisacodly merupakan obat sembelit yang dapat membantu untuk melancarkan pencernaan bunda. Obat ini nantinya akan bekerja dengan cara meningkatkan gerak usus.

Jika gerak usus dalam tubuh intensitasnya naik, maka secara otomatis akan mendorong kotoran lebih mudah untuk keluar.

2. Dulcolax Bisacodly

Obat Pelancar BAB Untuk Ibu Menyusui

Dulcolax merupakan obat berbentuk tablet yang aman untuk ibu hamil maupun menyusui. Ini karena di dalam Dulcolax Bisacodly mengandung bisacodly yang tidak mempengaruhi ASI.

Efek dari Dulcolax biasanya akan timbul rasa mules pada bagian perut. Gejala ini terjadi karena obat sedang bekerja untuk menstabilkan lapisan usus sehingga memudahkan pergerakan kotoran untuk keluar.

3. Lactulose Sirup

Lactulose Sirup

Obat yang berbentuk sirop ini memiliki peran penting dalam melunakkan kotoran pada area usus besar. Hal ini dilakukan agar bunda dapat lebih mudah bab tanpa harus mengalami masalah pencernaan.

Bunda dapat meminum sirup ini baik sebelum makan atau sesudah makan ya. Untuk dosis dapat disesuaikan dengan anjuran kemasan yang tertera.

4. Dulcolactol Sirup

Obat Pelancar Bab Untuk Ibu Menyusui

Rekomendasi obat pelancar BAB untuk ibu menyusui ini tidak menimbulkan efek samping sama selali sehingga aman untuk dikonsusmi.

Obat ini dikenal dengan kandungan laktulosa yang berperan penting dalam menghancurkan kotoran dan memudahkan bab lebih lancar.

Agar lebih maksimal, bunda bisa imbangi dengan konsumsi makanan tinggi serat dan perbanyak minum air putih.

5. Laxadine Sirop

Obat Pelancar Bab Untuk Ibu Menyusui

Obat sirup yang dapat mengatasi gejala bab lainnya adalah Laxadine Sirop. Obat ini dikenal dengan 3 kandungannya yang paling mujarab yaitu phenolphtalein, paraffin cair dan glycerin.

Ketiga bahan utama ini lebih fokus untuk merangsang pergerakan usus sehingga nantinya akan memudahkan bunda ketika bab tanpa efek samping.

6. Bicolax

Obat Pelancar Bab Untuk Ibu Menyusui

Terakhir ada Bicolax yang merupakan obat pencahar paling direkomendasikan untuk atasi sembelit dan alternatif pengobataan pasca menjalankan operasi usus.

Cara kerja dari Bicolax obat ini adalah dengan merangsang bagian usus sehingga memudahkan bunda ketika bab.

Banyak sekali rekomendasi obat pelancar bab untuk ibu menyusui yang dapat bunda jadikan pilihan. Akan tetapi apapun jenisnya jangan asal minum ya. Biasakan untuk selalu memperhatikan dosis dan aturan yang telah tercantum pada kemasan.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait