Gigi Anak Hitam dan Berlubang, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gigi anak hitam dan berlubang merupakan masalah yang umum yang sering terjadi. Hal ini disebabkan karena enamel pada gigi susu anak lebih tipis daripada gigi orang dewasa, sehingga membuat gigi anak lebih rentan mengalami kerusakan.

Di samping itu, kesadaran anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya masih rendah, sehingga memperbesar risiko gigi berlubang. Untuk itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi gigi anak hitam dan berlubang

Penyebab Gigi Anak Hitam dan Berlubang

Gigi anak hitam dan berlubang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di dalam mulut mereka. Bakteri ini secara alami berkembang biak dan membentuk plak pada permukaan gigi. Namun secara umum, penyebab gigi berlubang pada anak dipicu oleh banyak faktor berikut diantaranya

  • Tidak menyikat gigi secara rutin
  • Kebiasaan makan makanan manis.
  • Kurang minum air putih
  • Kebiasaan minum susu botol hingga tertidur
  • Kekurangan Fluoride

Cara Mengatasi Gigi Anak Hitam dan Berlubang

mengatasi Gigi Anak Hitam dan Berlubang
Mengatasi Gigi Anak Hitam dan Berlubang Foto : Canva

Gigi anak hitam dan berlubang dapat menjadi masalah yang mengganggu kesehatan gigi dan mulutnya. Selain itu, gigi hitam dan berlubang juga bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mengatasi gigi berlubang pada anak.

Berikut ini adalah beberapa perawatan dan tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gigi hitam dan berlubang pada anak.

1. Tambal Gigi Anak Berlubang

Tambal gigi adalah salah satu cara mengatasi gigi hitam dan berlubang pada anak yang umum dilakukan. Prosedur ini dilakukan dengan menutup lubang pada gigi menggunakan bahan tambal yang sesuai dengan kondisi gigi Si Kecil.

Dalam perawatan gigi berlubang pada anak, dokter gigi akan mengisi lubang gigi menggunakan resin komposit atau semen ionomer kaca (GIC). Setelah dilakukan tambal gigi, anak dapat menggunakan kembali giginya untuk menggigit atau mengunyah makanan.

2. Pembuatan Crown Gigi Anak Berlubang

Jika gigi anak berlubang sudah sangat parah, maka dokter gigi akan melakukan prosedur pembuatan crown gigi. Crown atau mahkota gigi palsu akan dipasang di atas gigi yang rusak. Pada umumnya, gigi yang rusak akan dikikis, dan disisakan sebagian untuk dapat dijadikan sebagai tumpuan.

3. Cabut Gigi

Tindakan cabut gigi hanya dilakukan apabila kerusakan gigi sudah sangat parah dan tak bisa diperbaiki lagi. Namun, perlu diingat bahwa gigi permanen anak tetap bisa tumbuh dengan baik setelah gigi yang rusak dicabut.

Cara Mencegah Gigi Anak Hitam dan Berlubang

mencegah Gigi Anak Hitam dan Berlubang
Ilustrasi Mencegah Gigi Anak Hitam dan Berlubang Foto : Canva

Untuk mencegah gigi anak hitam dan berlubang perawatan gigi dan mulut yang baik sangat penting dilakukan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak

1. Menyikat Gigi dengan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Menyikat gigi secara teratur adalah cara paling dasar untuk mencegah gigi berlubang pada anak. Pastikan si kecil menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, terutama sebelum tidur malam. Selain itu, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu memperkuat enamel gigi anak.

2. Batasi Asupan Gula yang Dikonsumsi Anak

Makanan atau minuman yang mengandung gula dapat merusak gigi anak dan memicu kerusakan gigi. Oleh karena itu, batasi asupan gula yang dikonsumsi anak. Sebagai gantinya, Mams bisa memberikan camilan sehat seperti buah-buahan atau sayuran.

3. Melakukan Flossing untuk Membersihkan Gigi

Selain menyikat gigi, Mams juga dapat melakukan flossing atau membersihkan celah-celah gigi anak dengan benang gigi. Hal ini dapat membantu menghilangkan sisa makanan dan plak pada gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

4. Minum Air Putih dengan Cukup

Air putih adalah minuman yang sangat baik untuk gigi anak. Air putih dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri pada gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Pastikan si kecil minum cukup air putih setiap hari.

5. Memeriksakan Gigi ke Dokter Gigi Minimal 6 Bulan Sekali

Periksakan gigi anak ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun, atau minimal 6 bulan sekali. Hal ini dapat membantu mendeteksi masalah gigi sedini mungkin dan mencegah masalah gigi yang lebih serius di masa depan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Mams dapat mengatasi gigi hitam dan berlubang pada anak dengan mudah dan sederhana. Selain itu, Mams juga harus mengajarkan si kecil kebiasaan baik untuk merawat gigi mereka sejak dini. Ingatlah, gigi yang sehat adalah kunci untuk kebahagiaan dan kesehatan anak di masa depan. Semoga bermanfaat.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait