7 Mitos Seputar Bayi, Orang Tua Wajib Tahu Kebenaranya!

Ilustrasi Mitos Seputar Bayi Foto : Shutterstock

Merawat bayi memang susah-susah gampang, Apalagi bayi baru lahir dan itu merupakan anak pertama yang hadir di keluarga, Pasalnya, Masih banyak orang di sekitaran kita yang sering mencampur adukkan antara mitos dan fakta saat merawat bayi,

Bagi Mams yang baru pertama kali memiliki momongan, tentu hal ini akan banyak memunculkan kekhawatiran soal cara merawat bayi. Takut salah, takut menyakiti si kecil, dan ketakutan lainnya. Namun Mams tidak boleh langsung percaya dengan mitos ya.  Nah Supaya nggak ikut pada kepercayaan yang salah, yuk mams simak fakta dan mitos bayi berikut ini.

1. Menginjak Rumput Agar Bayi Cepat Berjalan

Bayi Menginjak Rumput
Ilustrasi Bayi Menginjak Rumput Foto : Shutterstock

Banyak orang yang mengatakan atau mungkin mams pernah mendengar bahwa “Agar anak ingin cepat berjalan harus diajak menginjak rumput” sebenarnya mitos ini salah ya mams,

Faktanya mungkin hal ini dikaitkan dengan saran agar bayi berjalan tanpa alas kaki
Karena agar bayi bisa menerima informasi sensorik penting melalui telapak kaki mereka ketika menyentuh tanah, Sekaligus melatih kekuatan otot-otot kaki mereka

2. Bedong Agar Kaki Bayi Tidak Bengkok

Membedong Bayi
Ilustrasi Membedong Bayi Foto : Shutterstock

Membedong bayi sekuat mungkin tidak ada hubungannya sama sekali untuk meluruskan kaki bayi. Semua kaki bayi memang bengkok pada masa awal kelahiranya. Hal ini berkaitan dengan posisi bayi yang meringkuk di dalam rahim.

Nanti, dengan semakin kuatnya tulang bayi dan kian besarnya keinginan untuk bisa berjalan, kaki anak akan lempeng sendiri. Perkembangan fisiologis kaki memang seperti itu.

3. Menggendong Bayi Menangis Bisa Bikin Mereka Manja

Menggendong Bayi Menangis
Ilustrasi Menggendong Bayi Menangis Foto : Shutterstock

Banyak mitos diluaran sana yang mengatakan bahwa “menggendong bayi menangis bisa membuat mereka manja” Mitos ini sebenarnya kurang tepat ya mams, Pasalnya, Menggendong bayi baru lahir bukan sekedar untuk menghentikannya menangis, tapi untuk menunjukkan kasih sayang kita padanya. Menggendong bayi bisa membuatnya tenang dan membangun ikatan antara orang tua dan si bayi.

4. Bayi dilarang Keluar Rumah Sebelum Usia 40 Hari

Mitos ini ada benarnya, Namun bukan karena takut bayi ‘ketempelan’ mahluk halus, ya, Mams. Tetapi karena bayi bayu lahir dalam hitungan hari memiliki daya tahan tubuh yang amat rendah sehingga sangat rentan terkena penyakit,

5. Bayi Ngeces Karena Mengidam yang Tidak Dituruti

Banyak mitos yang mengatakan bahwa jika bayi ngeces atau ngiler disebabkan karena saat ibu hamil ngidam tidak keturutan, namun faktanya tidak demikian. Ternyata bayie ngeces atau ngiler disebabkan karena beberap hal :

  • bayi ngeces ada kaitannya dengan sistem pencernaannya yang sedang berkembang. Otot-otot yang berfungsi untuk menelan pada bayi, belum berkembang dengan sempurna.
  • Ketika keterampilan motorik bayi berkembang, misalnya ‘mengunyah’ tangannya, reseptor motorik pada tangannya mengirim sinyal ke otak untuk memproduksi air liur, dan hal ini bisa menjadi tanda bahwa anak mulai siap untuk makan (makanan padat).

6. Menempelkan Kertas di Dahi Bayi Dapat Menghilangkan Cegukan

Menempelkan kertas basah di dahi anak ketika cegukan, tentunya itu hanyalah sebuah mitos ya mams. Pasalnya, Cegukan adalah hal yang umum terjadi pada bayi, bahkan seringkali, bayi cegukan tanpa sebab yang jelas. Namun secara umum bayi cegukan itu di sebabkan karena menyusu berlebihan dan menghirup banyak udara.

Cara Ampuh Mengatasi Bayi Cegukan yang bisa mams lakukan adalah coba memberi jeda waktu saat bayi menyusu untuk disendawakan. Selain itu mams bisa memberikan Dot atau empeng untuk di hisap, cara ini terbukti ampuh untuk membantu mengendurkan diafragma dan bisa membantu menghentikan serangan cegukan si bayi

7. Memakaikan Kalung Amber untuk Mengatasi Sakit Gigi pada Bayi

Bayi Memakai Kalung Amber Foto
Ilustrasi Memakai Kalung Amber Foto : iStock

Beberapa waktu belakangan ini, banyak orangtua yang memakaikan kalung amber pada anak, dengan tujuan untuk membantu mengurangi rasa sakit saat anak sedang tumbuh gigi. Namun, Faktanya belum ada bukti yang nyata secara medis mengenai keampuhan penggunaan kalung ini.

Bahkan menurut FDA (Badan Pengawas Makanan dan Obat di Amerika) penggunaan kalung atau gelang amber pada bayi dan anak-anak tidak disarnkan, Karena hal itu akan meningkatkan risiko anak cedera mulut, infeksi, tersedak bahkan tercekik.

Nah, Demikian beberpa mitos dan fakta tentang merawat bayi yang baru lahir, Jika Mams ragu, konsultasikan pada dokter setiap pertanyaan dan kekhawatiran Mams tentang perawatan, perkembangan dan kesehatan si kecil agar tidak terjadi salah persepsi.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait