Rekomendasi 7 Menu Bekal Anak SD, Mudah dan Praktis Si Kecil Pasti Suka

Si kecil lagi rajin bawa bekal ke sekolah? Biar nggak gampang bosan, berkreasi dengan menu bekal anak SD di bawah ini yuk. Dengan bahan yang sederhana, bunda nggak perlu ribet di dapur dan pasti si kecil suka. Yuk cek resepnya!

7 Pilihan Menu Bekal Anak SD yang Mudah Dibuat

Bekal sehat sebenarnya tidak jauh dari menu yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Bagi bunda yang penasaran, berikut contoh menu bekal makanan untuk anak SD yang bisa dicoba.

1. Nasi Goreng Bakso Ikan

Menu Bekal Anak SD

Nasi goreng adalah salah satu solusi makanan yang mudah dibuat. Selain simpel, bahan-bahan yang disiapkan juga sangat sederhana.

Bunda bisa memberi toping tambahan seperti bakso ikan maupun sosis untuk menambah citarasa. Nah, agar jadi makanan yang sehat, bunda bisa menambahkan aneka sayuran seperti brokoli, wortel dan sebagainya.

2. Pasta Salad Sayur

Pasta Salad Sayur

Jika anak merasa bosan dengan makanan nasi, bunda bisa mencoba ide baru yaitu bekal Pasta Salad Sayur.

Pasta salad adalah pilihan makanan yang tepat jika ingin mengajarkan anak makan sayur sejak kecil.

Selain mudah dibuat, bunda hanya perlu menyiapkan bahan utama yaitu pasta dan sayur-sayuran segar.

Untuk menu utama sayuran, bunda bisa pilih menu utama seperti sayur selada, jagung manis, mentimun, dan buah. Agar anak lebih selera, sebagai topping bunda dapat menambahkan yoghurt dan mayo.

3. Onigiri-Menu Bekal Anak SD Ala Jepang

Menu Bekal Anak SD

Onigiri adalah makanan ala Jepang yang sebagian besar mengambil bahan dasar nasi. Menu bekal anak SD ini cukup digemari si kecil karena rasanya yang enak dengan topping lengkap.

Bunda bisa menambahkan berbagai jenis topping seperti daging, ikan, sayur maupun sosis sesuai kesukaan si kecil.

4. Rolls Up Bento Isi Daging dan Sayuran

Menu Bekal Anak SD

Jika bunda ingin mencari menu yang lebih kreatif, maka konsep Bento adalah solusinya. Rolls-Up adalah teknik membungkus makanan dengan cara menggulung.

Agar terlihat lebih menarik, bunda dapat menambahkan isi sayuran atau daging sebagai menu utamanya.

Menariknya, teknik Rolls-Up dengan konsep Bento ini bisa bunda sajikan dengan nasi ataupun salad. Cara ini tentunya akan membuat anak jauh lebih sehat dan tidak mudah mengantuk.

5. SandWich Sayuran-Menu Bekal Anak SD Paling Simple

Menu Bekal Anak SD

Sandwich adalah pilihan yang tepat jika bunda ingin mencari menu bekal anak SD yang simpel. Selain menghemat waktu, bunda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.

Kandungan karbohidrat dari Sandwich juga setara dengan nasi sehingga pasti anak akan merasa kenyang tanpa harus jajan sembarangan lagi.

Untuk membuat sandwich, bunda dapat menggunakan smoked beef, selembar selada, tomat, dan keju.

6. Teriyaki

Menu Bekal Anak SD

Teriyaki adalah menu andalan jika ingin menyiapkan bekal makanan yang jauh lebih praktis. Makanan berbahan dasar daging ini pada dasarnya berasal dari Jepang yang kemudian diinovasikan sedemikian rupa di Indonesia.

Selain daging, teriyaki juga bisa dibuat dari bahan lain seperti tahu maupun tempe. Bunda bisa menambahkan sayuran segar agar tambahan vitamin bisa terpenuhi.

7. Kimbap-Menu Bekal Anak SD Kekinian

Menu Bekal Anak SD

Kimbap adalah makanan khas Korea yang umumnya identik dengan nasi digulung menyerupai sushi.

Untuk teknik gulungannya biasanya menggunakan rumput laut dan menu sayuran pada bagian dalam kimbap.

Akan tetapi jika ingin membuat versi bunda sendiri, tentu dapat disesuaikan dengan kesukaan anak ya.

Selain identik dengan menu sayuran, kimbap juga dapat menjadi menu andalan jika bunda ingin makanan yang sehat dan bergizi.

Bagaimana bun, sudah dapat inspirasi menu bekal anak SD dari rekomendasi diatas? Silakan pilih bekal sesuai kesukaan si kecil dan pastikan semua bahan dan olahan yang dibuat terjamin higienis dan sesuai dengan kebutuhan gizi anak ya bun.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait