3 Manfaat Smart Parenting Untuk Bunda, Kurangi Stres Khususnya Untuk Orang Tua Gen-Z

Selain untuk anak, smart parenting ternyata juga bermanfaat untuk orang tua khususnya bunda. Manfaat smart parenting untuk bunda kabarnya bisa menekan tingkat stres dengan hasil yang cukup signifikan.

Karena seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi kerap memberikan berbagai jenis informasi yang justru membuat orang tua merasa stress.

Dan menurut hasil survey yang dilakukan oleh Deloitte Global Millennial tahun 2020, orang tua Gen-Z memiliki risiko alamo stres hingga 53%. Sedangkan untuk milenial alami tingkat stres mencapai 45%.

Namun, tingkat stres pada orang tua khususnya ibu ini bisa sedikit ditekan dengan menerapkan smart parenting.

Dengan smart parenting, keenam aspek penting anak meliputi fisik, kognitif, motorik, sosial, bahasa dan emosional dapat terpenuhi sehingga anak lebih bisa diajak kerja sama dan pada akhirnya sangat bermanfaat untuk orang tua khususnya bunda.

Lantas, apa manfaat smart parenting untuk bunda? Yuk, scroll ke bawah untuk informasi lengkapnya!

Manfaat Smart Parenting Untuk Bunda

Manfaat Smart Parenting Untuk Bunda

Menurut penjelasan Aninda S.Psi, M.P.si.T selaku Psikolog Anak Usia Dini, menerapkan smart parenting memiliki beberapa manfaat untuk bunda seperti:

1. Menurunkan Tingkat Stres

Menurut Aninda, menerapkan pola asuh smart parenting dapat menutunkan tingkat stres secaraa sginitginkan.

Hal ini karena bunda tidak terbiasa membanding-bandingkan karakter anak sendiri dengan anak lain khususnya yang ada di internet.

“Yang pertama adalah less stress karena pola asuhnya dikaitkan dengan aspek perkembangan tadi. Usia dan karakter anak bukan semata membandingkan dengan sekitar atau dengan yang dia lihat di media sosial,” ujar Aninda.

2. Bisa Menciptakan Batasan

Manfaat Smart Parenting Untuk Bunda

Sebelum jadi orang tua dengan pola asuh smart parenting, bunda mungkin tipe yang mudah stres dan mudah ke trigger dengan perkembangan anak lain.

Selain bisa memicu stres, hal ini juga berdampak buruk bagi anak, karena ia akan terus dipaksa untuk jadi apa yang mungkin belum bisa ia lakukan.

Namun ketika menerapkan smart parenting, bunda jadi lebih sadar dan memahami batasan.

Sehingga lambat laun, bunda akan sadar bahwa tidak ada gunanya membandingkan-bandingkan dengan apa yang ada di media sosial.

3. Bunda Lebih Paham Dengan Kebutuhan Diri Sendiri

Terakhir, menurut psikolog Aninda, manfaat smart parenting untuk bunda adalah, orang tua jadi lebih paham dengan apa yang ia butuhkan.

Selain itu, bunda juga lebih bisa menghargai tentang pencapaian apa saja yang telah berhasil dicapai hingga saat ini.

“Yang ketiga adalah semakin paham dengan kebutuhan diri sendiri termasuk pencapaian yang sudah diraih dalam perjalanan menjadi seorang ibu,” tutup Aninda.

Bagaimana bun, sudah paham kan manfaat smart parenting untuk bunda itu apa?

Nah, sekarang tugas bunda adalah bagaimana menerapkan pola asuh semacam ini dan memastikan bahwa aspek fisik, kognitif, motorik, sosial, bahasa dan emosional anak dapat terpenuhi dengan baik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait