Smart Parenting, Pola Asuh Moderen yang Tawarkan 5 Manfaat Positif Untuk Anak

Dalam dunia parenting, bunda akan mengenal banyak sekali model pola asuh mulai dari yang berdampak buruk sampai yang positif seperti smart parenting.

Menurut Aninda S.Psi, M.P.si.T selaku Psikolog Anak Usia Dini, “Smart parenting adalah pola asuh yang fokus untuk memenuhi enam aspek perkembangan Si Kecil sesuai dengan usianya.

Dimana keenam aspek tersebut meliputi aspek fisik, kognitif, motorik, sosial, bahasa dan emosional. Lantas, apa manfaat dari pola asuh yang kabarnya mulai diterapkan oleh orang tua dari gen Z ini?

Manfaat Smart Parenting Untuk Anak

smart parenting

Menurut Aninda S.Psi, M.P.si.T, smart parenting memiliki beberapa manfaat mulai dari perkembangan anak dapat tercapai sampai ke masalah kedisiplinan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Smart Parenting Membuat Perkembangan Anak Bisa Tercapai

Smart parenting memiliki manfaat untuk membuat perkembangan anak bisa tercapai sesuai dengan usianya dengan tidak mengajarkan sesuatu yang belum waktunya ia pahami.

“Aspek perkembangan anak ini akhirnya maksimal sesuai dengan usianya. Jadi nggak misalnya anak usia dua tahun tapi mau kita ajarin untuk perkembangan di usia tiga tahun. Jadi memang harus sesuai dengan usianya,” ungkap Aninda

2. Bunda Bisa Mempelajari Karakter Anak

Kedua, smart parenting berguna agar bunda lebih mengenal karakter si kecil. Jadi ketika anak menunjukkan sikap yang kurang cocok dengan usianya, bunda bisa melakukan pengarahan yang juga pas dengan usianya.

“Diri anak atau karakternya tanpa disadari ‘dipelajari’ oleh si ibunya. Oh ternyata anakku tuh tipenya yang kayak begini,” tuturnya.

3. Anak Jadi Lebih Bahagia

smart parenting

Masih menurut Aninda, smart parenting juga bermanfaat untuk membuat anak jauh lebih bahagia. Hal ini terjadi karena semua kebutuhan anak bisa terpenuhi sehingga ia jarang merasa kecewa.

“Yang ketiga, tumbuh menjadi anak yang happy kid karena merasa kebutuhannya terpenuhi,” tutur Aninda.

4. Smart Parenting Membantu Anak Memiliki IQ Tinggi

Menurut Aninda, orang tua yang menerapkan pola asuh semacam ini berpotensi membuat anak memiliki IQ tinggi. Ini karena smart parenting juga akan berfokus pada perkembangan kognitif serta sosial anak dengan lebih baik.

“Manfaat yang keempat, anak umumnya memiliki IQ yang baik. Karena tadi balik lagi, memengaruhi kognitif dan sosial,” kata Aninda.

5. Anak Memiliki Kedisiplinan Tinggi

Terakhir, Aninda mengungkapkan bahwa smart parenting membuat anak memiliki kedisiplinan tinggi. Ini karena anak sudah dibiasakan secara on track sehingga terbiasa melakukan segala hal secara disiplin.

Sekian pembahasan tentang smart parenting dan manfaatnya untuk anak. Pola asuh semacam ini juga memiliki manfaat untuk bunda yang akan dibahas pada artikel selanjutnya

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait