7 Manfaat Bermain untuk Anak Usia Dini, Mams Wajib Tahu!

Anak Bermain Foto : Canva

Bermain merupakan salah satu aktivitas fisik yang identik dilakukan oleh anak-anak. Meskipun terdengar sepele, bermain ternyata memiliki banyak manfaat untuk anak usia dini, Melalui bermain, anak dapat belajar tentang dunia di sekitarnya serta mengembangkan keterampilan fisik, intelektual, sosial, dan emosional.

Manfat Bermain Untuk Anak

Sebagai orang tua Mams bisa membantu memberi ruang kepada anak untuk bisa bermain dengan leluasa. Sehingga anak bisa mendapat manfaat yang lebih dan maksimal, Mams juga bisa mendampingi anak dalam bermain. Nah, kira-kira apa saja ya Mams manfaat bermain untuk anak? Yuk langsung saja disimak bersama!

1. Menumbuhkan jiwa kreatifitas anak

Manfaat paling nyata dari bermain bagi anak adalah tumbuhnya jiwa kreatifitas. Jiwa kreatifitas dapat muncul secara langsung ataupun tidak langsung ketika anak sedang bermain. Misalnya, tentang bagaimana anak membuat suatu bentuk tertentu, bagaimana ia memainkan perannya ketika sedang bermain, bagaimana anak menggambar, dan lain sebagainya. 

2. Merangsang perkembangan otak

manfaat bermain untuk anak
Anak Bermain Puzzle

Menurut para ahli, bermain turut memberi peran untuk merangsang perkembangan otak. Salah satunya adalah tentang bagaimana anak memecahkan permasalahan yang ia punya ketika bermain. Hal tersebut dapat melatih otak anak untuk berpikir kemudian mencari solusi untuk setiap permasalahan yang pasti akan ia temui dalam hidup.

3. Meningkatkan kedekatan anak dengan orang tua

Moms, meluangkan waktu untuk bermain bersama anak itu penting untuk dilakukan loh. Meski moms adalah seorang wanita karir yang super sibuk sekalipun, moms harus bisa meluangkan waktu walau hanya 20 hingga 30 menit untuk bermain dengan si buah hati. Interaksi antara moms dengan anak ketika bermain, tentu dapat meningkatkan kedekatan antara moms dan anak.

Anak akan memberi ruang istimewa tersendiri untuk moms sebagai orang yang selalu memberi kesan dan pesan menakjubkan ketika sedang bermain. Anak yang memiliki kedekatan dengan orang tuanya, cenderung akan lebih mudah untuk diarahkan. Jadi, momen bermain tersebut bisa menjadi saranan agar anak moms bisa lebih dekat dengan moms ataupun anggota keluarga yang lain.

4. Melatih jiwa sosial anak

manfaat bermain untuk anak
Anak Bermain Foto. : Canva

Tidak jarang orang tua yang merasa khawatir karena memiliki anak yang cenderung tertutup, enggan bergaul, dan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Yaps moms, jiwa sosial memang tidak selalu bisa muncul dengan sendirinya, tetapi harus dilatih.

Ketika anak bermain bersama-sama dengan teman, mereka tentu akan melakukan interaksi antar satu sama lain. Mereka bisa belajar untuk memahami teman, bekerja sama, berkenalan dengan orang baru, mentaati peraturan, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut dapat merangsang jiwa sosial anak untuk terus berkembang dan anak akan lebih siap untuk hidup sebagai makhluk sosial nantinya.

5. Meningkatkan keterampilan berbicara

Manfaat bermain untuk anak selanjutnya adalah melatih anak agar cepat berbicara, Ketika bermain, anak cenderung untuk mengucapkan kata-kata sesuai dengan permainan yang sedang mereka lakukan. Bahkan ketika mereka sedang bermain seorang diri sekalipun, mungkin moms sering melihat mereka berbicara dengan mainan ataupun dengan benda-benda yang ada di sekitar mereka? Hal tersebut dinilai bagus karena bisa memperkaya kosakata anak. 

6. Meningkatkan kesehatan

Aktivitas fisik yang dilakukan anak saat bermain dan bergerak aktif dapat meningkatkan kesehatan anak, seperti menurunkan risiko obesitas dan meningkatkan sistem imun.

7. Mengurangi resiko stres

Bermain tentu bisa mendatangkan kebahagiaan bagi si anak. Dengan bermain, anak menjadi merasa terhibur. Perasaan bahagia yang muncul ketika anak bermain, tentu dapat menghindarkan anak dari perasaan murung, kesepian, dan bosan. Dengan begitu, anak akan terhindar dari stres dan hari-harinya pun dapat dilalui dengan lebih semangat.

Nah, Itu dia Mams manfaat bermain bagi anak. Meski terlihat sepele, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa ya.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait