Kenali! Ukuran Lingkar Kepala Bayi Normal Sesuai Usia

Ilustrasi bayi Foto: canva

Sebagai seorang bunda kesehatan sang anak merupakan hal yang sangat penting. Termasuk mengenai ukuran lingkaran kepala sang anak. Berikut ukuran lingkar kepala bayi normal sesuai usia yang wajib bunda kenali.

Ukuran lingkar kepala bayi normal sesuai usia harus bunda ketahui sebagai orang tua. Karena setiap usia mereka memiliki lingkaran kepala yang berbeda-beda.

Oleh karena itu setelah bunda keluar dari rumah sakit sehabis melahirkan, ada baiknya tetap memantau kesehatan sang buah hati dengan rajin berkonsultasi kepada dokter.

Tidak hanya ukuran lingkar kepala bayi saja yang harus bunda perhatikan, ada tiga elemen yang wajib pundak ketahui dan perhatikan mengenai  pertumbuhan sang buah hati.

Tiga elemen penting ini yaitu merupakan ukuran lingkar kepala, tinggi badan dan juga berat badan bayi bunda.

Namun, kali ini bunda akan mengetahui ukuran lingkar kepala bayi normal sesuai usia. Agar tidak terhindar dari masalah ini bunda wajib membaca sampai selesai.

Ukuran lingkar kepala bayi normal sesuai usia

Untuk ukuran lingkar kepala bayi normal biasanya berkisar dari 32 hingga 38 cm. Tapi, bunda juga harus bawa lingkar kepala bayi normal bisa bervariasi berdasarkan dari faktor-faktor berupa usia bayi, jenis kelamin dan juga faktor keturunan.

Dan rata-rata ukuran lingkar kepala bayi normal ketika baru lahir yaitu sekitar 35 cm jika lahir dalam keadaan cukup bulan bunda.

Biasanya ukuran lingkar kepala bayi tidak normal itu bisa menandakan karena masalah kesehatan, seperti masalah pertumbuhan, gangguan perkembangan atau juga bisa menjadi masalah pada otak. Berikut ini adalah ukuran lingkar kepala bayi normal  perempuan sesuai usia.

Ukuran lingkar kepala bayi normal perempuan sesuai usia

lingkar kepala bayi normal
Ilusrasi bayi perempuan Foto: canva
  1. Yang pertama adalah usia 0-3 bulan yang memiliki lingkar kepala bayi normal 34-39,5 cm. Dan jika ukuran lingkar kepala bayi bunda pada bulan ketiga lebih kecil dari 38 cm atau bisa menjadi lebih besar dari 41 cm, itu merupakan pertanda adanya masalah kesehatan pada sang buah hati bunda.
  2. Untuk usia 3-6 bulan yaitu memiliki lingkar kepala bayi normal 39,5 cm. Pada usia 6 bulan dapat dikatakan bayi bunda tidak normal jika memiliki lingkar kepala kurang dari 41 cm atau melebihi dari 43,5 cm.
  3. Sedangkan usia 6-12 bulan memiliki lingkar kepala bayi normal perempuan 42-45 cm. dan lingkar kepala bayi disebut tidak normal jika bayi bunda berusia 12 bulan dan memiliki lingkar kepala di bawah 44,5 cm atau lebih dari 46 cm.

Ukuran lingkar kepala bayi normal laki-laki sesuai usia

lingkar kepala bayi normal
Ilustrasi bayi laki-laki Foto: canva
  1.  Untuk usia 0-3 bulan ukuran lingkar kepala bayi normal laki-laki yaitu 34,5-40,5 cm. Dikatakan tidak normal jika lingkar kepala bayi bunda yang berusia 3 bulan kurang dari 39,5 cm atau lebih dari 42 cm.
  2.  Yang kedua yaitu usia 3-6 bulan memiliki lingkar kepala bayi normal laki-laki 40,5-43 cm. dan jika bulan ketiga lingkar kepala sang buah hati bunda kurang dari 42 cm atau melebihi dari 45 cm hal itu mengatakan bayi bunda memiliki masalah kesehatan.
  3. Usia 6-12 bulan dikatakan normal jika memiliki lingkar kepala bayi 43- 46 cm. Dan untuk lingkar kepala bayi tidak normal saat sang buah hati bunda berusia 12 tahun yaitu kurang dari 45 cm atau melebihi dari 49,5 cm.

Itu tadi bunda lingkar kepala bayi normal sesuai usia dan juga jenis kelaminnya. Sebagai orang tua bunda wajib tahu dan mengenali hal ini.

Tentunya untuk menjaga kesehatan sang buah hati bunda, bunda harus memastikan perkembangan kepala sang bayi normal salah satunya dengan cara memberikan perawatan dan nutrisi yang tepat pada sang buah hati.

Dan bunda juga bisa melakukan pemeriksaan rutin kepada dokter untuk memantau terus perkembangan bayi bunda. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih. 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait