Jenis dan Metode KB Untuk Ibu Menyusui yang Aman di Lakukan

Ilustrasi Jenis KB untuk Ibu Menyusui

Meskipun bunda saat ini sedang menyusi namun tetap ingin memberi jarak kehamilan berikutnya, Tentu bunda harus melakukan KB, Nah jenis dan metode KB untuk ibu menyusui apa saja yang aman di gunakan? berikut penjelasanya.

Untuk menentukan jenis dan metode KB untuk ibu menyusui, bunda harus tahu terlebih dahulu kondisi dan juga kebutuhan. Karena terdapat beberapa jenis dan metode KB untuk ibu menyusui yang bisa membuat produksi ASI bunda menurun.

Jadi, sebagai ibu yang menyusui, bunda harus tahu jenis dan metode KB untuk ibu menyusui yang aman. Berikut jenis dan metode KB untuk ibu menyusui.

Jenis dan metode KB untuk ibu menyusui

Obat yang di konsumsi ibu menyusui bisa mempengaruhi kualitas ASI Karena itu bunda harus bisa memilih jenis dan metode KB untuk ibu menyusui yang aman di gunakan,

Berikut ini jenis dan metode KB untuk ibu menyusui yang aman untuk di gunakan:

1. Kondom

KB untuk ibu Menyusui
Ilustrasi KB Kondom/Foto:canva

Jenis dan metode KB untuk ibu menyusui yang pertama adalah menggunakan kondom. Kondom menjadi metode yang aman dan bisa menghalangi kehamilan mencapai 98%.

Untuk menggunakan kondom lebih maksimal, bunda bisa menggunakannya sejak awal hinga akhir berhubungan intim. Dan wajib juga memastikan kondom tidak mudah pecah atau terlepas ketika bunda dan pasangan berhubungan intim.

2. Implan

Pilihan KB untuk ibu menyusui yang kedua adalah implan. Implan ini memiliki bentuk seperti korek api. Cara memasang implan ini hanya bisa dokter yang melakukannya.

Dokter akan memasukkan implan pada bagian bawah kulit lengan atas bunda. Dan untuk efektifitas implan bisa mencegah kehamilan selama 4 tahun.

3. IUD

Menggunakan alat kontrasepsi IUD bisa membantu bunda mencegah kehamilan sebanyak 99%. Dan IUD merupakan alat paling aman dan juga efektif untuk mencegah kehamilan.

IUD memiliki dua jenis yang bisa di pilih, hormonal dan non-hormonal. Dan kedua pilihan ini bisa digunakan sesuai anjuran dokter dan tentunya melihat juga kondisi bunda.

4. Mini-Pil

KB untuk ibu Menyusui
Ilustrasi Pil KB/Foto:canva

KB untuk ibu menyusui yang keempat ini dapat bunda konsumsi ibu menyusui. Dan untuk mendapatkannya harus menggunakan resep dokter. Jika bunda memutuskan untuk menggunakan pil ini, sebaiknya gunakanlah secara rutin.

5. Suntik

Untuk jenis dan metode KB untuk ibu menyusui adalah menggunakan suntik. Meggunakan suntik depo-provera ini aman untuk ibu yang sedang hamil.

Suntik ini mengandung hormon progestin yang bisa mencegah kehamilan untuk jangka yang panjang. Biasanya per satu suntikan bisa mencegah kehamilan selama 3 bulan.

Untuk metode ini memiliki keakuratan untuk mencegah kehamilan yang tinggi sebesar 97%. Jika bunda rutin suntik selama 12 minggu sekali akan memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi di bandingkan dengan bunda yang jarang suntik.

6. Sterilisasi

Jenis dan metode KB untuk ibu menyusui yang terakhir adalah sterilisasi. Sterilisasi ini memiliki sifat permanen, yang bisa membuat bunda tidak hamil lagi.

Hal ini biasanya dilakukan setelah persalinan, bisa secara normal ataupun ceasar tentunya dengan mempertimbangkan kondisi bunda.

Itu tadi bunda jenis dan metode KB untuk ibu menyusui yang aman dan bisa di coba. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu bunda memilih KB untuk ibu menyusui yang aman.

Selain itu, dengan menggunakan jenis dan metode KB untuk ibu menyusui tersebut, bisa membantu bunda mengatasi jarak kehamilan dan mengatur prencanaan kehamilan yang aman untuk berikutnya. Terima kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait