Manfaat Mengatur Jarak Kehamilan Anak, Untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

Ilustrasi gambar 2 anak Foto: pexels

Manfaat mengatur jarak kehamilan anak merupakan hal yang sangat penting bunda. Untuk tahu mengapa pentingnya  manfaat mengatur jarak kehamilan anak mari simak artikel ini sampai selesai.

Mungkin, bunda dan pasangan ingin memiliki anak setelah memiliki anak pertama atau setelah memiliki anak kedua. Dan ketika bunda memiliki keinginan tersebut wajib tahu manfaat mengatur jarak kehamilan anak yang pas dan sesuai.

Pada dasarnya tidak ada yang salah ketika bunda dan pasangan ingin memiliki anak lebih dari satu.  Namun, ada kala baiknya bunda memiliki perancangan yang matang dan tepat untuk mengatur jarak kehamilan anak bunda.

Dan, padahal artikel ini bunda akan mengetahui manfaat mengatur jarak kehamilan anak, ada apa saja sebagai berikut:

Manfaat mengatur jarak kehamilan anak

Mengatur jarak kehamilan anak sangat penting dilakukan bunda sebagai orang tua. Karena jika jarak kehamilan sangat dekat bisa membuat resiko bagi bunda sebagai orang tua dan juga bagi sang buah hati.

Dan juga jarak lahir yang begitu dekat bisa mengganggu tumbuh kembang buah hati, dikarenakan perhatian bunda sebagai orang tua belum selesai kepada sang kakak sedangkan seorang adik juga harus mendapatkan perhatian.

Oleh sebab itu, ada kala baiknya bunda dan pasangan menghitung jarak kelahiran antara  anak pertama dan anak kedua begitupun dengan anak berikutnya.

Beberapa pendapat mengatakan bunda bisa memberi jeda minimal 18-24 bulan sebelum bunda memutuskan untuk hamil kembali. Berikut manfaat Mengatur jarak kehamilan anak: 

1. Sang Ibu terhindar dari risiko penyakit

Manfaat Mengatur Jarak Kehamilan Anak
Ilustrasi Ibu dan Anak Sehat Foto : Canva

Bahaya dari kehamilan jarak yang begitu dekat bisa mengintai bunda sebagai seorang ibu. Karena bunda akan mengalami kekurangan zat besi, dan karena itu bunda kan mengalami anemia pada kehamilan berikutnya.

Dan untuk bunda yang menjalani persalinan melalui sebuah operasi caesar, jarak yang dianjurkan adalah di bawah rentang waktu 18 bulan. Luka jahitan Caesar yang baru saja sembuh Ada kemungkinan akan merenggang.

2. Anak dapat nutrisi yang optimal

Manfaat mengatur jarak kehamilan yang kedua adalah anak bisa mendapatkan nutrisi yang optimal. Karena periode emas untuk pertumbuhan anak akan dimulai sedari sang anak di dalam kandungan sampai usia 2 tahun.

Bunda sebagai orang tua harus bisa memenuhi nutrisi sang anak karena jika sang anak tidak mendapatkan nutrisi yang sesuai besar kemungkinan risiko memiliki berbagai masalah kesehatan terjadi.

Nutrisi tersebut bisa berdasarkan dari ASI, ada kalanya bunda sebagai sang ibu wajib memberikan ASI selama 2 tahun. Mungkin, setelah pemberian ASI selama 2 tahun tersebut bunda dan pasangan bisa merencanakan kehamilan berikutnya. 

3. Sehat fisik dan psikis 

Manfaat mengatur jarak kehamilan yang ketiga yaitu sehat fisik dan psikis orang tua. Diketahui setelah melahirkan kesehatan dan imunitas tubuh bunda sebagai ibu belum prima.

Dan bunda juga sebagai seorang ibu juga harus memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati kecil hingga berusia 2 tahun. Dan juga bunda mungkin memiliki rasa lelah jika terlalu terburu-buru mempunyai anak lagi.

4. Anak mendapatkan bonding dengan orang tua

Sang buah hati Sang membutuhkan perhatian dan juga sebuah dukungan emosional dari bunda dan pasangan sebagai orang tua. Namun, jika usia sang anak terlalu dekat orang tua sangat sulit untuk membagikan perhatian yang sama.

Banyak sekali kasus orang tua lebih memperhatikan buah hati yang lebih muda dibandingkan sang kakak yang telah lahir lebih dahulu. Hal ini sering membuat sang anak merasa cemburu terhadap adiknya sendiri.

Oleh karena itu ada kalanya bunda dan pasangan lebih memperhatikan lagi dan adil terhadap anak-anak.

Itu tadi bunda merupakan manfaat mengatur jarak kehamilan anak. Sebelum bunda memutuskan untuk hamil kembali ada kala baiknya bunda mempertimbangkan jarak kehamilan anak bunda dan juga bisa berkonsultasi kepada dokter kandungan.

Semoga artikel ini dapat membantu bunda dan pasangan dan  juga membantu bunda mengambil sebuah keputusan. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait