Begini Lho Bunda, Jadwal Pemberian Susu Formula Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Jadwal pemberian susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan menjadi informasi penting untuk para bunda. Khususnya yang anaknya tidak bisa mengkonsumsi ASI karena suatu alasan.

Sejatinya, ASI merupakan makanan utama bayi di 6 bulan pertama kehidupannya. Hanya saja, ada beberapa bayi yang justru tidak bisa minum ASI karena kondisi bunda maupun dirinya sendiri.

Jika anak bunda pun dengan kondisi sama, susu formula bisa menjadi asupan pengganti ASI.

Namun, bunda harus memperhatikan jadwal pemberiannya. Karena seiring bertambahnya usia si kecil, maka takaran dan frekuensinya akan terus berubah.

Jadwal Pemberian Susu Formula Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Jadwal Pemberian Susu Formula Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan
Jadwal Pemberian Susu Formula Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Berikut jadwal pemberian susu formula untuk bayi dengan usia 0 hingga 6 bulan:

1. Bayi Usia 0 Bulan

Untuk bayi usia 0 bulan, takaran susu formula yang dibutuhkan tidak seberapa banyak. Pasalnya, di usia ini ukuran lambung bayi masih sangat kecil.

Hanya saja, di usia 0 bulan frekuensi minum susu bayi sedikit lebih sering bisa sampai setiap 2-3 jam sekali.

Karena intensitasnya sering, bunda bisa memberikan takaran susu sebanyak 45-90 ml atau 355-946 ml untuk 6 sampai 8 kali minum dalam sehari. Jadwal pemberian susu formula ini berlaku sampai bayi memasuki usia 2 bulan.

2. Bayi Usia 2 Bulan

Masuk usia 2 bulan, takaran susu formula yang harus diberikan juga harus ditambahkan.

Begitu pula frekuensinya, di mana bayi usia 2 bulan akan selalu menyusu setiap 3 hingga 4 jam sekali.

Untuk takarannya, bayi 2 bulan rata-rata dapat menghabiskan susu sebanyak 120-150 ml sekali minum. Dalam sehari kalau dihitung sekitar 5 sampai 6 kali dengan ukuran 740-946 ml susu formula.

3. Bayi Usia 3-4 Bulan

Semakin tambah umur, bayi juga akan makin besar dan banyak gerak. Jadi jangan heran, bayi di usia 3-4 bulan juga cepat lapar. Jika sudah begitu, otomatis kebutuhan susu mereka juga akan bertambah.

Bayi usia 3-4 bulan rata-rata menghabiskan 120-180 ml atau 887-946 ml dengan masa pemberian 5 hingga 6 kali sehari.

Perhitungan tersebut dapat disesuaikan berdasarkan berat badan si kecil. Jika bobot bayi besar, maka kebutuhan susu juga lebih banyak.

Pada usia ini, yang terpenting bunda harus lebih mengenali kebiasaan si kecil, bagaimana mereka memberikan tanda lapar dan ingin susu.

4. Bayi Usia 4-6 Bulan

Takaran susu formula untuk bayi usia 4-6 bulan adalah sebanyak 828 – 946 ml dengan jadwal pemberian 4 sampai 6 kali sehari.

Sedangkan khusus untuk bayi menginjak usia 5-6 bulan adalah 177 – 237 ml yang diberikan setiap 5 kali sehari.

Jika si kecil sudah mulai memasuki usia 6 bulan, biasanya akan diimbangi dengan makanan padat bukan? Oleh karena itu, bunda dapat memberikan susu formula dengan menyesuaikan waktu makan mereka.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memberikan Susu Formula Pada Anak

Jadwal Pemberian Susu Formula Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan
Susu formula yang diberikan untuk bayi harus sesuai dengan usianya, kandungannya lengkap dan higienis

Sebelumnya sudah dibahas tentang Jadwal pemberian susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan. Bunda dapat menggunakannya sebagai pedoman, namun tetap harus memperhatikan hal-hal penting selama memberikan susu formula untuk si kecil.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan jenis susu formula yang diberikan terjamin kebersihannya

Selalu cek tanggal kadaluarsa pada kemasan susu formula, termasuk memastikan jika tidak ada kerusakan, perubahan warna, atau bau.

Selain itu, selalu jaga kebersihan tangan dan tempat membuat susu bayi agar tidak ada bakteri yang masuk.

Pastikan semua alat termasuk botol, tutup botol, cincin pelindung, dot semua harus steril. Terakhir, berikan susu dengan posisi bayi setengah duduk, supaya bunda bisa lebih mudah melihat ekspresinya ketika merasa kenyang

Itu dia tadi informasi tentang jadwal pemberian susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan. Bunda bisa menjadikannya sebagai referensi, atau kalau mau lebih aman lagi, ada baiknya konsultasikan pada dokter terkait.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait