Ini Ciri-ciri ASI Akan Keluar Saat Hamil, yang Perlu Bunda Ketahui!

Ilustrasi Ibu Hamil Keluar ASI / Foto : Canva

Bunda yang sedang hamil wajib tahu ciri-ciri asi akan keluar saat hamil. Berikut ciri-ciri asi akan keluar saat hamil.

Ketika sedang hamil, banyak orangtua yang bingung kenapa asi sudah keluar. Namun, jangan khawatir bunda, kemungkinan hal itu terjadi bisa saja.

Asi sangat mungkin keluar beberapa tetes ketika bunda sedang hamil. Karena produksi asi memang dimulai ketika bunda hamil memasuki trimester 3.

Meskipun asi diproduksi ketika hamil, asi seharusnya tidak keluar ketika bunda hamil sebab terhambat oleh hormon estrogen dan progesteron.

Hormon ini sampai tiba bunda melahirkan sang buah hati, akan mencegah produksi asi secara aktif. Maka dari itu bunda harus tahu ciri-ciri asi akan keluar saat hamil.

Ciri-ciri asi akan keluar saat hamil

Tentunya bunda yang hamil sangat ingin menyusui sang buah hati secara langsung, tidak menggunakan susu formula. Berikut ciri-ciri asi akan keluar saat hamil:

1. Kulit Payudara Lebih Kencang

Bunda ciri-ciri asi akan keluar saat hamil yang pertama merupakan kulit payudara akan terasa lebih kencang dari biasanya. Kulit payudara akan terasa lebih kencang sangat mungkn terjadi ketika asi bunda akan keluar.

Hal ini bisa di karenakan payudara yang semakin membesar dan juga terisi penuh yang menyebabkan area kulit di sekitar payudara lebih terasa kencang dan berisi.

Selain itu, urat di sekitar payudara bunda akan menjadi lebih menonjol di sebabkan adanya tekanan.

2. Payudara Membesar

Ciri-ciri asi akan keluar saat hamil
Ilustrasi Ibu Hamil Akan Keluar ASI /Foto:canva

Ciri-ciri asi akan keluar saat hamil yang kedua adalah payudara membesar bunda. Payudara membesar seperti membengkak ini menjadi tanda yang paling utama yang menandakan asi akan keluar bunda.

Hal ini di karenakan, payudara dipenuhi dengan cairan susu yang bisa membuat payudara terasa berat juga sedikit sakit.

Membengkaknya payudara akan berasa sakit. Tapi, jangan khawatir bunda, terdapat beberapa cara yang bisa membantu serta mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman, berikut di antaranya:

  1. Memijat payudara dengan tangan. Di karena membengkaknya payudara terkadang menyebabkan kesulitan nantinya sang buah hati menyusu, disebakan puting bunda akan rata.
  2. Sering menyusui sang buah hati. Cara ini merupakan hal yang paling terbaik yang bisa bunda coba. Bunda bisa mengatasi dengan menjaga jadwal menyusui atau bisa dengan memompa secara rutin. Hal ini bisa membantu mengosongkan payudara dan juga menghindari terjadinya saluran susu tersumbat.

3. Sakit dan Sensitif

Untuk ciri-ciri asi akan keluar saat hamil yang ketiga payudara akan terasa lebih sakit dan juga sensitif bunda. Jika payudara terasa sakit dan sensitif, bunda bisa mencoba beberapa cara yang membantu mengurangi rasa sensitif tersebut, yang sudah tersedia juga pada poin kedua ciri-ciri asi akan keluar saat hamil.

Itu tadi bunda ciri-ciri asi akan keluar saat hamil yang wajib di ketahui. Dengan adanya hal ini, jika payudara bunda mengeluarkan asi ketika sedang hamil tidak udah panik lagi.

Dan jika rasa sakit payudara bunda ketika membengkak tidak tertahankan, meskipun sudah menggunakan beberapa cara mengurangi rasa sakitnya, bunda dan pasangan bisa mencoba dengan cara menemui dokter agat tidak terjadi hal-hal yang lebih parah.

Tetaplah juga, selalu menjaga kesehatan asi bunda. Karena asi sangat mempengarusi perkembangan sang buah hati bunda dan pasangan. Salah satu caranya yang bisa bunda coba adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutri.

Sekian informasi mengenai ciri-ciri asi akan keluar saat hamil. Semoga bermanfaat untuk bunda dan sang buah hati. Terima kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait