Ini Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui, yang Bisa Bunda Coba!

Ilustrasi Payudara Ibu Menyusui Foto : Canva

Setelah menyusui sering membuat payudara bunda sebagai seorang ibu mengendur. Berikut tips atau cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang bisa bunda coba.

Bunda, sebagai seorang wanita pasti akan mengalami perubahan bentuk ataupun ukuran payudara tidak terkecuali sebelum maupun sesudah menyusui.

Untuk kasus payudara yang bisa mengendur setelah menyusui adalah ketika menyusui jaringan payudara dan kelenjar penghasil susu akan membesar dan itu menyebabkan lebih penuh.

Maka dari itu setelah bunda menyesuaikan masa menyusui sang buah hati, payudara bunda akan menyusut kembali dengan ukuran sebelumnya.

Dan pada saat itulah bunda menyadari, bahwa setelah bunda selesai menyusui payudara akan lebih lembut dan kurang penuh dibanding sebelum bunda menyusui, hal itulah yang membuat payudara bunda lebih kendur.

Banyak berbagai cara mengencangkan payudara setelah menyusui bunda, berikut caranya yang bisa bunda ikuti.

Cara mengencangkan payudara setelah menyusui

cara mengencangkan payudara setelah menyusui
Ilustrasi ibu dan anak Foto: canva

Seperti yang kita tahu bunda bawa setelah menyelesaikan masa menyusui sang buah hati payudara bunda akan lebih mengendur atau tidak penuh seperti sebelumnya.

Dan untuk memiliki payudara dengan ukuran yang sebelumnya, tergantung dengan beberapa faktor bunda. Termasuk faktor usia, faktor kenaikan berat badan ketika bunda sedang hamil dan juga faktor genetika.

Selain itu untuk bunda yang pernah merokok membuat kulit bunda elastisitas yang kurang dan sebab itu rentan untuk mengendur.

1. Memakai bra yang sesuai

Cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang pertama yaitu bunda bisa menggunakan bra yang sesuai dengan tujuan mengencangkan payudara.

Karena jika bunda memakai bra yang tidak sesuai apalagi ketika bunda sedang sangat aktif secara fisik bisa menyebabkan rasa sakit dan kemudian cedera.

Dan bunda juga harus ingat untuk selalu melepaskan bra ketika bunda akan tidur, dikarenakan jika memakai bra saat tidur bisa menghambat sirkulasi darah.

2. Mengurangi konsumsi lemak hewani

Untuk cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang kedua yaitu bunda harus mengurangi konsumsi lemak hewani.

Bunda bisa mencoba untuk mengganti lemak hewani yang terdapat tinggi kolesterol dengan minyak zaitun, vitamin B, dan juga vitamin E yang bisa mengurangi keriput dan membantu meningkatkan elastisitas kulit.

3. Berolahraga 

Dengan cara rutin berolahraga bisa membantu bunda mengencangkan payudara lagi setelah menyusui. Karena dengan berolahraga bisa membantu mengencangkan otot pectoralis mayor dan minor yang bisa membuat payudara bunda terlihat lebih terangkat.

Bunda juga bisa mencoba olahraga seperti push up, dan juga latihan beban bebas yang sering dilakukan dalam rutinitas sehari-hari.

4. Menurunkan berat badan

Cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang ketiga adalah bunda harus menurunkan berat badan. Jika bunda memutuskan menurunkan berat badan setelah melahirkan, bunda harus bersabar, karena gunakanlah proses yang perlahan-lahan bunda.

Berikanlah tubuh bunda waktu penyesuaian, karena penurunan berat badan yang tiba-tiba bisa membuat kulit longgar apalagi di bagian payudara. Cukup dengan cara makan makanan sehat dan berolahraga untuk menurunkan badan dengan aman.

5. Berhenti merokok

Untuk cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang terakhir adalah bunda yang merokok wajib berhenti. Karena merokok bisa mengurangi kemampuan kulit.

Dan juga regenerasi sel-sel kulit yang berada dalam tubuh akan terhambat karena penggunaan tembakau yang bisa menyebabkan penuaan dini, keriput dan juga kekeringan bunda.

Itu tadi bunda cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang tentunya bisa bunda coba. Semoga informasi ini bisa meredakan kecemasan bunda mengenai kendornya payudara setelah menyusui. Terima kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait