7 Fakta Menarik Tentang Anak Kidal, yang Perlu Orang Tua Ketahui

Ilustrasi Anak Kidal/Foto:Canva

Kebanyakan anak melakukan berbagai aktivitas dengan menggunakan tangan kanan. Namun, ada juga anak yang lebih dominan menggunakan tangan kiri untuk beraktifitas, Hal ini disebut dengan anak kidal.

Jumlah anak yang dilahirkan kidal tidak banyak, hanya sekitar 15% dari populasi dunia, sehingga mereka dianggap unik. Mari kita ketahui fakta menarik tentang anak kidal.

Fakta Menarik Tentang Anak Kidal

Meski terlihat berbeda anak kidal sebenarnya memiliki keistimewaan tersendiri berikut dianataranya

1. Didominasi oleh Laki-laki

Anak kidal lebih banyak ditemukan pada laki-laki daripada perempuan? Hal Berdasarkan penelitian pada tahun 2008, jumlah anak laki-laki kidal ternyata lebih banyak 23% daripada anak perempuan. Meskipun belum diketahui dengan pasti penyebabnya, namun faktanya adalah anak kidal didominasi oleh laki-laki.

2. Jumlah yang Sedikit

Jumlah anak kidal di dunia ini hanya sekitar 15 persen dari populasi total. Meski jumlahnya tidak begitu banyak, namun keberadaan anak kidal tetap menarik untuk diteliti dan dipahami lebih lanjut.

3. Lebih Cepat Pulih dari Stroke

Anak kidal memiliki keunggulan dalam pemulihan dari penyakit stroke. Saat seseorang mengalami stroke yang mempengaruhi sisi kiri otak, kemampuan bahasa mereka dapat terganggu.

Namun, anak kidal ternyata hanya menggunakan sekitar 70% dari sisi kiri otak untuk mengendalikan kemampuan bahasa mereka, sedangkan anak yang normal menggunakan sekitar 95%. Hal ini menjadikan anak kidal memiliki potensi yang lebih besar untuk pulih lebih cepat saat mengalami stroke.

4. Pandai Olahraga Tangan

Anak Kidal
Ilustrasi Anak Kidal/Foto:Canva

Anak kidal memiliki keunggulan dalam bidang olahraga yang membutuhkan ketepatan tangan, seperti anggar, tinju, tenis, baseball, dan renang.

Hal ini dikarenakan anak kidal lebih terbiasa bermain melawan pemain kanan lainnya, sehingga mereka memiliki sedikit keunggulan jika harus melawan pemain kidal lainnya.

5. Lebih Cerdas

Menurut penelitian, Anak kidal memiliki keunikan dalam struktur otak mereka yang membuat mereka lebih cerdas. Mereka dapat memproses informasi verbal menggunakan kedua sisi otaknya.

Berbeda dengan anak normal yang memiliki pembagian otak yang lebih terorganisir, di mana bagian kanan mengelola informasi visual dan bagian kiri mengelola proses verbal.

Karena anak kidal dapat memproses informasi di kedua sisi otak, mereka memiliki kemampuan untuk memproses data dalam jumlah yang lebih besar dan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi daripada anak yang tidak kidal.

6. Kreatif

Anak kidal cenderung lebih artistik karena dominasi otak mereka berada di bagian yang mengontrol kesadaran seni, kreativitas, dan imajinasi. Mereka lebih mampu mengapresiasi informasi secara visual daripada berbasis bahasa.

7. Lebih Mudah Alergi

Anak Kidal
Ilustrasi Anak Alergi/Foto:Canvas

Fakta menarik lainnya tentang anak kidal adalah mereka memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk mengalami alergi. Berdasarkan penelitian, anak kidal memiliki risiko 11 kali lebih tinggi untuk terkena alergi daripada anak yang tangan kanannya dominan. Selain itu, mereka juga memiliki risiko 2,5 kali lebih tinggi untuk terkena penyakit autoimun.

Penyebab Anak Kidal

Meskipun banyak yang penasaran, penyebab pasti anak kidal masih belum diketahui. Beberapa teori yang ada mencakup faktor genetik, jenis kelamin, dan perkembangan janin.

Faktor genetik dapat mempengaruhi kecenderungan anak untuk menjadi kidal, sementara jenis kelamin, terutama laki-laki, juga memiliki pengaruh yang signifikan karena hormon testosteron.

Tips Membesarkan Anak Kidal

Anak yang kidal memiliki banyak kelebihan yang bisa dikembangkan, Sebagai orang tua atau guru, penting untuk memahami dan menerima keunikan mereka. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengembangkan potensi anak kidal:

  1. Berikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan sisi artistik yang kuat. Dorong mereka untuk berkreasi dan mengeksplorasi bakat seni yang dimiliki.
  2. Ajak anak untuk berpartisipasi dalam olahraga, karena seringkali anak kidal memiliki keunggulan di bidang ini. Dukung mereka dalam mengeksplorasi potensi atletik mereka.
  3. Pastikan selalu menyediakan perlengkapan yang sesuai untuk anak kidal, seperti gunting khusus untuk tangan kiri, mouse komputer yang ramah anak kidal, dan perlengkapan lainnya.
  4. Jangan memaksa anak untuk menulis dengan tangan kanan, tetapi biarkan mereka mengikuti preferensi alami mereka. Hormati dan dukung pilihan mereka.
  5. Ajari anak kidal untuk melaksanakan tugas-tugas yang mungkin sedikit sulit bagi mereka, seperti mengikat tali sepatu. Jadilah contoh dan panduan yang baik bagi mereka.

Nah, Itulah beberapa fakta menarik tentang anak kidal yang perlu orang tua ketahui dan pahami, Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait