5 Cara Merawat Kehamilan Trimester Pertama

Kehamilan Trimester Pertama Foto : Canva

Memasuki kehamilan muda atau masa trimester pertama Mams harus sadar betul tentang kesehatan, Kehamilan trimester pertama adalah masa dimana seluruh organ bayi dalam kandungan tumbuh dan berkembang. Pada masa trimester pertama ini, Janin membutuhkan nutrisi yang cukup selama pembentukan dan perkembangannya.

Tips Merawat Kehamilan Trimester Pertama

Untuk menjaga dan merawat kehamilan di trismester pertama, Sebenarnya caranya mudah banget, Mams hanya perlu komitmen dan konsistensi, Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan berikut ini!

1. Hindari minuman beralkohol dan rokok

cara merawat kehamilan trimester pertama
Ibu Hamil Tidak Merokok Foto : Canva

Boleh dibilang rokok adalah musuh nomor satu untuk mams yang hamil, Kandungan seperti nikotin tar metanol dan bahan kimia berbahaya lainnya dapat menyebabkan janin keguguran, lahir prematur dan plasenta bermasalah, bukan hanya janin yang terganggu begitupun kesehatan Mams.

Bahaya penyakit paru-paru dan penyakit pernapasan lainnya mengintai Mams yang sering terpapar asap rokok pastikan untuk tidak menjadi perokok aktif maupun pasif ya Mams, Minuman alkohol juga sama berbahayanya Mams yang kecanduan alkohol bisa mengakibatkan gangguan tumbuh kembang pada janin

2. Menikmati proses kehamilan

Mams yang sedang hamil muda pasti sering banget ngerasain cemas yang berlebihan mulai dari kondisi finansial keadaan janin dan kesanggupan mengasuh kelak, Sebenarnya cemas itu wajar kok asal jangan membuat Mams terlalu over thinking yang malah dapat memicu stres.

Mams harus menerima dan menikmati semua proses kehamilan jika ingin menangis menangislah jika merasa tiba-tiba bahagia maka ekspresikanlah, Ajak Paps atau keluarga terdekat untuk bercerita jangan menyimpan beban pikiran seorang diri ya Mams.

3. Perbanyak asupan air putih dan makanan bergizi

merawat kehamilan trimester pertama
Ibu Hamil Minum Air Putih Foto : Canva

Selama kehamilan tubuh membutuhkan cairan lebih banyak cairan tersebut berfungsi membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan hal tersebut dapat dipenuhi dengan banyak mengkonsumsi air putih, Pada umumnya kebutuhan air putih Ibu hamil adalah 8-10 gelas perhari.

Mengkonsumsi cukup air putih juga dapat menghindari gangguan air ketuban selain perbanyak konsumsi air putih selama hamil Mams juga wajib banget nih mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi.

Pilihlah makanan yang mengandung folat kalsium serat dan zat besi biasanya makanan yang mengandung nutrisi tersebut banyak ditemukan pada daging telur sayuran hijau ikan dan buah-buahan

4 Minum jamu dan olahraga

Mual-muntah mudah lelah mudah pusing sulit BAB nyeri payudara ngidam dan indera penciuman jadi lebih sensitif, Ini adalah hal-hal yang hampir terjadi di setiap kehamilan trimester pertama.

Untuk meringankan gejala-gejala tersebut Mams bisa minum ramuan yang terbuat dari jahe, Hindari makanan yang dilarang saat hamil muda dalam porsi terlalu banyak, hindari gorengan dan minuman bersoda dan cobalah untuk melakukan olahraga ringan perbanyak makan serat serta jaga pola hidup seimbang

5. Istirahat Cukup

Mual atau tidak stabilnya emosi selama kehamilan trimester pertama membuat
Mams jadi lebih sulit tidur dan kurang istirahat, Tapi keadaan seperti itu jangan sampai berlarut-larut ya Mams pastikanlah untuk selalu tidur tepat waktu di malam hari

Mams juga perlu menambahkan istirahat pada siang atau sore hari istirahat yang cukup tentu dapat meningkatkan kesehatan Mams dan janin,  Istirahat atau tidur yang cukup itu adalah salah satu bagian dari terapi agar emosi stabil setiap saat loh Mams.

Nah, Itulah bebrapa tips yang bisa Mams coba saat sedang hamil muda, Semoga bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait