5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak saat Musim Hujan

Ilustrasi menjaga daya tahan tubuh anak saat hujan Foto : Canva

Musim hujan memang jadi waktu yang cukup menghawatirkan ya, Mams. Pasalnya di musim ini si kecil rawan sakit karena daya tahan tubuhnya menurun. Oleh karena itu, Mams harus pandai-pandai untuk menjaga daya tahan tubuh anak tetap fit.

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga, Mams perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari pola makan vitamin, hingga aktivitas fisik si kecil. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Mams lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak

1. Menjaga pola makan teratur

Tips pertama yang bisa Mams lakukan adalah dengan menjaga pola makan anak secara teratur. Selain itu penting memperhatikan kelengkapan nutrisinya agar tubuh anak selalu fit. Terutama makanan dengan kandungan protein dan vitamin C.

Vitamin C berperan penting terhadap tumbuh kembang anak dan memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu menjaga daya tahan tubuh secara optimal,

2. Tidur yang cukup

menjaga daya tahan tubuh anak
Ilustrasi Anak Tidur Foto : Canva

Setelah makanan, istirahat dalam bentuk tidur yang cukup mutlak diperlukan. Bagi anak-anak usia 4 sampai 6 tahun, idealnya membutuhkan waktu tidur 9 sampai 11 jam per hari. Untuk tidur malam maksimal pukul 8 malam ya, Mams.

Tidur yang cukup juga memperbaiki kemampuan si Kecil untuk fokus dan berkonsentrasi, menghilangkan lelah, meningkatkan kemampuan belajar anak, serta memelihara daya tahan tubuh

3. Beraktivitas fisik

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah tetap beraktivitas fisik. Badan yang aktif bergerak akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Mams bisa mengajak anak beraktivitas fisik di indoor seperti melakukan permainan seru. Misalnya lompat tali, petak umpet, membersihkan rumah, dan lainnya.

4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

menjaga daya tahan tubuh anak
Ilustrasi Anak Mencuci Tangan Foto : Canva

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sangat penting untuk daya tahan tubuh anak. Hal ini karena lingkungan bersih memberi dampak yang baik pada penghuninya.

Sedangkan untuk menjaga kebersihan diri pada si kecil, Mams bisa mulai mengajari cara mencuci tangan dengan langkah yang benar menggunakan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan diketahui menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menangkal bakteri dan virus penyebab penyakit

6. Konsumsi bahan herbal

Terakhir adalah mengonsumsi ramuan yang terbuat dari bahan herbal. Sejak dahulu bahan herbal dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh terutama anak-anak. Mams bisa membuat racikan tanaman rimpang atau buah-buahan seperti lemon, jahe, dan madu sebagai obat herbal untuk daya tahan tubuh anak.

Demikian tips yang dapat Mams lakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sebagai orang tua kita patut peduli dengan kondisi utamanya berkaitan dengan kesehatan si kecil. Semoga bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait