Meningkatkan daya ingat anak merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena daya ingat yang baik tentu memiliki dampak yang baik pula terhadap masa tumbuh kembang anak. Anak akan lebih mudah dalam belajar dan menyerap informasi baru

Namun kendalanya adalah tidak semua anak memiliki kemampuan mengingat yang baik. Sebagian anak mungkin memiliki daya ingat yang tajam, dan sebagiannya lagi harus dilatih atau diberi stimulus terlebih dahulu untuk memiliki daya ingat yang lebih baik.

Penyebab daya ingat anak lemah

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan daya ingat anak lemah berikut diantaranya:

  1. Kekurangan nutrisi: Anak yang kekurangan gizi, terutama zat besi dan vitamin B12, dapat menyebabkan masalah dalam perkembangan otak dan daya ingat anak.
  2. Kurangnya aktivitas fisik: Anak yang kurang aktif secara fisik dapat mengalami masalah dalam daya ingatnya. Olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat membantu dalam perkembangan otak dan daya ingat anak.
  3. Kurangnya Stimulasi: Anak yang kurang mendapatkan stimulasi atau kurang dibiasakan untuk belajar dan mengingat informasi dapat mengalami kesulitan dalam mengingat.

Cara meningkatkan daya ingat anak dalam belajar

Orang tua tentu menempati peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak, termasuk dalam momen-momen melatih daya ingatnya. Daya ingat adalah suatu hal yang dapat muncul karena dilatih ya Mams, dan dapat menurun karena tak pernah diasah.

Jadi buat para Mams yang memiliki anak dengan daya ingatnya yang rendah, tak perlu merasa khawatir! Mams bisa mencoba beberapa tips di bawah ini untuk melatihnya.

1. Mendampingi anak ketika bermain

meningkatkan daya ingat anak
Mendampingi Anak Bermain Foto : Canva

Bermain adalah salah satu momen yang dapat mendatangkan kebahagiaan bagi anak. Momen tersebut bisa Mams manfaatkan untuk melatih daya ingat anak loh. Perasaan yang bahagia bisa menjadi suport agar anak bisa memahami sesuatu dengan lebih baik. Mams bisa memilih permainan yang mendukung stimulasi anak sehingga dapat melatih daya ingat anak.

Selain itu, Mams juga bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana kepada anak setelah selesai bermain. Misalnya, tadi kita udah main apa saja ya? Jumlah batu kerikilnya ada berapa tadi? Yang sudah digambar bentuk apa saja tadi?

2. Membuat jadwal kegiatan yang teratur

Membuat jadwal kegiatan secara teratur ternyata bisa melatih daya ingat anak loh mams. Mams bisa membantu menyusun kemudian menyampaikan kepada anak untuk bisa melaksanakan jadwal tersebut secara teratur dan continue setiap hari.

Misal, dari bangun tidur hingga tidur lagi, kegiatan apa saja yang harus dilakukan oleh anak lengkap dengan keterangan jamnya. Minta anak untuk mengulanginya setiap hari untuk melatih daya ingatnya. Agar anak tidak bosan, Mams bisa memodifikasinya dalam setiam tenggang waktu tertentu ya Mams.

3. Ajari anak untuk mencatat hal penting

meningkatkan daya ingat anak
Anak Mencatat Hal Penting Foto : Canva

Untuk cara ini bisa Mams lakukan ketika anak sudah mulai memasuki usia sekolah. Dimana anak sudah memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis. Mams bisa mengarahkan anak untuk mencatat setiap hal-hal penting pada catatan kecil.

Misal, tentang tugas-tugas yang ia dapatkan di sekolah, barang-barang yang wajib ia bawa pada hari-hari tertentu, dan lain sebagainya. Catatan akan dapat membantu agar tidak lupa terhadap hal-hal yang penting dan bisa turut melatih daya ingat anak.

4. Sering mengajak anak berkomunikasi

Komunikasi memang menjadi salah satu hal penting untuk dapat diterapkan di manapun ya Mams, termasuk di rumah dengan anak-anak mams. Mams dapat melatih daya ingat anak dengan membangun komunikasi yang baik.

Contohnya dalam waktu-waktu tertentu Mams bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti, minggu besok kita mau pergi ke mana? Besok ade mau bawa bekal apa ke sekolah? Nanti malam mau makan apa? Dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan semacam itu bisa melatih daya ingat anak menjadi lebih kuat loh Mams.

5. Melakukan Istirahat yang cukup

meningkatkan daya ingat anak
Anak Istirahat Foto : Canva

Anak yang kurang tidur atau tidak memiliki pola tidur yang teratur dapat mengalami masalah dalam daya ingat. Karena otak tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk mereset dan membersihkan sampah informasi yang tidak diperlukan, sehingga daya ingat anak menjadi lemah.

Selain itu, tidur juga berperan dalam proses pembelajaran dan penyimpanan informasi baru di otak. Jika anak kurang tidur, proses tersebut tidak berjalan dengan baik sehingga membuat anak kesulitan dalam mengingat informasi yang baru diterimanya.

6. Memberi asupan nutrisi yang cukup

Tips terakhir adalah memberi anak asupan nutrisi yang cukup, Memberi bekal makanan ke sekolah anak dengan asupan nutrisi yang baik, Seperti makanan yang mengandung Omega-3 asam lemak, Protein, Vitamin C, Vitamin B dan Zat besi juga dapat membantu meningkatkan daya ingat anak

Nah, Itulah beberapa tips cara meningkatkan daya ingat anak yang bisa mams coba dan terapkan, Daya ingat yang baik tentu memiliki dampak yang baik pula terhadap masa tumbuh kembang anak ya mams, Semoga bermanfaat

Temukan Artikel Lainya di Google News