Cara Menghilangkan Bau Keputihan Dengan Daun Sirih, 100% Manjur

Bagaimana cara menghilangkan bau keputihan dengan daun sirih? Selain menggunakan sabun khusus kewanitaaan, daun sirih diklaim dapat menghilangkan bau keputihan.

Karena seperti yang kita tahu, bau tidak sedap dari vagina karena keputihan memang sangat mengganggu, bahkan sering membuat tidak percaya diri.

Keputihan sendiri bisa disebabkan karena berbagai macam faktor seperi pengaruh hormon, siklus menstruasi hingga gangguan reproduksi.

Jika keputihan sudah menimbulkan bau tidak sedap, maka bunda perlu segera mengatasinya. Dan salah satu alternatif yaang bisa dilakukan adalah penggunaan daun sirih.

Benarkan Daun Sirih Bisa Atasi Bau Karena Keputihan?

Cara Menghilangkan Bau Keputihan Dengan Daun Sirih

Khasiat daun sirih sebetulnya sudah lama diakui oleh masyarakat baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Bahkan, tanaman ini juga dikenal mampu mengatasi keluhan kemaluan wanita atau vagina.

Lalu apakah benar, daun sirih cukup ampuh untuk mengatasi bau vagina karena keputihan?

Sebenarnya, belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Hanya saja, sejumlah penelitian berhasil mengambil kesimpulan jika daun sirih punya fungsi antibakteri.

Artinya, jika digunakan dengan tepat maka daun sirih dipercaya mampu membunuh berbagai faktor penyebab keputihan tidak normal, entah itu karena bakteri, virus, protozoa, atau virus.

Bahkan, kandungan fenol dan fenilpropana di dalamnya juga dapat berfungsi sebagai antiseptic.

Hasil penelitian dari Journal of Vocational Health Studies pun mengungkapkan jika terjadi penurunan gejala keputihan setelah penggunaan rebusan daun sirih merah.

Dari semua itu, dapat disimpulkan bahwa daun sirih bisa saja digunakan sebagai cara menghilangkan bau keputihan pada vagina wanita.

Cara Menghilangkan Bau Keputihan Dengan Daun Sirih

Cara Menghilangkan Bau Keputihan Dengan Daun Sirih

Selanjutnya, bunda pasti sudah sangat penasaran bagaimana cara menghilangkan bau keputihan dengan daun sirih.

Faktanya, bunda hanya perlu merebus daun sirih untuk diminum, sebagai pembasuh, atau tampon dengan langkah-langkah yaitu:

  • Siapkan 3 hingga 4 lembar daun sirih yang masih segar
  • Potong-potong daun sirih menjadi beberapa bagian kecill
  • Rebus 2 gelas air, setelah agak mendidih masukkan potongan daun sirih lalu tunggu hingga mulai layu dan air rebusan berkurang (5-10 menit)
  • Saring air rebusan daun sirih
  • Biarkan hingga suhunya menurun

Jika air rebusan daun sirih sudah agak dingin, seperti penjelasan sebelumnya bunda bisa menggunakannya untuk 3 macam cara.

Boleh langsung diminum, menjadikannya sebagai pembasuh, atau menggunakannya untuk tampon.

1. Air Rebusan Daun Sirih Untuk Diminum Langsung

Apabila air rebusan daun sirih yang dibuat tadi sudah menurun suhunya, bunda bisa langsung meminumnya. Untuk dosisnya, bunda bisa minum rebusan daun sirih 2-3 hari sekali, sampai gejala keputihan berkurang.

Apabila bunda kurang selera dengan rasanya, bunda boleh menambahkannya dengan madu atau air lemon.

2. Air Rebusan Daun Sirih Sebagai Pembasuh

Apakah bunda berniat menjadikan air rebusan daun sirih sebagai pembasuh? Jika benar begitu, pastikan dulu air rebusan sudah benar-benar dingin.

Saat sudah yakin mendingin, gunakan untuk membasuh area vagina bunda dari arah depan ke belakang untuk menghindari kontaminasi bakteri.

Selain itu, bunda juga tidak boleh menggunakannya secara berlebihan, cukup 1-2 kali saja seminggu. Dengan begitu, ph kewanitaan bunda akan tetap seimbang dan tidak malah menjadi terlalu kering.

3. Air Rebusan Daun Sirih Untuk Tampon

Bunda juga boleh mengaplikasikan rebusan daun sirih tadi dengan bantuan tampon. Dengan begitu, air rebusan bisa tepat mengenai bagian dalam organ kewanitaan dan penyembuhan pun semakin cepat.

Caranya sangat mudah, tinggal celupkan saja tampon bersih ke air rebusan daun sirih yang sudah mulai dingin.

Jika tampon sudah cukup menyerap air rebusan sirih, masukkan ke dalam liang vagina lalu diamkan selama 15 menit, sebelum mencabutnya lagi.

Bunda bisa mengulangi langkah tersebut 1 atau 2 kali dalam seminggu sampai keputihan membaik dan baunya hilang.

Itu dia tadi cara menghilangkan bau keputihan dengan daun sirih. Jadi, bunda tidak perlu bingung lagi mengatasi bau karena keputihan, karena informasi di atas bisa menjadi solusi.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait