Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Normal atau Caesar

Ilustrasi mengukur perut buncit

Setelah melahirkan tentunya bunda ingin kembali memiliki berat badan ideal seperti gadis dahulu. Berikut cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal atau Caesar.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan wajib bunda ketahui jika ingin kembali memiliki pinggang ramping ideal.
Menjadi seorang ibu merupakan hal yang diidamkan oleh semua wanita bunda.

Namun, setelah selesai melahirkan terkesan sangat berat untuk kembali memiliki berat badan ideal. Untuk tahu cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal atau caesar simak di sini:

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Sebagai seorang ibu melahirkan merupakan sebuah anugerah yang sangat harus disyukuri. Karena pada saat itu bunda berjuang sangat keras untuk bisa melahirkan sang buah hati dalam keadaan sehat pada dunia ini.

Tidak hanya ketika melahirkan sang bunda berjuang, bahkan telah melahirkan bunda juga harus tetap berjuang untuk kembali mengecilkan perut agar kembali ke bentuk semula.

Banyak diantaranya bunda merasa sangat sulit untuk mengecilkan perut ke bentuk semula. tentunya ada banyak cara untuk melakukan hal, berikut cara mengecilkan perut setelah melahirkan:

1. Olahraga

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
Ilustrasi ukuran perut Foto: canva

Cara mengecilkan perut yang pertama ialah berolahraga. Ketika bunda melahirkan secara caesar pada saat itu dokter memotong berapa otot perut dan kemudian menghasilkan kantung lemak di perut bunda.

Ada baiknya bunda berolahraga setelah 6 sampai 8 Minggu setelah melahirkan. Olahraga yang aman bunda lakukan bisa dengan cara berjalan kaki serta mengajak bayi bunda yang baru lahir setidaknya 3 kali seminggu.

2. Tidur cukup

Menjaga pola tidur juga merupakan hal yang sangat penting bunda untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Setidaknya setiap hari bunda tidur minimal 5 jam.

Memang sangat sulit dilakukan oleh bunda yang memiliki bayi yang baru lahir, namun usahakan hal itu bunda lakukan. Bunda bisa tidur ketika bayi bunda juga sedang tidur.

3. Makan makanan yang sehat

Bunda yang baru saja melahirkan butuh banyak energi untuk merawat sang buah hati dan juga memberi mereka ASI.
Oleh sebab itu, bunda harus menjaga pola makan dengan cara makan makanan yang sehat.

Pastikan pola makan bunda kaya dengan karbohidrat, rendah lemak, mineral, serta memiliki serat dan juga vitamin yang cukup. Bunda juga bisa mungkin menghindari makanan yang terlalu manis dan juga makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan dan minuman soda.

Makanlah makanan yang sehat seperti buah, sayuran dan protein yang tidak memiliki lemak serta bunda juga harus mengontrol kalori yang masuk pada tubuh.

4. Menyusui

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang paling muda adalah dengan cara menyusui. menyusui sang buah hati Bunda sendiri merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan lemak perut.

Paling tidak bunda memberikan ASI kepada sang buah hati selama 6 bulan, hal ini bisa membakar sekitar 500 kalori ekstra tiap harinya.

Tidak hanya itu bunda, dengan menyusui juga bisa bantu melepaskan hormon oksitosin yang merangsang Kontraksi rahim sehingga bisa membantu rahim untuk kembali ke ukuran sebelum bunda hamil.

5. Mengkonsumsi banyak air

Minum air yang cukup merupakan salah satu cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan bunda. Hal ini bisa membantu bunda menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan juga bisa membantu membakar lemak yang berlebihan di sekitar pinggang bunda.

Bunda juga bisa mencampurkan perasan lemon dan juga madu ke dalam air hangat untuk diminum kali sehari dan lebih baik juga jika diminum di pagi hari.

Itu tadi bunda 5 cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal atau caesar. Memiliki sang buah hati tercinta di dalam dunia ini merupakan anugerah yang wajib bunda syukuri.

Dan setelah melahirkan mungkin bunda berkeinginan untuk kembali memiliki pinggang yang langsing atau perut yang kembali kecil seperti sebelum hamil.

Semoga informasi mengenai cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal atau caesar ini dapat membantu Bunda untuk mengambil keputusan.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait