6 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kusam dan Gelap

Wajah Kusam Foto : Canva

Kulit wajah kusam dapat ditandai dengan tampilan wajah yang tampak kurang sehat, kurang bercahaya, dan tidak bersemangat. Selain itu, kulit kusam juga dapat menyebabkan kulit terasa kering, lepek dan warnanya tampak lebih gelap dari biasanya.

Penyebab kulit wajah kusam dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, polusi udara, kurang olahraga, pola makan, pola hidup kurang baik hingga efek paparan sinar matahari atau sering disebut denga sinar UV (ultraviolet)

Tips Mengatasi Kulit Wajah Kusam

Kulit wajah kusam dan berminyak tentu bisa membuat kita merasa tidak nyaman ya kan Mams. Rasa percaya diripun bisa berkurang. Namun Mams tidak perlu khawatir, kulit wajah yang kusam tentu dapat di atas kok. Nah, untuk lebih jelasnya yuk coba simak penjelasan di bawah ini.

1. Terapkan pola hidup yang sehat

Bagaimana cara kita mengatur pola hidup ternyata dapat mempengaruhi kulit wajah kita loh. Jika Mams ingin mengatasi kulit wajahmu yang kusam, salah satunya bisa dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Contohnya adalah, perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayur, dan kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Usahakan untuk meminum air putih minimal 8 gelas setiap harinya ya.

2. Lakukan double cleansing

mengatasi kulit wajah kusam
Cuci Muka Foto : Canva

Double cleansing adalah hal yang penting untuk dilakukan, dan diyakini dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang kusam. Terutama setelah Mams bermake-up, pastikan Mams melakukan double cleansing. Jika make-up di wajahmu tidak dibersihkan dengan benar, dikhawatirkan akan menghambat pori-pori dan menimbulkan berbagai permasalahan kulit, salah satunya yaitu membuat wajah semakin kusam.

Gunakan pembersih muka untuk menghilangkan semua riasan di wajah. Kemudian Mams bisa lanjut mencuci wajahmu dengan menggunakan sabun pencuci wajah. Hindari produk sabun dengan scrub yang terlalu kasar ya, agar tidak terjadi pengelupasan atau sobekan kecil pada kulit wajah yang dapat membuat kulit wajahmu menjadi semakin kusam.

3. Hindari membasuh wajah dengan air panas terlalu sering

Terlalu sering membasuh wajah dengan air panas dapat menghilangkan minyak alami yang dimiliki oleh kulit. Akibatnya, kulit akan menjadi kering dan akan lebih mudah untuk kusam.

4. Gunakan serum

Cara lain yang dapat membantumu mengatasi kulit kusam adalah dengan penggunaan serum. Serum adalah satu jenis perawatan kulit yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Mams bisa menggabungkan serum ke dalam rangkaian skincare rutinmu untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.

5. Aplikasikan masker wajah secara rutin

mengatasi kulit wajah kusam
Masker Wajah Foto : Canva

Pada umumnya, orang menggunakan masker wajah tiga kali dalam seminggu. Mams juga bisa melakukan hal tersebut, atau paling tidak gunakanlah masker satu minggu satu kali. Tapi pastikan Mams memilih jenis masker wajah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya. Mams bisa memilih masker yang mengandung bahan pencerah agar dapat membantu mengatasi kulit kusammu.

6. Atasi dengan bahan-bahan alami

Tahukah Mams, selain produk-produk skincare, beberapa bahan alami juga dapat membantumu untuk mengatasi kulit kusam loh. Bahan-bahan alami yang bisa Mams gunakan antara lain adalah madu, lidah buaya, lemon, pisang, kunyit, dan serbuk kopi. Namun berbeda dengan produk skincare dalam kemasan, jika Mams memilih mengatasi kulit kusammu dengan bahan alami seperti di atas, Mams harus sedikit lebih sabar dalam menunggu hasilnya ya.

Karena biasanya bahan alami memerlukan waktu yang lebih banyak sampai dia bisa memberikan hasil yang diinginkan. Meskipun begitu, hasil perawatan dari bahan-bahan alami cenderung lebih aman loh. Jadi, Mams hanya perlu bersabar. Semangat ya!

Nah, Itu dia 6 tips untuk mengatasi kulit wajah yang kusam. Semoga bermanfaay ya. Tetap semangat, semoga semua keluhan wajah Mams cepat teratasi!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Satu komentar tentang “6 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kusam dan Gelap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait