Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi 

Ilustrasi Membersihkan Hidung Bayi Foto : Canva

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi pelu di ketahui oleh setiap orang tua, Pasalnya kondisi hidung tersumbat dapat mengganggu waktu tidur bayi dan membuatnya tidak bisa bernapas dengan bebas, Kondisi seperti ini yang sering membuat bayi selalu rewel

Hidung tersumbat sering terjadi pada bayi karena adanya penumpukan cairan atau ingus di dalam hidung. Kondisi ini terjadi saat bayi sedang mengalami demam atau pilek, sehingga bagian hidung, pembuluh darah, dan jaringan sekitarnya mengalami pembengkakan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Mams bisa mencoba beberapa cara di bawah ini agar bisa memberikan pertolongan pertama dengan baik dan benar pada saat bayi mengalami hidung tersumbat. Simak ulasan berikut ini!

1. Lakukan Pemijatan pada Bayi Menggunakan Minyak Esensial

mengatasi hidung bayi tersumbat
Ilustrasi Memijat Bayi Foto : Canva

Memijat bayi dengan menggunakan minyak esensial ini merupakan salah satu cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Mams bisa mengoleskan minyak esensial seperti minyak mustard, minyak kayu putih, minyak chamomile, dan minyak dari bunga lavender. 

Hal ini karena aroma yang berasal dari minyak esensial berfungsi untuk meredakan hidung bayi yang tersumbat secara alamiah. Mams bisa mengoleskan minyak esensial tersebut pada bagian pipi, dada, dahi, punggung, dan hidung agar bayi bisa tidur dengan nyaman dan tidak rewel. 

Sambil memijat bayi, Mams juga bisa sambil menepuk bagian punggung bayi secara perlahan-lahan. Hal ini bertujuan agar bayi menjadi lebih rileks dalam bernafas dan bisa tidur pada malam hari. 

2. Rutin Membersihkan Lendir dan Ingus pada Hidung Bayi

mengatasi hidung bayi tersumbat
Ilustrasi Membersihkan Hidung Bayi Foto : Canva

Pada saat bayi mengalami hidung tersumbat, Mams harus rutin membersihkan lendir dan ingus yang menempel pada hidung bayi tersebut. Hal ini merupakan salah satu cara ampuh mengatasi hidung tersumbat pada bayi. 

Kemudian, Mams juga harus membersihkan lendir yang sudah mengering pada hidung bayi yang sedang tersumbat. Mams bisa menggunakan kain yang sebelumnya dicelupkan ke dalam air hangat untuk membersihkan lendri kering tersebut. 

Tujuan membersihkan lendir dan ingus secara rutin adalah untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada hidung yang diakibatkan oleh upil yang terdapat pada hidung bayi. Upil tersebut timbul dari lendir dan ingus yang sudah mengering dan mengeras. 

Mams bisa menggunakan korek kuping khusus untuk bayi dalam membersihkan ingus maupun lendir tersebut. Cara ini sangat mudah untuk Mams praktekan di rumah ketika bayi sedang tidur dan bisa mengatasi hidung yang tersumbat pada bayi. 

3. Mengatur Posisi Tidur pada Bayi dengan Baik dan Benar

car mengasti hidung bayi tersumbat
Ilustrasi Posisi Tidur Bayi Foto : Canva

Mengatur posisi tidur bayi dengan baik dan benar termasuk salah satu cara cepat mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Adapun cara yang bisa Mams terapkan adalah dengan memberikan bantal yang sedikit lebih padat dan keras. 

Fungsinya adalah agar bayi lebih leluasa dalam bernafas ketika sedang tidur. Selanjutnya, manfaat lainnya adalah bayi akan merasa lebih nyaman tidur dengan posisi seperti ini. Karena, kepala bayi menjadi lebih tinggi dan bayi akan lebih mudah untuk menghirup udara pada proses pernapasan.

Kemudian, melalui posisi tidur yang telah diatur sedemikian rupa itu membuat ingus dan lendir pada hidung bayi tidak menumpuk dan menggumpal. Hal ini bisa membantu agar lendir maupun ingus tidak menyumbat hidung bayi ketika sedang bernafas. 

Nah, Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Mams coba, Semoga bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait