5 Cara Mudah Mengatasi Ambeien pada Ibu Hamil

Ambeien pada ibu hamil Foto : Canva

Ambeien merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh kebanyakan ibu hamil, Ambeien atau wasir ini terjadi karena adanya tekanan pada pembuluh darah di sekitar area dubur. Penyakit ambeien dapat memberikan rasa tidak nyaman di sekitar anus, mulai dari gatal, panas, hingga nyeri yang hebat pada ibu hamil.

Penyebab Ambeien pada Ibu Hamil

Hal utama yang menyebabkan ambeien pada ibu hamil adalah peningkatan tekanan dalam pembuluh darah di area anus dan rektum. Hal ini dapat terjadi karena peningkatan berat badan dan peningkatan tekanan dari janin yang tumbuh di rahim.

Selama masa kehamilan Mams juga akan kerap mengalami susah buang air besar, Hal ini terjadi karena terpengaruh oleh perubahan hormon yang memperlambat sistem pencernaan Mams, akibatnya saat ingin buang air besar Moms harus mengejan lebih keras dan ini akan membuat pembuluh darah di sekitar rektum tertekan serta meradang dan memicu terjadinya ambeien.

Cara Mengatasi Ambeien pada Ibu Hamil

Ambeien pada ibu hamil
Megatasi ambien pada ibu hamil Foto : Canva

Untuk meredakan rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang timbul karena ambeien saat hamil, Mams dapat mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Berendam air hangat

Langkah pertama untuk mengobati ambien pada ibu hamil adalah berendam air hangat, Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal, iritasi, dan melemaskan otot panggul penderita ambeien. Mams dapat melakukan sitz bath dengan cara merendam bokong Mams di baskom berisi air hangat yang diletakkan di atas dudukan WC.

2. Jangan mengejan saat BAB

Mengejan saat Buang Air Besar (BAB) dapat memperburuk kondisi ambeien. Hal yang  yang dapat Mams lakukan untuk mengatasinya adalah dengan meninggikan posisi kaki saat BAB, dengan cara berpijak pada bangku pendek. Posisi ini akan lebih mempermudah proses BAB tanpa harus mengejan

3. Jangan duduk terlalu lama

Untuk mengurangi gejala ambeien, sebaiknya hindari duduk terlalu lama. Posisi ini akan menambah tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan memperburuk kondisi ambeien. Namun jika memang harus duduk dalam waktu yang cukup lama, Mams dapat menggunakan bantal hemorrhoid (bantal duduk berbentuk cincin) agar ambeien tidak tertekan.

4. Konsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan minum air putih yang cukup dapat membuat tinja atau feses lebih lunak dan membantu dalam proses BAB, Selain membantu dalam memperlancar BAB dan mencegah konstipasi, cara ini juga dapat membantu dalam mengurangi gejala ambeien pada ibu hamil.

5. Periksa ke dokter

Jika gejala ambeien tidak membaik, sangat disarankan Mams untuk segera berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat dan dapat menyarankan obat-obatan untuk meredakan nyeri dan pembengkakan. Pada kasus ambeien yang dialami ibu hamil, dokter mungkin akan memberikan resep obat pereda nyeri dalam bentuk krim atau salep yang dioleskan langsung ke area anus.

Penyakit ambeien juga bisa berlanjut hingga setelah melahirkan, Hal ini terjadi karena dipicu oleh proses mengejan saat melahirkan normal. Tekanan yang kuat saat mengejan dapat menyebabkan munculnya ambeien atau membuat ambeien yang sudah ada jadi membesar.

Nah, Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi ambeien pada ibu hamil, Semoga bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait