Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja, 100% Ampuh Tanpa Drama

Bunda sedang mencari cara mengajari anak membaca tanpa mengeja? Walaupun teknik belajar membaca dengan mengeja sebenarnya umum, bunda tetap bisa kok memilih metode lain.

Asalkan, bunda dapat memilih cara pembelajaran yang tepat dan konsisten, dijamin anak dapat lancar membaca, tanpa harus mengeja tiap huruf.

Lalu bagaimana metode pembelajaran membaca yang dimaksud? Intip penjelasan selengkapnya berikut ini! Cara

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Berikut beberapa cara mengajarkan anak membaca tanpa mengeja yang bisa bunda coba praktikan

1. Belajar Huruf Melalui Permainan

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Cara ini diketahui lebih efektif untuk membantu mengembangkan keterampilan membaca anak. Selain itu, karena dilakukan melalui permainan, cara ini juga dianggap lebih menyenangkan sehingga meningkatkan semangatnya.

Ada banyak pilihan permainan yang bisa dipilih untuk mengajarkan anak-anak membaca tanpa mengeja seperti diantaranya:

  • Bingo huruf, bunda tinggal cetak kartu bingo dengan huruf-huruf di atasnya dan biarkan anak-anak mencocokkan
  • masing-masing huruf yang dipanggil dengan kartu yang mereka pegang
  • Permainan menulis dan menggambar, jadi biarkan anak menulis atau menggambarkan huruf yang mereka lihat atau dengar
  • Membuat kata dari blok huruf, di sini anak-anak dituntun untuk mencoba membuat kata dengan mengatur huruf-huruf secara berbeda

2. Belajar Membaca Melalui Lagu

Cara mengajari anak membaca tanpa mengeja berikutnya adalah bisa menggunakan lagu. Melalui lagu, anak-anak bisa lebih mudah mendengarkan bunyi-bunyi huruf sekaligus mengingatnya.

Contoh lagu yang bisa digunakan sebagai media belajar adalah lagu alfabet. Usahakan bunda ikut menyanyi bersama si kecil, sehingga mereka dapat belajar secara bertahap untuk mengenali bunyi setiap huruf.

3. Menggunakan Gambar yang Menarik

Pada umumnya, anak-anak justru lebih tertarik untuk belajar dengan melihat gambar-gambar.

Artinya, bunda bisa mengajarkan anak membaca tanpa mengeja melalui media bergambar bisa buku cerita bergambar maupun video Youtube.

Setelah melihat gambar atau video ajak si kecil untuk mengulang bunyi kata yang mereka lihat dan dengar. Cara ini dapat sekaligus membantu anak dalam mengingat bentuk dan bunyi huruf.

Kalau sudah begini, mudah bagi bunda membiasakan anak-anak untuk membaca tanpa mengeja bahkan menulis.

4. Menggunakan Metode Fonik

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Banyak pendapat yang bilang bahwa akan lebih mudah mengajarkan anak membaca tanpa mengeja dengan metode fonik.

Metode fonik mengacu pada memperkenalkan hubungan antara huruf dan bunyinya, sehingga membuat anak lebih mudah membaca dengan lancar. Langkah-langkah belajar membaca tanpa mengeja dengan metode fonik adalah sebagai berikut:

  • Mulai dengan huruf vokal, ajarkan anak berlatih huruf vokal dulu seperti A,U,I,O dan E kemudian mempraktekkannya untuk membaca kata-kata sederhana yang mengandung huruf tersebut
  • Mengenalkan huruf konsonan, apabila huruf vokal sudah berhasil dikuasai, bunda bisa mulai mengajarkan bunyi huruf konsonan melalui kata-kata sederhana

5. Temani Anak Ketika Belajar Membaca

Jangan lupa, bunda juga harus selalu mendampingi si kecil selama mereka belajar membaca.

Metode belajar membaca bersama ini sering disebut sebagai paired of buddy reading, ternyata terbukti efektif dalam mengajarkan anak membaca tanpa mengeja.

Caranya adalah bunda dan si kecil bergiliran membaca dengan keras. Mulai dengan bunda terlebih dahulu sebagai contoh untuk ditiru si kecil.

Lanjut minta anak membaca halaman yang sama yaitu yang baru dibaca oleh bunda. Lakukan terus beberapa halaman dan setiap hari.

6. Rekam

Bunda juga boleh merekam setiap momen ketika si kecil berlatih membaca tanpa mengeja, lalu gunakan rekaman tersebut sebagai buku audio.

Di waktu berikutnya, ajak anak untuk mendengarkan kembali rekaman tersebut dan mempraktekkannya.
Dengan cara ini, anak cenderung lebih semangat untuk belajar membaca tanpa mengeja.

Itu dia tadi cara mengajari anak membaca tanpa mengeja. Setelah cukup fasih membaca, bunda bisa mulai memperkenalkan tanda baca, teknik membaca dengan benar dan lainnya untuk meningkatkan keterampilannya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait