7 Cara Menahan Lapar dan Haus saat Puasa Paling Efektif

Ilustrasi Lapar Foto : Canva

Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh umat muslim, Namun menjalankan puasa memang tidak mudah, terutama saat menahan rasa lapar dan haus. Tubuh perlu menyesuaikan diri dengan kondisi ini, Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menahan lapar dan haus saat puasa.

Bagaimana Cara Menahan Lapar dan Haus saat Puasa

Puasa yang dilakukan dengan benar dianggap bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengelola berat badan, Nah Berikut cara menahan lapar dan haus saat puasa

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi Selama Berpuasa

Cara menahan lapar dan haus saat puasa adalah mencukupi kebutuhan gizi, Ketika berpuasa, mengonsumsi makanan dalam porsi besar tidak menjamin terpenuhinya energi dan mencegah rasa lapar dalam waktu lama. Yang lebih penting dari itu adalah kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Karena waktu makan terbatas saat berpuasa, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi. Sumber protein seperti telur, daging ayam, tahu, dan tempe sangat penting untuk memperkuat tubuh. Sementara karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari nasi merah, kentang, ubi, dan oat.

2. Menentukan Porsi Makan yang Tepat Selama Berpuasa

Salah satu cara menahan lapar dan haus saat puasa adalah dengan menentukan porsi makan yang cukup. Porsi makan yang tepat sangat berpengaruh pada rasa lapar dan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Hindari makan dengan porsi yang terlalu kecil saat berpuasa karena tubuh membutuhkan banyak energi cadangan untuk beraktivitas di siang hari. Kekurangan asupan makanan saat sahur dapat membuat tubuh lebih mudah merasa lapar dan memengaruhi fungsi organ tubuh seperti metabolisme dan sistem kerja otak.

3. Menghindari Konsumsi Karbohidrat

Banyak orang berpikir bahwa mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang banyak saat sahur dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Namun, kenyataannya rasa kenyang yang didapatkan hanya bersifat sementara. Saat terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan mengalami lonjakan gula darah secara tiba-tiba yang kemudian akan menurun dengan cepat. Akibatnya, tubuh akan mudah lemas dan kekurangan energi saat menjelang siang hari.

4. Jangan Bermalas-malasan

cara menahan lapar dan haus saat puasa
Ilustrasi Bermalas-malasan Foto : Canva

Cara menahan lapar dan haus saat puasa berikutnya adalah hindari bermalas-malasan saat puasa, Banyak orang berpikir bahwa dengan bermalas-malasan saat berpuasa akan menghemat energi. Namun, hal ini adalah pemikiran yang salah. Jika tidak melakukan aktivitas apapun, pikiran akan terus tertuju pada rasa lapar dan haus yang menyebabkan rasa lapar semakin terasa.

Sebaliknya, sebaiknya lakukan beberapa kegiatan seperti mengerjakan pekerjaan rumah, membaca buku, menyelesaikan tugas sekolah, atau membuat kreativitas lainnya. Dengan melakukan aktivitas tersebut, pikiran akan teralihkan dari makanan, minuman, rasa lapar, dan haus.

5. Isitrahat Cukup

Istirahat yang cukup salah satu cara menahan lapar dan haus saat puasa. Selama bulan Ramadan cobalah untuk tidur lebih cepat dibandingkan biasanya. Tidur yang cukup membuat tubuh memiliki banyak energi untuk beraktivitas dan mencegah mood swing yang bisa memengaruhi keinginan untuk makan.

Mams bisa mengatur pola tidur agar bisa istirahat dan bangun di jam yang sama setiap harinya selama menjalan ibadah puasa. Mams juga bisa beristirahat pada siang hari untuk mengembalikan energi dan menunda lapar.

6. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

cara menahan lapar dan haus saat puasa
Ilustrasi Minum Air Putih Foto : Canva

Cara menahan lapar dan haus saat puasa berikutnya yang perlu Mams perhatikan saat berpuasa adalah mencukupi kebutuhan cairan harian. Terlebih lagi bagi Mams yang menjalankan puasa di musim panas atau daerah yang cukup terik. Kekurangan cairan dapat membuat tubuhmu mudah lelah dan kekurangan energi.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi minimal dua liter cairan setiap harinya. Mams dapat mengonsumsi air putih, teh tanpa gula, atau sup saat saur dan berbuka puasa untuk memenuhi kebutuhan cairan

7. Selalu Berpikir Positif

Membentuk pola pikir yang positif juga sangat penting dalam menjalani ibadah puasa. Dengan memikirkan manfaat-manfaat positif dari puasa, seperti penurunan berat badan, memelihara sistem pencernaan, dan perbaikan sel-sel dalam tubuh, akan membantu Mams tetap semangat dalam menjalani ibadah puasa.

Jangan biarkan pikiran negatif seperti rasa lapar atau lemas menguasai diri, karena hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan mental dan emosional. Selalu berfokus pada manfaat positif yang bisa Mams dapatkan dari puasa.

Nah, itulah beberapa cara menahan lapar dan haus saat puasa yang bisa Mams coba, Dengan mengatur pola makan dengan tepat, tubuh akan tetap tercukupi nutrisinya dan Mams akan lebih mudah menahan lapar dan haus selama berpuasa. Semoga bermanfaat.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait