6 Cara Membiasakan Anak Sikat Gigi Sebelum Tidur di Malam Hari

Bagaimana cara membiasakan anak sikat gigi sebelum tidur? Pertanyaan ini mungkin yang paling banyak ditanyakan bunda maupun ayah, khususnya yang anak-anaknya sulit diajak sikat gigi di malam hari.

Memasuki usia yang sudah tidak lagi balita, anak-anak pastinya mengkonsumsi lebih banyak jenis makanan.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mulut harus selalu diusahakan, supaya terhindar dari kuman, bakteri, maupun virus berbahaya yang mengancam tubuh.

Mengajak anak-anak menyikat gigi di pagi hari setelah sarapan bisa jadi tidak terlalu susah. Beda lagi jika menyuruh mereka untuk gosok gigi di malam hari sebelum tidur, mungkin menjadi tantangan sendiri.

Bagaimana Cara Membiasakan Anak Sikat Gigi Sebelum Tidur di Malam Hari?

Cara Membiasakan Anak Sikat Gigi Sebelum Tidur

Kini, baik bunda atau ayah tidak perlu bingung untuk membiasakan anak sikat gigi di malam hari sebelum tidur, tinggal ikuti saja tipsnya di bawah ini:

1. Ajak Anak Untuk Memilih Sikat dan Pasta Gigi Favoritnya

Anak-anak cenderung suka melakukan sesuatu menggunakan benda-benda kesukaannya, termasuk menyikat gigi.

Jadi, ada baiknya bunda menemani anak membeli alat sikat gigi mereka sesuai karakter dan desain favoritnya. Hal ini akan membuatnya semakin semangat untuk rutin sikat gigi, baik malam maupun pagi hari.

2. Sikat Gigi Bersama-sama

Agar anak terbiasa gosok gigi di malam hari, tidak ada salahnya bunda mengajak si kecil menyikat gigi bersama-sama.

Selama sikat gigi bersama, usahakan untuk membangun suasana nyaman dan menyenangkan agar anak makin antusias.

Bunda boleh mencoba menirukan suara dan ekspresi lucu, untuk membuat anak tidak bosan.

Selain itu, sesekali ceritakan tentang manfaat gosok gigi sebelum tidur untuk menambah pengetahuannya.

3. Mengajarkan Teknik Menyikat Gigi yang Benar

Agar tidak membuat anak trauma atau malas sikat gigi sebelum tidur di malam hari, maka bunda atau ayah harus mengajarkan teknik yang benar.

Pasalnya, jika teknik sikat gigi yang dilakukan si kecil salah, bisa saja anak merasa kesakitan dan tidak mau melakukannya lagi di kemudian hari.

Untuk teknik sikat gigi yang benar adalah mulai dari kumur-kumur, memegang sikat gigi, sikat gigi bagian depan, dalam, samping, lalu geraham, dan dilanjutkan dengan berkumur kembali sebanyak 2 kali.

4. Saling Menyikat Gigi

Cara Membiasakan Anak Sikat Gigi Sebelum Tidur

Ketika menginjak usia dini, wajar saja jika anak ingin melakukan semua hal baru yang dianggap menarik, termasuk mencoba menggosok gigi bunda.

Di sini, bunda bolehkan saja si kecil melakukan hal tersebut, bahkan asal-asalan pun tidak masalah.

Jika sudah, gantian bunda yang menggosok gigi si kecil, sekaligus memberikan contoh bagaimana cara melakukan yang benar.

Percayalah, ini akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi si kecil sekaligus membuatnya selalu bersemangat sikat gigi sebelum tidur malam.

5. Menggunakan Media Visual

Cara membiasakan anak sikat gigi sebelum tidur lainnya adalah dengan menggunakan media visual.

Media visual yang dimaksud bisa buku cerita, gambar, maupun video yang isinya tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Pada umumnya, penjelasan secara visual seperti ini lebih dipahami oleh anak-anak dan membuat mereka tertarik.

6. Tawarkan Hadiah

Saat cara-cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, mungkin dengan menawarkan hadiah untuk si kecil bisa menjadi trik efektif.

Caranya adalah setiap selesai sikat gigi sebelum tidur malam, berikan satu stiker kesukaannya. Nanti, setelah terkumpul dan mencapai target tertentu, maka beri hadiah sesuai yang bunda janjikan.

Demikian tadi cara membiasakan anak sikat gigi sebelum tidur. Sikat gigi dengan rutin, harus dibiasakan sejak masa kanak-kanak. Dengan begitu, kesehatan gigi bisa terjaga hingga si kecil tumbuh dewasa nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait