5 Cara Efektik Melatih Anak Belajar Berjalan dengan Benar dan Aman

Ilustrasi Anak Belajar Jalan Foto : Canva

Melatih anak belajar berjalan adalah bagian penting dalam tahap perkembangan anak. Hal ini tidak hanya membantu mereka menjadi lebih aktif dan sehat, tetapi juga membantu mereka membangun kepercayaan diri dan mempermudah mereka beradaptasi dengan lingkungan.

Tanda-tanda Anak Siap Belajar Berjalan

Sebagai orang tua mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai proses pengajaran jalan pada anak adalah hal yang penting, Pasalanya Setiap anak memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda, namun ada beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa anak siap untuk belajar berjalan.

  • Merangkak dengan baik, anak yang sudah terbiasa merangkak dan merasa nyaman akan membantu mereka dalam mempelajari cara berjalan.
  • Jika anak sudah bisa duduk dengan stabil, maka ini adalah tanda bahwa mereka siap untuk belajar jalan. Anak yang belum bisa duduk dengan stabil biasanya masih kurang kuat untuk berdiri dan berjalan.
  • Mampu Berpindah dari Satu Tempat ke Tempat Lain

Hal yang harus diperhatikan saat melatih anak belajar jalan

Setelah si kecil siap untuk belajar berjalan, ada beberapa hal yang perlu Mams perhatikan saat melatih anak belajar berjalan dengan benar dan aman berikut diantaranya:

  • Pastikan anak berjalan pada permukaan yang rata dan aman.
  • Jangan membiarkan anak berjalan di dekat benda-benda tajam atau bahaya.
  • Jangan memaksa anak belajar jalan jika anak belum siap.
  • Jangan memegang tangan anak terlalu kuat saat berjalan.

Cara Melatih Anak Belajar Berjalan

Melatih anak belajar berjalan
Anak Belajar Jalan Foto : Canva

Anak membutuhkan pelatihan dan pendampingan yang baik dalam belajar berjalan. Mereka harus mempelajari bagaimana berdiri dan berjalan dengan benar agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah dan tanpa kesulitan. Namun, banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana melatih anak belajar jalan dengan benar Nah, Berikut beberapa tips melatih anak belajar berjalan dengan efektif dan aman

1. Pertimbangkan Usia dan Kemampuan Anak

Sebelum melatih anak belajar berjalan, Mams harus mempertimbangkan usia dan kemampuan anak. Usia adalah faktor penting karena anak-anak membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk belajar berjalan. Beberapa anak dapat belajar berjalan pada usia 9-12 bulan, sementara yang lain baru dapat belajar pada usia 15-18 bulan. Kemampuan anak juga penting untuk dipertimbangkan, karena setiap anak memiliki kecepatan dan tingkat kemampuan yang berbeda-beda.

2. Bantu Anak untuk Berdiri

Langkah pertama dalam melatih anak belajar jalan adalah membantu mereka untuk berdiri. Anak-anak biasanya akan mempelajari cara berdiri dengan menopang tubuh mereka dengan meja atau kursi. Bantu anak untuk berdiri dengan menopang pinggul mereka dan biarkan mereka berdiri selama beberapa saat. Ini akan membantu mereka memperkuat otot-otot mereka dan membiasakan diri dengan berdiri tegak.

3. Latih Anak untuk Berjalan dengan Bantuan

Melatih anak belajar jalan
Melatih Anak Belajar Jalan Foto : Canva

Setelah anak dapat berdiri dengan stabil, latih mereka untuk berjalan dengan bantuan. Bantu mereka dengan memegang tangan mereka dan membimbing mereka untuk berjalan. Ini akan membantu mereka mempelajari cara berjalan dan memperkuat keseimbangan mereka. Selain itu Mams juga bisa memberikan mainan seperti walker atau push toy. Mainan ini membantu anak belajar jalan dengan lebih mudah dan aman.

4. Latih Anak untuk Berjalan Tanpa Bantuan

Setelah anak dapat berjalan dengan bantuan, latih mereka untuk berjalan tanpa bantuan. Biarkan mereka berjalan beberapa langkah dan berhenti untuk beristirahat jika mereka merasa lelah. Latihan ini akan membantu mereka memperkuat kaki dan memperbaiki keseimbangan mereka.

5. Latih Anak untuk Berjalan Lebih Jauh

Setelah anak dapat berjalan tanpa bantuan, ajak mereka untuk berjalan lebih jauh. Latih mereka untuk berjalan dari satu ruangan ke ruangan lain atau berjalan di sekitar rumah. Latihan ini akan membantu mereka memperkuat kaki dan memperbaiki keseimbangan mereka, sekaligus membiasakan mereka dengan lingkungan sekitar.

6. Ajak Anak untuk Berlari

Setelah anak dapat berjalan dengan baik, ajak mereka untuk berlari. Latih mereka untuk berlari sesekali seiring dengan berjalan. Latihan ini akan membantu mereka memperkuat otot-otot kaki dan memperbaiki keseimbangan mereka

Melatih anak belajar jalan adalah tahap penting dalam perkembangan anak. Dengan memberikan dukungan yang tepat dan melatih dengan benar dan aman, anak akan belajar jalan dengan lebih mudah dan cepat. Namun, jangan terlalu memaksa anak jika mereka belum siap, dan pastikan anak berjalan pada lingkungan yang aman dan memenuhi standar keselamatan. Jangan lupa untuk memantau perkembangan anak dan memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa anak belum siap belajar jalan. Selalu berikan dukungan dan rasa aman kepada anak agar mereka dapat belajar jalan dengan benar dan aman.

Nah, Itulah cara melatih anak belajar berjalan dengan tepat dan aman, semoga artikel ini bermanfaat ya Mams.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait