6 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Ilustrasi Mengecilkan Perut Foto : Canva

Pasca melahirkan kebanyakan ibu akan mengalami penurunan berat badan sekitar 5 kilogram. Namun, meskipun penurunan berat badan ini terjadi, perut yang buncit tidak akan hilang secara instan.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan tidak mudah, Hal ini membutuhkan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mengencangkan otot-otot perut yang lemah dan menyingkirkan perut buncit setelah melahirkan.

Penyebab Perut Buncit Setelah Melahirkan

Ada beberapa faktor penyebab perut buncit setelah melahirkan normal atau cesar yang terjadi pada wanita pasca melahirkan, Berikut penjelasanya

  1. Otot-otot perut yang lemah: Setelah melahirkan, otot-otot perut biasanya menjadi lemah dan terlihat buncit. Hal ini dapat terjadi karena otot-otot tersebut telah dipakai selama proses persalinan dan membutuhkan waktu untuk pulih.
  2. Retensi air: Retensi air dapat menyebabkan perut terlihat buncit. Hal ini dapat terjadi karena perubahan hormon yang terjadi setelah melahirkan, yang dapat menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak cairan.
  3. Sembelit: Sembelit merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan dalam buang air besar. Sembelit dapat menyebabkan perut terlihat buncit karena konstipasi yang terjadi.
  4. Perubahan hormon: Setelah melahirkan, tubuh wanita mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi penampilan perut. Misalnya, hormon progesteron dapat menyebabkan perut terlihat buncit.
  5. Kelebihan lemak: Kelebihan lemak di perut juga dapat menyebabkan perut terlihat buncit setelah melahirkan.

Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
Ilustrasi Perut Buncit Foto : Canva

Setelah melahirkan, kebanyakan wanita akan mengalami perubahan bentuk tubuh, terutama di bagian perut. Namun, dengan melakukan beberapa tindakan yang tepat, perut bisa kembali ke bentuk semula, Berikut ini adalah 6 cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan

1. Menyusui

Menyusui dapat membantu Mams membakar kalori, karena proses menyusui dapat membantu membakar sekitar 500 kalori per hari. Namun, meskipun demikian, penting untuk memastikan bahwa Mams juga mendapatkan asupan kalori yang cukup untuk menghasilkan ASI yang sehat.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dapat membantu mengurangi perut buncit setelah melahirkan. Hindari makanan yang tinggi lemak dan gula serta konsumsilah makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah-buahan.

3. Olahraga Teratur

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
Ilustrasi Olahraga Foto : Canva

Melakukan olahraga ringan seperti berjalan atau yoga dapat membantu mengencangkan otot-otot perut yang lemah setelah melahirkan. Namun, sebaiknya Mams menunggu hingga enam minggu setelah melahirkan jika ingin mulai berolahraga atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai melakukan olahraga.

4. Konsumsi Probiotik

Dikuti dari Alodokter mengkonsumsi probiotik dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan, karena mampu mengurangi lemak perut. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi probiotik selama 6 minggu dapat mengurangi lemak perut sebanyak 3–4%.

5. Perawatan Pasac Persalinan

Melakukan perawatan diri setelah melahirkan bisa sangat membantu kesehatan mental dan fisik, Mams, bisa melakukan pijat unutk membantu mengencangkan otot-otot perut yang lemah setelah melahirkan dan meredakan nyeri pasca melahirkan.

6. Istirahat Cukup

Melakukan istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu tubuh mengembalikan kekuatannya setelah melahirkan. Kurang tidur dapat menyebabkan kesulitan dalam menurunkan berat badan dan menambah berat badan. Jangan terlalu membebani diri dengan aktivitas yang berat dan pastikan untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Nah, Itulah beberapa tips dan cara ampuh yang bisa mams lakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan, Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat ya mams

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait